Nyaman dengan Ambiguitas, 5 Tanda-tanda Orang yang Berpikir Kreatif Menurut Psikologi, Kamu Termasuk?

Minggu 16 Juni 2024, 10:30 WIB
Ilustrasi - Seseorang yang memiliki kepribadian sebagai pemikir kreatif. (Sumber : Pexels.com/@AthenaSandrini).

Ilustrasi - Seseorang yang memiliki kepribadian sebagai pemikir kreatif. (Sumber : Pexels.com/@AthenaSandrini).

SUKABUMIUPDATE.com - Ada garis tipis antara menjadi pemikir krearif dan standar. Pasalnya, terkadang seseorang tidak menyadari telah melewati batas itu.

Menjadi pemikir kreatif bukan berarti menjadi seniman atau desainer, namun lebih ke tentang melihat sesuatu secara berbeda dan menghasilkan solusi inovatif terhadap masalah.

Seseorang yang berpikir kreatif tanda sadar cenderung memperlihatkan tanda-tanda tertentu tanpa dia ketahui. Lantas, apa tanda-tandanya? Yuk, simak ulasan berikut, seperti dikutip dari laman ideapod:

1. Terus-menerus Bertanya

Mempertanyakan norma adalah kebiasaan. Hal ini terjadi tidak hanya menerima segala sesuatunya sebagaimana adanya, namun merenungkan mengapa hal itu terjadi dan apakah ada alternatif yang lebih baik.

Ini bukan tentang menjadi pelawan, tapi tentang mencari perbaikan dan inovasi. Inilah ciri-ciri seorang pemikir kreatif.

Jadi, lain kali apabila mendapati seseorang bertanya “mengapa” atau “bagaimana jika”, jangan mengabaikannya. Itu adalah pikiran kreatif yang sedang bekerja, karena setiap penemuan besar dimulai dengan sebuah pertanyaan.

2. Melihat Koneksi yang Tidak Dilihat Orang Lain

Pengamatan sederhana terhadap suatu hal mengarahkan seseorang untuk mengembangkan konsep unik untuk sebuah startup teknologi yang berfokus pada peningkatan konektivitas global.

Kemampuan untuk menarik kesejajaran dan melihat hubungan antara hal-hal yang tampaknya tidak berhubungan merupakan tanda pemikiran kreatif yang alami. Ini seperti memiliki jaring laba-laba mental, terus-menerus menangkap ide-ide baru dan menghubungkannya dengan cara yang tidak terduga.

3. Merasa Nyaman dengan Ambiguitas

Otak manusia secara alami mencari pola dan kejelasan karena pikiran dirancang untuk menemukan keteraturan dalam kekacauan.

Namun, jika seseorang merupakan pemikir kreatif alami, maka dia mungkin merasa nyaman berada dalam ambiguitas atau ketidakpastian, sehingga dapat menjelajahi berbagai sudut dan perspektif tanpa merasa perlu kejelasan segera.

Fleksibilitas ini memungkinkan munculnya ide-ide orisinal, karena seorang pemikir kreatif tidak dibatasi oleh pola pikir yang kaku.

4. Tidak Takut Mengambil risiko

Seorang pemikir kreatif berjalan di jalur yang jarang dilalui, namun lebih cenderung untuk menjelajah ke alam liar yang tidak diketahui. Jiwa petualang ini seringkali menjadi ciri seorang pemikir kreatif.

Kreativitas tumbuh subur dalam eksplorasi dan eksperimen. Ini tentang mendorong batasan dan berani keluar dari zona nyaman.

Meskipun mengambil risiko bisa menjadi hal yang menakutkan, namun pemikir kreatif tidak terhalang oleh kemungkinan kegagalan, karena setiap kesalahan langkah hanyalah batu loncatan menuju terobosan kreatif.

5. Tidak Takut Melanggar Aturan

Aturan atau pedoman bagi seorang pemikir kreatif tak lebih seperti sebuah saran, karena dia memiliki kemampuan bawaan untuk melihat melampaui batasan, mendorong batasan, dan mengguncang segalanya.

