Adolf Hitler Kesepian Hidup Sendiri, Cikal Bakal Kejamnya Ideologi Politik Nazi

Senin 25 September 2023, 17:30 WIB
Adolf Hitler Kesepian dan Rakus Membaca Jadi Cikal Bakal Ideologi Politik Nazi (Sumber : Instagram/@diasdanilocardoso)

Adolf Hitler Kesepian dan Rakus Membaca Jadi Cikal Bakal Ideologi Politik Nazi (Sumber : Instagram/@diasdanilocardoso)

SUKABUMIUPDATE.com - Kesepian, terisolasi dan rakus membaca membuat Adolf Hitler tertarik pada politik selama bertahun-tahun di Wina. Diktator kejam asal Jerman itu bahkan mengembangkan banyak ide yang pada akhirnya membentuk ideologi Nazi.

Siapa sangka, awal mula kesepian yang dialami Adolf Hitler mengantarkan namanya menjadi sosok pemimpin Nazi, partai yang terkenal paling kejam di sekitar abad ke-20. 

Adolf Hitler yang kesepian ini berkaitan dengan sang ayah, Alois yang meninggal pada tahun 1903. Sebagaimana melansir History.com, ibunya, Klara juga meninggal lima tahun setelah ayahnya, yakni pada tahun 1908.

Baca Juga: 9 Ciri-Ciri Orang Tidak Bahagia Karena Kesepian Hidup Sendiri

Hitler sempat mengejar mimpinya menjadi seorang seniman, meskipun ia ditolak dari Akademi Seni Rupa Wina. Ya, jauh sebelum ia menjadi diktator yang kejam, pemimpin Nazi ini adalah seorang seniman muda yang sedang berjuang.

Usai ditinggal oleh ayah dan ibunya, Adolf Hitler membuat lukisan hidup pemandangan dan monumen. Adolf juga menjual gambar tersebut sebagai salah satu penghasilan.

Sayangnya, rasa kesepian dan hobby Hitler yang suka membaca menumbuhkan ketertarikan terhadap dunia politik dan melahirkan ideologi Nazi. Hitler bahkan memanfaatkan kesengsaraan ekonomi, ketidakpuasan rakyat, dan pertikaian politik selama Republik Weimar untuk naik pangkat di Partai Nazi.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Anak Laki-laki yang Sulit Menuruti Perkataan Orang Tua

Dalam serangkaian aksi kejamnya, termasuk Kebakaran Reichstag, Hitler mengambil alih kekuasaan absolut di Jerman pada tahun 1933. Invasi Jerman ke Polandia pada tahun 1939 menyebabkan pecahnya Perang Dunia II.

Dua tahun kemudian, tepatnya 1941, pasukan Nazi menggunakan taktik militer “blitzkrieg” untuk menduduki sebagian besar Eropa. Sikap Hitler yang anti-Semitisme dan obsesinya mengejar supremasi Arya memicu pembunuhan sekitar 6 juta orang Yahudi, serta korban Holocaust lainnya.

Akan tetapi, sungguh nahas, setelah gelombang perang berbalik melawannya, Hitler ditemukan bunuh diri di bunker Berlin pada bulan April 1945.

Baca Juga: 9 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Penurut Pada Orang Tua

Updaters, berkaca dari Adolf Hitler yang kesepian, sukabumiupdate.com sebelumnya pernah membuat artikel tentang ciri-ciri orang tidak bahagia karena kesepian hidup sendiri. Yuk, kenali dan mengulas kembali agar tidak kesepian tetap bahagia meski sendirian.

Ciri-Ciri Orang Kesepian Hidup Sendiri dan Tidak Bahagia dengan Hidupnya

1. Menarik Diri dari Sosial

Orang yang kesepian cenderung menghindari interaksi sosial dan merasa terisolasi dari orang lain. Mereka mungkin enggan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial atau menghubungi teman-teman.

Orang yang kesepian juga cenderung menghindari berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

2. Kesejahteraan Emosional Menurun

Orang yang kesepian sering mengalami penurunan kesejahteraan emosional. Mereka bisa merasa cemas, stres, sedih, dan putus asa secara berkelanjutan.

3. Merasa Hidup Kurang Puas

Orang yang tidak bahagia mungkin merasa kurang puas dengan hubungan mereka atau dengan kehidupan mereka secara keseluruhan. Mereka mungkin merasa bahwa mereka tidak mendapatkan dukungan atau kebahagiaan yang mereka cari.

4. Hilang Minat dan Motivasi

Kesepian dan ketidakbahagiaan bisa menyebabkan seseorang kehilangan minat dan motivasi dalam aktivitas yang sebelumnya mereka nikmati. Mereka mungkin merasa tidak termotivasi untuk melakukan apa pun.

