7 Buku yang Bisa Mengubah Pikiranmu: Sebuah Petualangan Intelektual

Jumat 08 Desember 2023, 15:45 WIB
Ilustrasi - Bagaimana buku merubah cara berpikir seseorang (Sumber : Pixabay/CDD20)

Ilustrasi - Bagaimana buku merubah cara berpikir seseorang (Sumber : Pixabay/CDD20)

SUKABUMIUPDATE.com – Buku tentunya memiliki kemampuan untuk bisa mengubah pikiran setiap pembacanya. Ada banyak sekali buku yang bisa mengubah pikiran, terlebih dengan membaca buku kita akan dapat memandang dunia lebih beda dari biasanya.

Dengan membaca kita dapat menjelajahi ide-ide baru, mendapat wawasan yang mendalam, dan menggali potensi yang tersembunyi dalam diri kita.

Kali ini, mari kita bahas tujuh buku yang bisa mengubah pikiranmu dan wajib kamu baca minimal sekali dalam seumur hidup. Apa saja bukunya? Simak di bawah ini:

Baca Juga: 14 Buku yang Baik Untuk Kesehatan Mental, Jauh-jauh Depresi!

1. Thinking, Fast and Slow (Daniel Kahneman)

Buku yang bisa mengubah pikiranmu yang pertama adalah Thinking, Fast and Slow yang mana didalamnya membahas tentang dua sistem pikiran manusia yaitu sistem pikiran yang cepat dan sistem pikiran yang lambat.

Buku ini juga akan merangsang cara berpikir pembacanya tentang proses pengambilan keputusan dan membuka mata soal bagaimana cara pikiran manusia bekerja.

2. Sapiens: A Brief History Of Humankind (Yuval Noah Harari)

Dalam buku ini, Harari yaitu penulis menjelajahi sejarah manusia dari awal hingga sekarang ini. Dia melakukan eksplorasi tentang bagaimana peradaban manusia berkembang, dan bagaimana ide dan keputusan manusia membentuk dunia kita sekarang ini.

Baca Juga: Catat Waktunya! Nganteuran Resep Perempuan Jampang dalam Film, Buku dan Pertunjukan

Sapiens tidak hanya mengajarkan pembacanya tentang fakta sejarah, tetapi juga mengubah perspektif pembaca terhadap kehidupan dan eksistensi manusia.

3. The Power Of Habit (Charles Duhigg)

Dalam bukunya, Charles Duhig membahas kekuatan dari kebiasaan manusia dan bagaimana kita bisa mengubahnya demi kehidupan dan pencapaian yang lebih besar.

Buku ini memandu pembacanya dengan menggunakan pendekatan neurologis dan psikologis di balik kebiasaan, memberikan wawasan tentang bagaimana merubah kebiasaan dapat mengubah kehidupan secara menyeluruh.

Baca Juga: Hobi Membaca? Ini 4 Rekomendasi Aplikasi Baca Buku yang Wajib Dicoba

4. Man’s Search For Meaning (Viktor E FrankI)

Buku ini ditulis oleh FrankI selama dirinya berada di kamp konsentrasi selama perang dunia II sebagai salah satu tahanan di sana. Buku ini menciptakan refleksi tentang arti hidup dan makna di tengah penderitaan.

FrankI juga membawa logoterapi ke dalam buku ini yang mampu mengajarkan bahwa dalam situasi tersulit pun manusia bisa menemukan kebebasan dan makna hidup mereka.

5. The Innovators (Walter Isaacson)

Isaacson dalam bukunya ini akan menggambarkan perjalanan inovasi dalam sejarah teknologi, dari pembuat komputer hingga internet. Buku ini akan memberikan pengalaman mendalam tentang ide-ide dan inovasi yang bisa mengubah dunia. Buku ini akan membantu para pembaca lebih kreatif.

Baca Juga: 18 Manfaat Membaca Buku, Menstimulasi Mental hingga Tingkatkan Hubungan Sosial

6. The Tipping Point (Malcolm Gladwell)

Dalam buku ini, penulis menggali tentang titik puncak atau “Tipping point” dan bagaimana ide atau trend menjadi viral. Buku ini akan membawa pembaca memahami perubahan kecil dalam suatu sistem yang dapat mengubah arah suatu fenomena.

