10 Amalan Sunnah Hari Jumat: Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan

Jumat 13 Oktober 2023, 08:44 WIB
Perbanyak membaca Al-Quran senantiasa akan membuat hati terasa lebih tenang. | Foto: Pexels.com/Rayn L

Perbanyak membaca Al-Quran senantiasa akan membuat hati terasa lebih tenang. | Foto: Pexels.com/Rayn L

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam kalender hijriyah atau dalam penanggalan islam, Hari Jumat merupakan rajanya hari " SAYYIDUL AYYAM", hari yang istimewa dalam jumlah hari yang ada. Dari segi penamaan, kata "Jum'at" Qamus Al-Lughah Al-Arabiyah Al-Ma'ashir dapat dibaca dalam 3 bentuk yakni Jumu'ah, Jum'ah, dan Juma'ah yang berarti berkumpul.

Pergantian hari dalam hijriyah terjadi setelah terbenamnya matahari atau sudah memasuki waktu maghrib. Berbeda dengan penanggalan masehi, pergantian hari terjadi tengah malam teknik pukul 00.00.

Terdapat beberapa keutamaan dan peristiwa bersejarah yang pernah terjadi pada hari Jumat. Imam Syafi'i dan Imam Ahmad meriwayatkan sebuah hadits dari Sa'ad Bin 'Ubadah :

سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحَرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya : " Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahmi. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.”

Baca Juga: 10 Amalan Sunnah di Hari Jumat yang Dapat Dilakukan Umat Muslim

Berikut 10 Amalan di Hari Jumat yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber :

1. Mandi Sebelum Sholat Jumat

Amalan hari Jumat yang dianjurkan Rasulullah SAW yaitu mandi sebelum sholat Jumat.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘’Jika salah seorang di antara kalian menghadiri shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi’’ (HR. Bukhari).

Salah satu hadits diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban, yaitu:

مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ النِّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ

Artinya: "Barangsiapa dari laki-laki dan perempuan yang menghendaki Jumat, maka mandilah. Barangsiapa yang tidak berniat menghadiri Jumat, maka tidak ada anjuran mandi baginya". (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).

2. Memotong Kuku dan Mencukur Kumis

Hal ini sebagaimana yang bersumber dari Abu Jafar yang diambil dari kitab As Sunanul Kubra.


كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يَأْخُذَ مِنْ شَارِبِهِ وَأَظَافِرِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ

Artinya: Nabi SAW biasa mencukur kumis dan kukunya di hari Jumat (HR Imam Al-Baihaqi).

3. Segerakan Ke Masjid

Imam Ghazali mengatakan, jarak dekatnya manusia melihat Allah SWT saat kiamat bergantung pada waktu datang sholat Jumat. Dalam kitab Bidayatul Hidayah Imam Ghazali juga menjelaskan "tidak terlambat ke masjid adalah salah satu keutamaan sholat Jumat."

4. Memakai Wewangian

Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah menyebutkan sunnah memakai wewangian, yang artinya: "Hari ini (Jumat) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Bagi siapa yang ingin melaksanakan sholat Jumat, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian, jika ada menggosok gigi (siwak) ". (HR. Ibnu Majah).

5. Perbanyak Melakukan Kebaikan

Salah satu keutamaan hari Jumat yaitu dilipatgandakan semua kebaikan yang ia lakukan, sepuluh kali lipat daripada hari yang lain. Maka dari itu semua umat muslim baik laki-laki maupun perempuan dianjurkan untuk melakukan banyak kebaikan.

Syekh Abu Bakar bin Syatha berkata:

ـ (قوله: وسن إكثار فعل الخير فيهما) أي في يوم الجمعة وليلتها، لما أخرجه ابن زنجوية عن ابن المسيب بن رافع قال من عمل خيرا في يوم الجمعة ضعف له بعشرة أضعاف في سائر الأيام، ومن عمل شرا فمثل ذلك اه. إرشاد العباد. ويقاس باليوم: الليلة، إذ لا فرق

Artinya: Ucapan Syekh Zainuddin; dan sunnah memperbanyak kebaikan di malam dan hari Jumat; karena riwayat Ibnu Zanjawaih dari Ibn al-Musayyab bin Rafi', beliau berkata: Barangsiapa yang berbuat kebaikan pada hari Jumat maka akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat dari hari yang lain, dan barangsiapa berbuat kejelekan maka juga demikian (dilipatgandakan dosanya sepuluh kali lipat). Dan disamakan hari, yaitu malam, sebab tidak ada perbedaan sama sekali. (Syekh Abi Bakr bin Sayyid Muhammad Syatha ad-Dimyati, Hasyiyah I'anah at-Thalibin, juz 2, halaman: 104, Dar Al-Fikr).

6. Membaca Surat Yasin

Allah memerintahkan semua umatnya untuk selalu membaca Al-Qur'an. Surat Yasin salah satunya, pahala yang besar akan didapatkan bagi umat yang sering membaca Al-Qur'an.

7. Membaca Surat Al Kahfi

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka memancarkan cahaya terang untuknya dari bawah telapak kakinya hingga setinggi awan dilangit yang akan meneranginya kelak dihari kiamat dan juga diampuni dosanya diantara dua Jumat ." ( HR Ibnu Mardawaih)

8. Ziarah Kubur

Dalam sebuah riwayat, dijelaskan terkait keutamaan ziarah kubur hari jumat. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda : "Siapa yang ziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya pada setiap hari Jumat, Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan ia dicatat sebagai orang yang berbakti kepada orang tuanya." (HR Hakim, At Tirmidzi dan Ath Thabrani)

9. Membaca 3 Surat Terakhir dalam Al Quran

Mengenai anjuran ini, sebuah hadits menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa setelah shalat Jumat membaca (Al-Ikhlas), (Al-Falaq), (An-Nas) sebanyak 7 kali, maka Allah melindunginya dari keburukan hingga Jumat mendatang."

10. Perbanyak Sholawat

Amalan ini tidak dikhususkan untuk laki-laki saja, melainkan perempuan dan semua umat muslim.

sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Al-Imam al-Baihaqi berikut ini:

أكثروا الصلاة علي ليلة الجمعة ويوم الجمعة فمن صلى علي صلاة صلى الله عليه بها عشرا ـ رواه البيهقي بإسناد جيد

Artinya: Perbanyaklah shalawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat. Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali. (HR Al-Imam al-Baihaqi dengan sanad yang baik).

Itulah 10 amalan hari Jumat semoga kita senantiasa diberikan kesehatan serta keberkahan usia dan rezeki, supaya bisa terus mengamalkan apa yang sudah diperintahkan Allah SWT, dan dianjurkan Rasulullah SAW.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich
Life02 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Yuk Lakukan Sederet Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Bisa Nyenyak di Malam Hari.
Ilustrasi. Tidak Nyenyak. Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/IvanOboleninov)
Sukabumi02 Mei 2024, 19:59 WIB

Polisi Ungkap Alasan Tak Autopsi Mayat Wanita yang Ditemukan di Sungai Cicatih Sukabumi

Mayat wanita setengah telanjang, berinisal EKS (25 tahun), warga Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, yang ditemukan meninggal dunia di Sungai Cicatih tidak dilakukan autopsi
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa