5 Kebiasaan yang Harus Diubah Sebelum Usia 20, Bangun Dasar yang Kuat!

Jumat 08 Desember 2023, 17:45 WIB
Ilustrasi - Usia 20-an adalah masa transisi yang penting dalam hidup seseorang. Pada masa ini, seseorang akan mulai meninggalkan masa remaja dan memasuki masa dewasa. (Sumber : Pixabay.com/@qbalStock.)

Ilustrasi - Usia 20-an adalah masa transisi yang penting dalam hidup seseorang. Pada masa ini, seseorang akan mulai meninggalkan masa remaja dan memasuki masa dewasa. (Sumber : Pixabay.com/@qbalStock.)

SUKABUMIUPDATE.com - Periode sebelum memasuki usia 20-an merupakan masa yang paling kritis dalam pembentukan karakter dan kebiasaan hidup. Kebiasaan yang dibentuk dalam masa tersebut dapat memiliki dampak luar biasa pada diri seseorang di masa depan.

Pasalnya, kebiasaan yang dilakukan di masa itu akan berpengaruh pada kesuksesan dan kesejahteraan seseorang. Oleh karenanya, apabila masih ada kebiasaan negatif yang masih dilakukan, mesti segera dihentikan.

Berikut ada 5 kebiasaan yang harus diubah sebelum memasuki usia 20-an.

Baca Juga: 7 Buku yang Bisa Mengubah Pikiranmu: Sebuah Petualangan Intelektual

1. Sering Menunda-nunda

Kebiasaan yang harus diubah pertama kali adalah kebiasaan sering menunda-nunda yang kerap kali menjadi kebiasaan yang paling sering muncul dan berdampak negatif bagi perkembangan seseorang. 

Sebelum mencapai usia 20, penting sekali untuk memahami bahwa menunda-nunda hanya akan menciptakan tekanan dan menghambat perkembangan.

Alangkah baiknya, mulailah mengelolah waktu dengan baik, buat jadwal yang terorganisir, dan selesaikan tugas tepat waktu. Karena hal ini akan membantu untuk mengembangkan kebiasaan disiplin diri yang sangat berharga untuk mencapai tujuan di masa depan.

Baca Juga: 5 Crazy Rich Indonesia dengan Kekayaan Melimpah, Hidup Mewah dan Menginspirasi

2. Kurangnya Aktivitas Fisik

Dunia yang semakin terhubung dengan digital seperti saat ini, banyak sekali remaja yang kerap menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer maupun ponsel. Hal itu tentunya menciptakan kurangnya aktivitas fisik yang dapat mengganggu kesehatan dan merugikan perkembangan mental.

Cobalah untuk memulai berolahraga secara teratur, entah itu berjalan kaki ataupun berlari, mulailah dari hal-hal kecil sebelum terlambat. Aktivitas fisik yang dilakukan saat ini akan terasa juga nanti di masa depan.

3. Kurangnya Literasi Keuangan

Literasi keuangan adalah salah satu keahlian yang kerap dilupakan oleh remaja usia 20 tahun-an. Padahal pentingnya mengetahui dan mulai mempelajari keuangan agar dapat mengelola untuk anggaran dan menabung, merupakan hal positif.

Baca Juga: 10 Ciri Anak yang Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Bunda Harus Kenali

Sebelum usia 20-an alangkah baiknya kita mengetahui tentang investasi, hutang, dan cara mengelola keuangan pribadi. Literasi keuangan juga memberikan landasan yang kuat untuk menghadapi tantangan finansial di masa depan.

4. Bergantung Pada Perbandingan Sosial

Media sosial kerap kali menciptakan lingkungan di mana orang-orang akan membandingkan diri mereka dengan orang lain. Padahal perbandingan sosial ini akan menyebabkan seseorang merasa rendah diri dan mudah memicu stress. 

Sebelum usia 20 penting sekali untuk mengubah kebiasaan tersebut, dan mulai fokus pada pengembangan diri sendiri dan jauhi trend atau harapan dari orang lain.

