8 Alasan Seseorang Bersikap Dingin Selain Dikecewakan yang Perlu Diketahui

Selasa 24 Oktober 2023, 14:30 WIB
alasan seseorang bersikap dingin selain dikecewakan yang dapat dilihat dari sikapnya (Sumber : Freepik.com /@peoplecreations)

alasan seseorang bersikap dingin selain dikecewakan yang dapat dilihat dari sikapnya (Sumber : Freepik.com /@peoplecreations)

SUKABUMIUPDATE - Seseorang bersikap dingin biasanya disebabkan oleh rasa kecewa akan suatu hal atau perbuatan seseorang yang dilakukan kepadanya. Sehingga perasaannya tersinggung dan mengubah sikapnya menjadi tidak ingin peduli dengan sekitar.

Biasanya, penyebab orang bersikap dingin karena adanya kesalahan seseorang yang tidak disadari tapi membuat orang tersebut kecewa hingga sakit hati. Maka dari itu, ia memilih untuk bersikap dingin dan tidak peduli lagi.

Bersikap dingin juga sebagai perlindungan diri agar tidak ada yang berani mengganggunya hingga membuat konflik dengannya. Karena ia sudah malas untuk berinteraksi dengan orang lain setelah dikecewakan dulu.

Baca Juga: 11 Ciri Seseorang Memiliki Luka Batin, Apa Kamu Mengalaminya Juga?

Namun, ada pula bersikap dingin karena alasan tertentu yang hanya bisa mereka rasakan dan tidak ingin dibagikan kepada orang lain.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut alasan seseorang berubah sikap menjadi dingin.

1. Ketidaknyamanan dan Ketidakpercayaan

Seseorang berubah sikap menjadi dingin mungkin disebabkan oleh pengalaman buruk dengan orang tertentu atau situasi yang membuatnya tidak nyaman hingga akhirnya memilih menjaga jarak. Akibat itu ia memiliki ketakutan untuk berinteraksi dengan orang lain di tempat baru.

2. Perlindungan Diri

Seseorang mungkin bersikap dingin sebagai bentuk perlindungan diri. Mereka ingin menjaga jarak agar tidak terlalu terlibat secara emosional atau terluka dalam hubungan.

3. Ketidakpastian

Ketidakpastian tentang situasi atau hubungan dapat membuat seseorang bersikap dingin. Karena mereka tidak tahu harus bagaimana memberikan respon atau mungkin ragu untuk memberikan kepastian.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Salah Satunya?

4. Masalah Pribadi

Seseorang bersikap dingin biasanya ada masalah pribadi seperti tekanan kerja, konflik dengan keluarga, atau gangguan kesehatan mental. Mereka mungkin sulit untuk berinteraksi dengan orang lain ketika sedang berjuang dengan masalah pribadi.

5. Ketidakpedulian

Ada juga alasan seseorang bersikap dingin karena memang tidak peduli dengan orang atau situasi tertentu di sekitar. Mereka memilih acuh tak acuh daripada harus tahu dan mungkin membuatnya terlibat suatu hari nanti.

6. Sifat Sosial

Sebagian orang memiliki sifat yang cenderung tertutup dan tidak terlalu ekspresif ketika berada di suatu lingkungan. Hal tersebut menjadikannya terlihat seperti dingin dalam interaksi.

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Lelah Memendam Beban Hidup Sendirian, Kamu Termasuk?

7. Pengalaman Traumatik

Pengalaman traumatis dalam kehidupan seseorang dapat membuat mereka lebih sulit untuk membuka diri dan berinteraksi. Karena telah mengalami hal tersebut membuatnya kesulitan mempercayai seseorang hingga akhirnya memilih bersikap dingin.

8. Ketidakmampuan dalam Berkomunikasi

Seseorang mungkin bersikap dingin karena merasa sulit untuk berkomunikasi atau tidak tahu bagaimana menjalin hubungan yang hangat. Biasanya ada rasa takut yang diucapkannya membuat sakit hati hingga memilih diam.

Itulah 8 alasan seseorang bersikap dingin selain dikecewakan. Jika ingin mendekati seseorang yang sikapnya dingin diperlukan rasa sabar, berusaha memahami situasi, dan mendengarkan ceritanya dengan baik. Sebab, mereka cukup sulit untuk terbuka tentang masalah dan perasaannya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin