Apakah Bipolar Bisa Sembuh? Yuk Cari Tahu di Sini

Senin 30 Oktober 2023, 08:40 WIB
Ilustrasi seorang mengalami bipolar dan sedang dalam suasana hati yang tidak baik. | Foto: Pexels.com/Pavel Danilyuk

Ilustrasi seorang mengalami bipolar dan sedang dalam suasana hati yang tidak baik. | Foto: Pexels.com/Pavel Danilyuk

SUKABUMIUPDATE.com - Gangguan bipolar merupakan gangguan kesehatan mental jangka panjang yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati secara dramatis. Seseorang dengan gangguan bipolar mungkin mengalami suka dan duka, yang masing-masing dikenal sebagai mania dan depresi.

Apakah Bipolar Bisa Sembuh?

Penyakit bipolar tidak dapat disembuhkan, namun gejalanya dapat diatasi dengan terapi dan pengobatan. Hingga saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan gangguan bipolar, namun banyak orang yang mampu mencapai stabilitas dengan pengobatan, kata Aimee Daramus , PsyD, psikolog klinis berlisensi dan penulis “Understanding Bipolar Disorder.”

Perawatan untuk Gangguan Bipolar

1. Terapi

Terapi dapat membantu Anda mengidentifikasi permulaan episode depresi, manik, atau hipomanik dan bekerja sama dengan terapis, pemberi resep, dan sistem pendukung sehingga Anda bisa mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan.

Terapi memiliki dua bentuk psikoterapi yang dapat membantu mengatasi bipolar, yaitu:

Terapi Ritme Interpersonal

Terapi ini dapat membantu penderita bipolar dalam hal: membantu mengatur pola tidur agar lebih teratur, memberikan pendidikan psiko mengenai penyakit yang dialami, mengetahui suasana hati lebih dalam agar dapat menjalani keseharian dengan baik dan konsisten, mengidentifikasi serta berupaya menyelesaikan masalah pribadi dan mengeksplorasi kesedihan karena kehilangan diri yang sebenarnya.

Baca Juga: 3 Penyebab Bipolar Pada Anak, Faktor Genetik Salah Satunya?

Terapi Kognitif

Terapi kognitif ini dapat membantu menangani gangguan bipolar. Hal ini membantu pasien untuk mengenali hubungan antara pikiran dan gejala suasana hati, menggunakan latihan untuk mengidentifikasi dan memodifikasi pikiran dan perilaku, serta membantu strategi pembelajaran untuk mendeteksi episode suasana hati baru.

2. Pengobatan

Berikut beberapa jenis pengobatan yang dapat membantu gangguan bipolar :

Penstabil Suasana Hati

Obat penstabil suasana hati yang umum digunakan pada gangguan bipolar yaitu lithium. Lithium adalah penstabil suasana hati primer yang paling umum. Meskipun seringkali efektif, tindakan ini memerlukan pemantauan kadar darah serta fungsi lainnya, termasuk ginjal dan tiroid.

Antikonvulsan

Antikonvulsan tertentu, yang juga disebut obat anti kejang, dan memiliki sifat menstabilkan suasana hati. Asam valproat (depakote) dan lamotrigine (lamictal) adalah dua obat yang paling umum.

Antidepresan

Obat antidepresan dapat membantu mengatasi episode depresi. Namun obat ini perlu digunakan bahkan hindari dengan obat penstabil suasana hati, karena dapat menyebabkan episode manik.

Antipsikotik

Obat antipsikotik dapat membantu mengendalikan gejala mania, depresi, serta gejala psikosis seperti halusinasi dan delusi yang mungkin menyertai episode mood.

3. Neuroterapi

Terkadang, pasien dengan gangguan bipolar tidak memberikan respons yang memadai terhadap psikoterapi dan pengobatan. Intervensi neuroterapi diberikan melalui perangkat yang berdampak pada sirkuit otak. Ada beberapa di antaranya:

Terapi elektrokonvulsif (ECT): ECT adalah prosedur dimana sejumlah kecil listrik diberikan ke otak dengan anestesi. Hal ini menyebabkan kejang singkat dan terkontrol. Pemberian ECT terkadang efektif untuk episode depresi atau manik yang tidak dapat disembuhkan dengan pengobatan konvensional.

Stimulasi magnetik transkranial (TMS): TMS adalah prosedur di mana medan magnet diberikan ke area tertentu di otak dan berpotensi membantu gejala suasana hati tertentu.

Terapi cahaya: Terkadang, orang dengan gangguan mood, seperti gangguan bipolar, memiliki pola gejala musiman, dan sering kali gejala depresi akan memburuk dalam waktu selama bulan-bulan musim dingin yang lebih singkat. Terapi cahaya terang mungkin membantu mengatasi depresi musiman.

4. Grup Pendukung

Dukungan sosial selalu dapat membantu ketika seseorang sedang menangani kondisi kesehatan mental. Seringkali sulit menjelaskan bagaimana rasanya menderita gangguan bipolar bagi seseorang yang tidak memahaminya.

Sumber: healthline

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan07 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghindari Perilaku Konsumtif yang Membuat Hidup Sulit Kaya

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, Anda dapat menghindari perilaku konsumtif yang dapat menghambat kemampuan Anda untuk membangun kekayaan dan mencapai tujuan keuangan Anda.
Ilustrasi. Suka belanja. Cara Menghindari Perilaku Konsumtif yang Membuat Hidup Sulit Kaya. (Sumber : Pixabay)
Sehat07 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Penyebab Munculnya Ketombe di Kepala yang Jarang Diketahui

Ketombe adalah kondisi umum pada kulit kepala yang ditandai oleh pengelupasan kulit yang berlebihan.
ilustrasi ketombe di kepala (Sumber : pixabay.com /@mythjj1)
Life07 Mei 2024, 18:30 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bentuk Kuku, Kamu Coba yang Mana?

Tes kepribadian bisa dilihat dari bentuk kuku seseorang.
Ilustrasi - Tes kepribadian bisa dilihat dari bentuk kuku seseorang. (Sumber : Jagranjosh.com).
Nasional07 Mei 2024, 18:19 WIB

Nany Afrida dan Bayu Wardhana Terpilih Sebagai Ketum dan Sekjen AJI 2024-2027

Pemilu AJI 2024 telah memilih Nany Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2024-2027 melalui
Nany Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2024-2027 | Foto : Dok. AJI
Sukabumi07 Mei 2024, 18:18 WIB

Melihat Progres Pembangunan Exit Tol Bocimi Seksi 3 di Cisaat Sukabumi

Total lahan yang terdampak proyek pembangunan Exit Tol Bocimi seksi 3 di Desa Cibolang Kaler Cisaat Sukabumi kurang lebih sekitar 23 hektare.
Kondisi lahan di Cibolang Kaler, Cisaat Sukabumi yang dibersihkan untuk proyek pintu exit Tol Bocimi Seksi 3, Selasa (7/5/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel07 Mei 2024, 18:15 WIB

Long Weekend Libur 9-10 Mei 2024, Glamping di Sukabumi Yuk! Ini Daftar Spotnya

Ada long weekend di depan mata, 9 dan 10 Mei 2024 libur. Mau kemana nih? glamping tipis-tipis di sukabumi aja, ada spot baru dan seru!
Glamping di puncak manis Kadudampit Sukabumi, Spot terbaru glamping di Sukabumi (Sumber: istimewa/aditya)
Sehat07 Mei 2024, 18:15 WIB

10 Penyebab yang Bisa Membuat Kepala Mudah Gatal, Harus Diwaspadai

Kepala yang mudah gatal bisa terasa seperti sensasi terbakar, terasa perih, atau rasa gatal yang intens di kulit kepala.
Ilustrasi kepala yang gatal (Sumber : pixabay.com / @nidzom)
Life07 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Ayat Al-Quran untuk Memohon Selamat dan Terhindar dari Orang-orang Zalim

Doa ini terdapat dalam Al-Quran dan sangat bermanfaat untuk memohon selamat dan terhindar dari orang zalim.
Ilustrasi - Doa ini terdapat dalam Al-Quran dan sangat bermanfaat untuk memohon selamat dan terhindar dari orang zalim. | Foto : Pixabay
Food & Travel07 Mei 2024, 17:45 WIB

7 Tips Tetap Sehat Ketika Cuaca Panas yang Perlu Diketahui

Suhu panas saat ini sangat meningkat hingga mencapai kisaran 36 derajat. Suhu panas akan menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh dan mengganggu aktivitas di luar ruangan.
Ilustrasi cuaca panas yang sedang terjadi agar bisa menjaga kesehatan (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi07 Mei 2024, 17:37 WIB

Anggota DPRD Badri Suhendi Puji Capaian Prestasi Damkar Kabupaten Sukabumi

nggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi, memberikan apresiasi atas capaian prestasi yang luar biasa yang telah ditorehkan oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar).
Badri Suhendi, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi (Fraksi Demokrat) | Foto : Ilyas Supendi