Pujian Penyebab Penyakit Ain, Cek 6 Dampak Buruk Memuji Berlebihan!

Selasa 17 Oktober 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi. Dampak Buruk Memuji Berlebihan Karena Iri, Penyebab Penyakit Ain (Sumber : pixabay.com/@svklimkin)

Ilustrasi. Dampak Buruk Memuji Berlebihan Karena Iri, Penyebab Penyakit Ain (Sumber : pixabay.com/@svklimkin)

SUKABUMIUPDATE.com - Pujian yang berlebihan, meskipun terdengar positif, juga bisa memiliki dampak negatif. Pujian yang berlebihan dapat terasa tidak otentik, dan orang yang menerimanya mungkin merasa tidak dihargai secara sungguh-sungguh.

Kabar buruknya, pujian berlebihan adalah salah satu penyebab penyakit ain yang tidak terdeteksi secara medis. Menurut para ilmuwan agama Islam yang dikutip via mahasiswaindonesia.id, mayoritas pujian adalah pengungkapan rasa iri atau dengki kepada seseorang melalui ucapan dan hati serta tindakan, sehingga orang yang menerima pujian merasa senang.

Orang yang iri atau dengki akibat penyakit ain dapat ditandai dengan munculnya penyakit dan gangguan seperti cemas berlebihan, jerawat tak kunjung sembuh, penyakit bintik-bintik pada kulit, dan lainnya.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Tidak Punya Teman di Sekolah, Menyendiri dan Kesepian

Artinya, pujian yang bisa menyebabkan penyakit ain ini tidak hanya merugikan satu pihak, tetapi juga berdampak buruk dalam beberapa cara. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa Dampak Buruk Memuji Berlebihan Penyebab Penyakit Ain:

Penyebab Penyakit AinDampak Buruk Memuji Berlebihan Karena Iri

1. Kehilangan Kredibilitas

Jika seseorang terlalu sering memberikan pujian berlebihan karena iri, maka pujian penyebab penyakit ain ini akan kehilangan kredibilitas. Orang yang menerima pujian mungkin meragukan niat atau kejujuran orang yang memberikan pujian.

2. Mengurangi Arti Pujian Sejati

Pujian berlebihan penyebab penyakit ain dapat membuat pujian yang tulus dan otentik kehilangan makna. Orang yang menerima pujian atau terkena penyakit ain mungkin kesulitan membedakan antara pujian tulus dan sekadar pujian berlebihan.

3. Ekspektasi Tidak Realistis

Pujian berlebihan penyebab penyakit ain dapat meningkatkan ekspektasi yang tidak realistis pada seseorang. Jika seseorang terlalu sering dipuji tanpa alasan yang jelas, mereka mungkin merasa perlu untuk selalu mencapai tingkat yang tinggi atau selalu berhasil.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Kesepian Karena Tidak Memiliki Teman di Sekolah

Ekspektasi yang tidak realistis ini menjadi salah satu penyebab munculnya rasa iri dengki penyebab penyakit ain.

4. Merendahkan Prestasi Sebenarnya

Pujian berlebihan tanda seseorang iri dengki bisa bermakna merendahkan prestasi sebenarnya. Orang yang menerima pujian berlebihan mungkin merasa bahwa mereka tidak perlu bekerja keras atau meningkatkan diri karena sudah merasa sangat dianggap dan dipuji.

5. Peningkatan Kecemasan Sosial Meningkat

Pujian berlebihan penyebab penyakit ain bisa membuat orang merasa cemas dalam situasi sosial. Orang yang terkena penyakit ain mungkin merasa perlu untuk selalu tampil sempurna atau memenuhi ekspektasi yang tinggi dari orang-orang yang selalu memberikan pujian berlebihan.

6. Mengganggu Perkembangan Kemandirian

Pujian berlebihan karena iri dapat menghambat perkembangan kemandirian seseorang. Orang mungkin tidak belajar untuk mengatasi tantangan dan kegagalan karena mereka terbiasa dengan pujian yang tidak realistis.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

Penting untuk memberikan pujian yang tulus dan sesuai dengan prestasi atau karakteristik yang benar-benar pantas. Tak hanya untuk menjaga keselarasan hati dan pikiran, menghindari pujian berlebihan juga bisa mencegah timbulnya iri dengki yang bermuara pada penyakit ain.

Pujian yang diberikan dengan jujur dan tulus cenderung lebih efektif dan lebih dihargai. Itu juga penting untuk mendengarkan dan merespons dengan benar ketika seseorang memberikan pujian, daripada hanya mengucapkan pujian berlebihan tanpa alasan yang jelas.

Pujian yang tepat akan memiliki dampak yang lebih positif dan akan lebih dihargai oleh penerimanya serta mencegah seseorang dari penyakit ain akibat iri dengki.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science07 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Mei 2024, Sukabumi Cerah dari Pagi Hingga Malam

Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi
Ilustrasi. Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi. | Foto: Pixabay/yeskay1211
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku