2 Jenis Tes Utama Bakat yang Bisa Dilakukan Pada Anak, Yuk Simak Agar Orang Tua Paham

Sabtu 15 Juni 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi tes yang bisa dilakukan orang tua untuk menentukan anak berbakat atau tidak (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)

Ilustrasi tes yang bisa dilakukan orang tua untuk menentukan anak berbakat atau tidak (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)

SUKABUMIUPDATE.com - Menguji bakat pada anak dapat membuka pintu untuk membantu mereka mengembangkan bakat tersebut menjadi bakat nyata, yang akan membawa kesuksesan di masa depan nanti.

Meski pengujian bisa jadi tidak akurat sebelum anak usia 6 tahun, dan kecil kemungkinan orang tua juga dapat melakukan tindakan berbeda ketika hasil anak ketika dites memang sebagai anak berbakat.

Orang tua dari semua anak berbakat atau tidak, harus memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengeksplorasi minat dan belajarnya.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Jika memutuskan untuk menguji bakat anak Anda, pastikan mencari pengajar yang sudah berpengalaman menangani anak-anak berbakat. Orang seperti itu juga bisa menjadi sumber yang baik jika tampaknya si kecil berbakat.

Melansir dari laman verywellfamily, berikut jenis tes yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah anak tersebut berbakat atau tidak, diantaranya :

1. Tes IQ

Tes IQ bertujuan mengukur kemampuan. sering kali sekolah memberikan tes IQ kelompok, seperti Otis-Lemmon. Meski Tes IQ independen, seperti WISC-IV, Stanford-Binet, dan Wechsler Intelligence Scale for Children lebih akurat untuk anak-anak berbakat.

Hasil Tes IQ 85-114 adalah rata-rata. Kelas tes dengan hasil antara 115 dan 129 disebut sebagai bakat ringan, 130-144 bakat sedang, dan 145 hingga 159 bakat tinggi. Skor yang lebih tinggi dari ini dianggap sangat berbakat atau luar biasa. Dan tes IQ "jenius" secara historis didefinisikan sebagai IQ di atas 160.

Baca Juga: 11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Membuat Hidupnya Terlihat Sempurna

2. Tes Prestasi

Tes prestasi mengukur apa yang sudah diketahui seorang anak. Anak-anak berbakat belum tentu berprestasi tinggi berdasarkan nilai di sekolah, tetapi secara tradisional berprestasi baik dalam tes standar, dengan nilai antara 95% dan 99%.

Selain tes-tes ini, anak-anak juga dapat dievaluasi untuk melihat apakah mereka memiliki "bakat luar biasa" misalnya, keterampilan membaca tingkat lanjut dan motivasi intrinsik.

Ketidakakuratan dalam ujian dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain batas ujian, perfeksionisme, dan prestasi yang kurang. Penting juga untuk dicatat bahwa bakat bersifat dinamis dan berubah seiring waktu.

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Siapa yang Harus Melakukan Tes

Tes bakat harus dilakukan oleh seseorang yang berpengalaman menangani anak-anak berbakat. Jika tidak, hasil tes mungkin tidak akurat. Misalnya, beberapa penguji mungkin memulai dengan menanyakan pertanyaan termudah kepada anak, lalu terus bertanya hingga anak tersebut melewatkan sejumlah pertanyaan berturut-turut.

Tester yang berpengalaman akan tahu untuk memulai dengan soal yang lebih sulit, sehingga anak tidak akan lelah atau bosan, yang dimana hal ini bisa menyebabkan anak melakukan kesalahan, dan pada gilirannya dapat menyebabkan skor yang rendah serta tidak akurat.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel23 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat!

Semoga Resep Petis Rujak ini membantu menikmati kelezatan mangga muda dengan petis!
Ilustrasi. Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science23 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juli 2024, Termasuk Wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024.
Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024. (Sumber : Freepik/timolina)
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 23:24 WIB

Dewan Andri Dorong Percepatan Pelepasan Lahan Curug Puncak Manik Sukabumi

Andri Hidayana dorong percepatan pelepasan lahan Curug Puncak Manik di Ciemas Sukabumi. Ini alasannya
Curug Puncak Manik Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juli 2024, 23:19 WIB

Dedi Mulyadi dan Deden Deni Silaturahmi dengan Para Istri Kades Se Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin mengkonfirmasi kehadiran Kang Dedi Mulyadi dalam acara tersebut merupakan bagian rangkaian dari kegiatan Saba Desa yang dilaksanakan ke kabupat
Dedi Mulyadi dan Deden Deni Wahyudin bersilaturahmi dengan para istri kepala desa se Sukabumi | Foto : Ist
Bola22 Juli 2024, 21:54 WIB

Persib Bandung Kalah Tipis 0-1 dari Borneo FC di Piala Presiden 2024

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Borneo FC 0-1 pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2024.
Gelandang Persib Bandung, Mateo Kocijan dikepung pemain Borneo FC pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024, Senin, 22 Juli 2024. (Sumber Foto: PERSIB.co.id)
Sukabumi22 Juli 2024, 21:38 WIB

Bertemu Wabup, Pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix Bahas Investasi di Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi sekaligus Bakal Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bertemu fungsionaris pengurus pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jimmy Hendrix
Wabup Sukabumi Iyos Somantri bertemu pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix, Minggu (21/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 21:10 WIB

Relawan Dapil I Sukabumi Siapkan Iyos Menang 80 Persen di Pilkada

Sebagai penasehat Koordinator Relawan Dapil 1, ia menyatakan bahwa pihaknya siap memenangkan Iyos dengan target 80 persen suara.
Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somnatri dan Penasehat Relawan Dapil I Reddy Santosa | Foto : Ist
Sukabumi22 Juli 2024, 21:10 WIB

Ini Ciri Mobil Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi

Polisi masih kesulitan mengidentifikasi pelaku tabrak lari yang tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi.
Wanita diduga ODGJ jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Kecantikan22 Juli 2024, 21:00 WIB

Apa Itu Skin Tone? Cek Jenis, Cara Menentukan & Contoh Warnanya Agar Lebih PD!

Memahami skin tone penting dalam berbagai konteks, seperti memilih makeup, pakaian, dan aksesori yang paling sesuai.
Ilustrasi. Skin tone bisa bervariasi dari sangat terang hingga sangat gelap, dan memiliki berbagai macam undertone yang berpengaruh pada bagaimana warna terlihat pada kulit. (Sumber : Pexels/Monstera Production)
Life22 Juli 2024, 20:30 WIB

6 Kebiasaan yang Selalu Dilakukan Orang Sukses Setiap Malam

Melakukan kebiasaan-kebiasaan ini setiap malam, orang sukses mampu menjaga keseimbangan hidup, meningkatkan produktivitas, dan meraih tujuan mereka dengan lebih efektif.
Ilustrasi - Kebiasaan Orang Sukses di Malam Hari yang Dapat Kamu Tiru. (Sumber : Freepik.com/@freepik)