Kendati demikian, hal ini tidak berarti seorang pemikir kreatif adalah memberontak tanpa alasan. Artinya, terkadang memahami bahwa untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar inovatif, dia perlu keluar dari batasan yang dibuat oleh orang lain.

Jika Anda sering menantang norma dan mempertanyakan aturan yang sudah ada, kemungkinan besar itu karena pikiran kreatif yang sedang bekerja.

 

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel15 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Air Rebusan Jahe yang Kaya Manfaat Kesehatan, Bisa Meredakan Mual Muntah

Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan jauh.
Ilustrasi. Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan. (Sumber : Freepik/@freepik)
Science15 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Juli 2024, Awal Pekan Potensi Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Jawa Barat14 Juli 2024, 22:09 WIB

Influencer Sukabumi Mang Kifly Serahkan Hadiah Motor Ke Pegi Setiawan Cirebon

Influencer asal Sukabumi yang dikenal dengan @mang-kifly bertemu dengan seorang yang kini tengah viral dalam pemberitaan kasus pembunuhan Vina Cirebon, yaitu Pegi Setiawan.
Inluencer asal Sukabumi, Mang Kifly saat bertemu Pegi Setiawan di Cirebon | Foto : Istimewa
Life14 Juli 2024, 21:00 WIB

Selalu Berterima Kasih, 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Sukses di Malam Hari

Orang sukses selalu meluangkan waktu untuk bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi pada hari itu.
Ilustrasi. Kebiasaan Sukses Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/VladaKaporvich)
Sukabumi14 Juli 2024, 20:53 WIB

Jelang HCS 2024, Tumpukan Sampah Hiasi Jalanan di Palabuhanratu Sukabumi

Jelang Healthy Cities Summit (HCS) 2024, tumpukan sampah liar masih terlihat menghiasi ruas jalan Palabuhanratu, tepatnya di Kampung Babadan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tumpukan sampah yang berada di Jalan raya Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi14 Juli 2024, 20:23 WIB

Dukung Net Zero Emission, PLN Sukabumi Siap Layani Gangguan Pelanggan 24 Jam dengan Motor Listrik

Dalam upaya mendukung program Pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) di Tahun 2060, PLN Sukabumi mengambil langkah konkret dengan menyiapkan layanan gangguan pelanggan 24 jam menggunakan motor listrik.
PLN Sukabumi siapkan motor listrik untuk layani gangguan pelanggan | Foto : Ist
Sukabumi14 Juli 2024, 20:09 WIB

Polisi Selidiki Kasus Malam Minggu Berdarah di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Ini Ceritanya

Peristiwa berdarah terjadi pada Sabtu malam 13 Juli 2024 sekira pukul 23:30 WIB di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Akibatnya seorang pria dikabarkan mengalami luka disekujur tubuhnya.
Tempat kejadian perkara seorang pemuda dikeroyok di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life14 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk dan Cara Menghindarinya

Makan makanan berat atau berkalori tinggi sebelum tidur dapat membuat tubuh sulit mencerna makanan dan menyebabkan penumpukan lemak.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk (Sumber : Pexels/picjumbo.com)
Sukabumi14 Juli 2024, 19:40 WIB

Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam: PLN Sukabumi-Srikandi PLN Berbagi Kado Ke Anak Yatim

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, PLN Sukabumi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Sukabumi dan Srikandi PLN menggelar kegiatan sosial
PLN Sukabumi dan Srikandi PLN mengadakan kegiatan sosial dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1446 H | Foto : Ist
Sehat14 Juli 2024, 19:00 WIB

7 Rekomendasi Olahraga Ringan Sebelum Tidur, Lakukan Agar Tetap Sehat dan Bugar!

Peregangan otot sederhana dapat membantu melepaskan ketegangan fisik dan meningkatkan fleksibilitas. Fokus pada peregangan otot punggung, leher, bahu, dan kaki bisa membantu tidur lebih nyenyak.
Ilustrasi. Manfaat Olahraga Ringan Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/KampusProduction)