5 Alasan Anak Laki-laki Sulit Menuruti Perkataan Orang Tua Dibanding Perempuan

Rabu 27 September 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi. Alasan Kenapa Anak Laki-laki Sulit Menuruti Perkataan Orang Tua Dibanding Perempuan (Sumber : pixabay.com/@bess.hamiti@gmail.com)

Ilustrasi. Alasan Kenapa Anak Laki-laki Sulit Menuruti Perkataan Orang Tua Dibanding Perempuan (Sumber : pixabay.com/@[email protected])

SUKABUMIUPDATE.com - Cara mendidik anak laki-laki agar tumbuh menjadi anak yang penurut pada orang tua adalah langkah penting dalam pola parenting. Mendidik anak laki-laki agar menjadi anak yang penurut memerlukan pendekatan yang seimbang antara memberikan arahan dan memahami kebutuhan serta perkembangannya. 

Meskipun biasanya anak laki-laki justru sulit sekali menuruti perkataan orang tua dibandingkan anak perempuan. Orang tua pun bertanya-tanya, kenapa anak laki-laki sulit menuruti perkataan orang tua dibandingkan dengan anak perempuan.

Perlu diingat bahwa tidak semua anak laki-laki sulit menuruti perkataan orang tua dibandingkan dengan anak perempuan. Kemudian juga tidak ada aturan umum yang berlaku untuk semua anak, baik itu anak laki-laki maupun perempuan.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Anak Laki-laki yang Sulit Menuruti Perkataan Orang Tua

Namun demikian, ada beberapa faktor yang dapat menjelaskan mengapa sebagian anak laki-laki mungkin tampak sulit untuk menuruti perkataan orang tua dibandingkan perempuan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

Alasan Kenapa Anak Laki-laki Sulit Menuruti Perkataan Orang Tua Dibanding Perempuan

1. Perbedaan dalam Perkembangan Emosional

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak perempuan mungkin mengembangkan keterampilan sosial dan emosional lebih awal daripada anak laki-laki. Hal ini dapat membuat anak laki-laki terlihat lebih keras kepala atau kurang terampil dalam mengelola emosi mereka.

2. Pengaruh Budaya dan Gender

Budaya dan norma-norma gender dapat memengaruhi cara anak-anak diajarkan untuk berperilaku. Beberapa budaya atau keluarga mungkin memiliki harapan yang berbeda terhadap anak laki-laki dan perempuan, yang dapat memengaruhi perilaku mereka.

Baca Juga: 9 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Penurut Pada Orang Tua

3. Karakteristik Pribadi

Setiap anak memiliki karakteristik pribadi yang unik. Beberapa anak laki-laki mungkin memiliki sifat-sifat yang membuat mereka lebih keras kepala atau sulit untuk diatur, tetapi hal ini tidak harus berlaku untuk semua anak laki-laki.

4. Pubertas

Pubertas dapat memengaruhi perilaku remaja, baik laki-laki maupun perempuan. Perubahan hormon selama masa ini dapat memengaruhi mood dan tingkat kepatuhan anak.

5. Konteks Keluarga

Dinamika keluarga, seperti hubungan antara orang tua dan anak, juga dapat memengaruhi perilaku anak. Jika ada masalah komunikasi atau konflik dalam keluarga, itu dapat menyulitkan anak, baik laki-laki maupun perempuan, untuk menuruti perkataan orang tua.

Baca Juga: 9 Penyebab Anak Laki-laki Sulit Menuruti Perkataan Orang Tua

Penting untuk diingat bahwa pendekatan yang tepat dalam mendidik anak dapat membantu mengatasi masalah ketidakpatuhan, terlepas dari jenis kelamin anak.

Komunikasi yang baik, empati, disiplin yang konsisten, dan memberikan contoh positif adalah faktor-faktor penting dalam mendidik anak-anak dengan baik, terlepas dari jenis kelamin mereka.

Selain itu, mendengarkan anak dan memahami perasaan serta perspektif mereka juga merupakan langkah penting untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang menjadi individu yang bertanggung jawab dan patuh terhadap nilai-nilai keluarga.

Sumber: Berbagai Sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi01 Maret 2024, 18:05 WIB

Pengumuman Pemberhentian Pegawai BPR Sukabumi

BPR Sukabumi telah mengeluarkan surat pemberhentian kepada salah satu pegawainya bernama Agus, SE
Agus, SE | Foto : Dok. BPR Sukabumi
Life01 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Kamilin Setelah Sholat Tarawih Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini bacaan doa kamilin yang biasa dibacakan setelah selesai melaksanakan sholat tarawih
Ilustrasi - Berikut ini bacaan doa kamilin yang biasa dibacakan setelah selesai melaksanakan sholat tarawih | (Sumber : Freepik.com/wirestock)
Keuangan01 Maret 2024, 17:52 WIB

Berikan Pelayanan Prima, BPR Cikembar Sukabumi Ekspansi ke Pabrik hingga Kunjungi Nasabah

BPR Sukabumi cabang Cikembar terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di wilayah kerjanya.
Kepala Cabang BPR Sukabumi cabang Cikembar, Yudi Eka Sembada (kanan) dan Staf sedang melayani nasabah (kiri) | Foto : Ibnu Sanubari
Musik01 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Rumah - Salma Salsabil, “Tempat yang Kurindu Sejak Lama”

Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya.
Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya. (Sumber : YouTube/@Salma Salsabil).
Life01 Maret 2024, 16:30 WIB

Kapan Puasa Ramadan 2024 Dilaksanakan? Ini Perkiraan Waktunya

Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah
Ilustrasi - Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah | (Sumber : Freepik.com/@ Sketchepedia)
Film01 Maret 2024, 16:00 WIB

Kabar Gembira! Film Live Action Naruto Segera Digarap Oleh Lionsgate

Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas.
Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas. (Sumber : X/@Naruto_Anime_EN).
Food & Travel01 Maret 2024, 15:30 WIB

6 Tempat Wisata Kids Friendly di Sukabumi, Anak Langsung Gembira

Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi
Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Sukabumi01 Maret 2024, 15:28 WIB

Tekan Inflasi Jelang Ramadhan, Pemkab Sukabumi Akan Gencarkan Operasi Pasar Murah

Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengikuti Rapat Koordinasi Dwimingguan Ke-24 Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu.
Sekda Ade Suryaman saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu. Kamis (29/2/2024) | Foto : Dokpim
Keuangan01 Maret 2024, 15:06 WIB

BPS: Beras Sumbang Inflasi Terbesar Februari, Hanya 1 Provinsi yang Harganya Turun

Beras mengalami inflasi 5,32 persen dengan andil terhadap IHK 0,21 persen.
(Foto Ilustrasi) BPS menyebut beras menyumbang inflasi terbesar pada Februari 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi01 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket (Sumber : Istimewa)