7. Quiet: The Power OF Intriverts In A World That Can’t Stop Talking (Susan Cain)

Buku ini membahas bagaimana kekuatan introvert dalam kontribusi mereka dalam kehidupan bermasyarakat yang dominan selalu lebih mengakui kekuatan yang dimiliki oleh para Ekstrovert.

Dengan membaca buku ini, pembaca akan dibawa pada kenyataan yang mengubah perspektif kita terhadap para introvert dan lebih menghargai keunikan mereka.

Itulah tujuh buku yang bisa mengubah pikiranmu, tentunya dengan membaca tidak hanya mendapatkan pengalaman dan ilmu baru saja tetapi juga menggali pikiran dan mengubah paradigma kita.

Setiap buku menawarkan cara pandang dan pengalaman yang berbeda-beda, termasuk membantu kita tumbuh menjadi individu yang lebih baik.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola29 Februari 2024, 13:00 WIB

Bali United vs Persis di Liga 1: Head to Head, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Hari ini Bali United vs Persis Solo akan tersaji dalam lanjutan Liga 1 2023/2024 pekan ke-26.
Hari ini Bali United vs Persis Solo akan tersaji dalam lanjutan Liga 1 2023/2024 pekan ke-26. (Sumber : X@BaliUtd/@persisofficial).
Food & Travel29 Februari 2024, 12:30 WIB

Taman Buah Mekarsari, Wisata Ramah Anak Bisa Liburan Sambil Belajar

Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata yang cocok untuk liburan anak-anak, dan berikut informasi terbaru tempat wisata tersebut
Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata yang cocok untuk liburan anak-anak, dan berikut informasi terbaru tempat wisata tersebut (Sumber : mekarsari.com)
Produk29 Februari 2024, 12:03 WIB

Harga Beras Turun Rp1.000 Per Kg di Palabuhanratu Sukabumi, Ini Penyebabnya

Harga beras di Pasar Palabuhanratu mulai alami tren penurunan setelah adanya pasokan beras SPHP.
Lapak pedagang beras di Pasar Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : Dok. SU)
Motor29 Februari 2024, 12:00 WIB

Harus Cermat! Simak Langkah-langkah Sebelum Membeli Ban Motor Baru

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengganti ban motor dengan cermat dan memastikan keamanan dan performa berkendara Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengganti ban motor dengan cermat dan memastikan keamanan dan performa berkendara Anda. (Sumber : pexels.com/@Prakash Chavda).
Life29 Februari 2024, 11:00 WIB

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Datangnya Bulan Suci Ramadan

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua.
Ilustrasi - Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi29 Februari 2024, 10:15 WIB

Lowongan Volunteer Tenaga Kesehatan di KAI Services, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga! (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).
Jawa Barat29 Februari 2024, 10:09 WIB

Gandeng Penggiat dan Komunitas EV, PLN Touring Lambretta Konversi Listrik Sejauh 170 Km

PLN UID Jabar menggelar kegiatan komunitas kendaraan hobi yakni Lambretta Vakansi Vol. 1.
PT PLN (Persero) UID Jawa Barat mengajak Bengkel Konversi GBESCOOT dan komunitas kendaraan listrik lakukan touring. | Foto: PLN
Life29 Februari 2024, 10:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Harus Anda Tiru

Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.
Ilustrasi. Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.| Foto: Pixabay
Sukabumi29 Februari 2024, 09:49 WIB

Pembayaran Klaim BPJS Ketenagakerjaan Hingga Rp384 M

Sebanyak 23.807 dari 48.204 klaim merupakan pencairan program Jaminan Hari Tua kepada para peserta baik klaim yang dilakukan secara online melalui lapak asik dan yang langsung datang ke kantor cabang.
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi | Foto : Istimewa
Film29 Februari 2024, 09:46 WIB

6 Drama Korea yang Dibintangi Lee Jae Wook, Teman Kencan Karina AESPA

Namanya kembali menjadi perbincangan karena kabar kencannya dengan idol Karina AESPA. Berikut 6 Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Jae Wook.
Lee Jae Wook, aktor ternama di Korea Selatan. Sumber Foto: Instagram/@jxxvvxxk