Baca Juga: 8 Cara Mendidik Anak dengan Kepribadian Introvert, Begini Langkahnya Bunda

5. Kurangnya Kemampuan Komunikasi

Orang menyebut “public speaking” adalah kunci dari kesuksesan. Hal itu tidak bisa dipungkiri lantaran kemampuan berkomunikasi yang efektif merupakan kunci dari setiap keterampilan dalam kehidupan. Sebelum mencapai usia 20, usahakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara, mendengarkan dan menulis .

Tentunya kita juga harus mempelajari skill lain seperti dapat bekerja sama dengan tim, mengutarakan pendapat dengan jelas, dan membangun hubungan yang sehat. Karena semua itu adalah aspek-aspek yang sangat berguna untuk masa depan.

Tentunya membentuk kebiasaan diri yang positif di usia 20 sangatlah tidak mudah, karena saat ini jejaring media sosial dan informasi sangat kuat sehingga membuat kita ingin terus berlama-lama tenggelam di dalamnya. Namun kita perlu menyadari, jika kebiasaan positif yang dilakukan di usia muda adalah investasi diri untuk kesuksesan dan masa depan.

Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Memiliki Kepribadian Introvert dengan Mental Kuat

Membuang kebiasaan diatas dan lebih meningkatkannya akan membentuk fondasi yang kokoh, jadi berusahalah untuk membentuk kebiasaan diri yang lebih baik, untuk masa depan yang cemerlang.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 01:21 WIB

Berbisa Mematikan, Mengenal Ular Welang yang Gigit Balita Sukabumi hingga Meninggal

Balita perempuan di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, meninggal dunia akibat gigitan ular yang diduga jenis ular welang (Bungarus fasciatus).
Ular Welang (Bungarus fasciatus) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi14 Mei 2024, 00:05 WIB

Resahkan Warga, Polisi Amankan 30 Preman dan Jukir Liar di Kota Sukabumi

Sebanyak 30 juru parkir liar dan preman di beberapa ruas Jalan maupun minimarket di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota, Senin (13/5/2024) siang.
Juru Parkir dan Preman di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 23:37 WIB

Optimalisasi Layanan, Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi Pasang Alat Antisipasi Water Hammer

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi cabang Parakansalak melakukan optimalisasi pelayanan air yang akan didistribuikan ke wilayahnya.
Pemasangan pentil untuk optimalisasi pelayanan air di Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi13 Mei 2024, 22:49 WIB

Belasan Murid SD di Sukaraja Sukabumi Diduga Keracunan Jajanan, Ini Kronologinya

Polisi ungkap kronologi belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi diduga keracunan makanan usai santap jajanan asal China.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi yang diduga keracunan jajanan saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 22:23 WIB

Waktu Persiapan Mepet, Fahmi Gagal Melaju di Pilkada Kota Sukabumi dari Perseorangan

Seorang anak muda yang peduli terhadap kemajuan Kota Sukabumi, Fahmi Dzikri gagal meneruskan perjuangannya untuk maju dalam Pilkada Kota Sukabumi melalui jalur perseorangan (calon independen).
Fahmi Dzkri, Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi dari jalur perseorangan | Foto : SU
Sukabumi13 Mei 2024, 21:55 WIB

Buka Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Lewat Medsos, Ini Harapan Plt Kadispar Sukabumi

Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni membuka kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial.
Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni saat membuka bimtek strategi pemasaran pariwisata dan Ekraf melalui medsos. (Sumber : Istimewa)
Sehat13 Mei 2024, 21:15 WIB

11 Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Asam Urat

Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@energepic.com).
Sukabumi13 Mei 2024, 21:14 WIB

Menderita Hidrosefalus, Bayi Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan

Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi menderita penyakit Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk pengobatan.
Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Ciracap Sukabumi menderita penyakit  Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk berobat | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 21:12 WIB

Tindaklanjuti SE Pj Gubernur Jabar, Disdik Sukabumi Perketat Izin Study Tour Sekolah

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi resmi terbitkan surat himbauan terkait study tour. Berikut isinya
Ilustrasi study tour naik bus. | Sumber Foto: Pixabay
Sehat13 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Kurkumin hingga Kulit Jeruk

Inilah Jenis-jenis Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Mulai Dari Kurkumin hingga Kulit Jeruk.
Ilustrasi. Radang Sendi | Ketahui Sederet Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi (Sumber : Freepik/@freepik)