Mampu Menerima Kritik, 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti

Minggu 14 April 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi. Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari. (Sumber : pixabay.com/@Elias)

Ilustrasi. Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari. (Sumber : pixabay.com/@Elias)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang kuat mental meski sering disakiti adalah pribadi yang memiliki ketahanan mental tinggi untuk menghadapi berbagai situasi sulit, termasuk ketika mereka sering mengalami perlakuan yang menyakitkan.

Ketahanan mental ini memungkinkan mereka untuk tetap tegar, tidak mudah goyah, dan tetap fokus pada tujuan mereka meskipun mereka mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan.

Berikut adalah beberapa ciri yang sering ditemukan pada orang yang kuat secara mental meskipun sering disakiti:

1. Kemampuan untuk Menerima Kritik

Mereka dapat menerima kritik konstruktif tanpa merasa terluka atau marah dan melihat hal tersebut sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang. Ciri orang kuat mental akan terbuka dengan segala kritik yang menyerangnya.

2. Mampu Mengelola Emosi

Mampu mengenali dan mengelola emosi dengan baik dan mereka tidak membiarkan emosi negatif menguasai pikiran dan tindakannya. Bisa disebut mereka sangat bijaksana dan tahu cara menyalurkan emosinya.

3. Bersikap Empati

Orang yang kuat secara mental sering memiliki empati yang kuat terhadap orang lain. Mereka dapat memahami perasaan dan perspektif orang lain, bahkan jika mereka sendiri sering disakiti.

4. Kemampuan untuk Bertahan dalam Kesulitan

Mereka memiliki daya tahan yang tinggi dalam menghadapi kesulitan atau penderitaan. Mereka tidak menyerah dengan mudah, tetapi terus berjuang untuk melewati masa-masa sulit dalam hidup mereka.

5. Menetapkan Batasan

Orang yang kuat secara mental tahu kapan harus mengatakan "tidak" dan menetapkan batasan dalam hubungan dan kehidupan mereka. Mereka tidak membiarkan diri mereka dieksploitasi atau dimanipulasi.

6. Mempunyai Rencana dan Tujuan Hidup yang Jelas

Orang yang kuat mental memiliki visi yang jelas tentang apa yang mereka inginkan dalam hidup mereka, dan mereka memiliki rencana yang terstruktur untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Hal ini membantu mereka tetap fokus dan termotivasi dalam menghadapi rintangan.

7. Kemampuan Belajar dari Pengalaman

Mereka melihat kesalahan dan pengalaman pahit sebagai peluang untuk tumbuh dan belajar. Mereka tidak terlalu terpaku pada kesalahan masa lalu dan akan terus bangun tanpa memperdulikan omongan orang lain.

8. Optimis

Meskipun menghadapi kesulitan, mereka sering memiliki pandangan optimis terhadap kehidupan. Mereka percaya bahwa hal-hal akan menjadi lebih baik dan setiap permasalahan pasti ada solusinya.

9. Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan mereka sendiri adalah ciri orang-orang yang kuat mental. Mereka tidak mencari kambing hitam atau menyalahkan orang lain dan akan mengakui apa yang menjadi kesalahannya sendiri.

10. Tidak Iri Pada Kesuksesan Orang Lain

Tidak iri terhadap kesuksesan orang lain adalah salah satu ciri orang yang kuat secara mental. Ini menunjukkan kedewasaan emosional, rasa puas dengan diri sendiri, dan kemampuan untuk merasakan kebahagiaan bagi orang lain.

Orang yang kuat secara mental lebih fokus pada perjalanan dan pencapaian pribadi mereka daripada membandingkan diri mereka dengan orang lain. Mereka tahu bahwa kebahagiaan sejati berasal dari pencapaian pribadi yang memenuhi nilai-nilai dan tujuan pribadi.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 Mei 2024, 23:00 WIB

Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Dilengkapi Gedung Edukasi

Hutan mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi kini dilengkapi dengan gedung Sekretariat Pokmasi sebagai pusat informasi dan Edukasi.
Gedung Sekretariat Pokmasi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di kawasan Hutan Mangrove. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 22:44 WIB

Lantik 1.158 PPS Pilkada 2024, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Minta Jangan Sekadar Numpang Nama

Sebanyak 1.158 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi.
Prosesi pelantikan ribuan anggota PPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi26 Mei 2024, 22:08 WIB

Akhirnya, Rumah Tak Layak Huni Keluarga Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi Diperbaiki

Rumah tidak layak huni milik Fitria, keluarga korban kecelakaan di Cibadak Sukabumi akhirnya diperbaiki dengan swadaya.
Rumah milik Fitria di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, diperbaiki swadaya masyarakat. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 21:39 WIB

Lewat Program Dana Abadi, Ayep Zaki Komitmen Wujudkan Sukabumi Lebih Sejahtera

Bakal calon wali kota/wakil wali kota Sukabumi H. Ayep Zaki berkomitmen majukan Sukabumi dan sejahterakan masyarakat lewat Program Dana Abadi.
H Ayep Zaki, Bakal calon wali kota/wakil wali kota Sukabumi. | Foto : Ist
Bola26 Mei 2024, 21:19 WIB

Persib Menapakkan Satu Kaki di Podium Juara Liga 1 2023/2024 usai Bantai Madura United 3-0

Tiga gol Persib Bandung atas Madura United di Leg 1 Final Championship Series Liga 1 2023/2024 diciptakan Ciro Alves dan brace David da Silva.
Duo Brazil Persib Bandung, Ciro Alves dan David da Silva membawa kemenangan mutlak atas Madura United di leg 1 Final Liga 1 2023/2024. (Sumber : PERSIB.co.id)