Baca Juga: 11 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Memiliki Kepribadian Baik

5. Kehilangan Energi dan Kekuatan Fisik

Orang yang kesepian dan tidak bahagia bisa mengalami penurunan energi fisik dan kekuatan. Mereka mungkin merasa lelah secara terus-menerus.

6. Gangguan Tidur

Kesepian dan ketidakbahagiaan dapat mengganggu pola tidur seseorang. Mereka mungkin mengalami insomnia atau tidur berlebihan sebagai respons terhadap perasaan mereka.

7. Perubahan Pola Makan

Orang yang kesepian dapat mengalami perubahan dalam pola makan mereka, termasuk kehilangan nafsu makan atau konsumsi makanan berlebihan sebagai cara mengatasi emosi mereka.

8. Kesehatan Fisik Buruk

Ketidakbahagiaan dan kesepian dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik. Orang yang kesepian dapat mengalami peningkatan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kekebalan tubuh yang lemah, dan masalah lainnya.

9. Pikiran Negatif dan Harga Diri Rendah

Orang yang kesepian dan tidak bahagia mungkin memiliki pikiran negatif tentang diri mereka sendiri dan merasa rendah diri. Mereka bisa menganggap diri mereka sebagai orang yang tidak berharga atau tidak layak.

Selain ciri diatas, orang yang kesepian mungkin merasa tidak memiliki tujuan atau arah dalam hidup mereka, yang dapat menyebabkan ketidakbahagiaan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 April 2024, 21:36 WIB

Aman Dilalui Meski Hujan? Tol Bocimi Sukabumi Menuju Bogor Dibuka Hingga Malam

Tol Bocimi Seksi 2 dari arah Sukabumi menuju Bogor-Jakarta dibuka hingga malam hari, meskipun sejak Minggu (14/4/2024) sore dilanda hujan dengan intensitas tinggi dan terus menerus.
Tol Bocimi arah Sukabumi menuju Bogor dibuka hingga malam meski hujan | Foto : Ibnu Sanubari
Life14 April 2024, 21:00 WIB

Mampu Menerima Kritik, 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti

Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari.
Ilustrasi. Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Seleb14 April 2024, 20:45 WIB

Pulang Shooting di Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya

Model dan artis papan atas Luna Maya tertangkap kamera warga berkunjung ke Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, hari ini Minggu (14/4/2024).
Pulang Shooting dari Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya | Foto : Ist
Life14 April 2024, 20:00 WIB

Menatapmu, 10 Bahasa Tubuh Wanita Pertanda dia Jatuh Cinta Padamu

Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu.
Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi14 April 2024, 19:53 WIB

Baru 4 Bulan, Dermaga Apung Muara Indah Cikaso Sukabumi Sudah Rusak-Terancam Terbawa Arus

Dermaga apung di Pantai Kesik Urug Muara Indah Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, menjadi sorotan warga
Kondisi Dermaga Apung Muara Cikaso Desa Buniasih Kecamatan Tegalbuleud | Foto : Ragil Gilang
Gadget14 April 2024, 19:00 WIB

16 Rekomendasi HP Tecno Edisi April 2024 yang Harganya Mulai dari Rp1 Jutaan

HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya.
Spesifikasi Tecno Phantom V Flip 5G -  HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya. (Sumber : tecnomobile)
Gadget14 April 2024, 18:35 WIB

Terbuka untuk Umum, DPC PDIP Buka Pendaftaran Bacalon Walikota/Wakil Walikota Sukabumi

DPC PDIP Kota Sukabumi membuka pendaftaran untuk menjaring bakal calon walikota dan wakil walikota yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
Pembukaan penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota Sukabumi untuk Pilkada 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life14 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini untuk Memohon Diampuni Dosa atas Kesalahan yang Telah Diperbuat

Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat.
Ilustrasi. Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat. | Foto: Unplash/Rachid Oucharia
Musik14 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Ingkar dari Tulus Viral di TikTok, “Aku Coba dengan yang Baru”

Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok.
Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok. (Sumber : Instagram/@tulusm).
Sukabumi14 April 2024, 16:31 WIB

Sigap, Puskesmas Ciracap Tangani Dua Laka Di Pantai Cibuaya Sukabumi

UPTD Puskesmas Ciracap Dinkes Kabupaten Sukabumi selama libur Lebaran 1445 H memberikan pelayanan kesehatan, baik melalui petugas yang piket di Puskesmas maupun pelayanan di lokasi wisata Pantai Cibuaya.
Tim medis Puskesmas Ciracap bersama tim pengamanan Pospam Pantai Cibuaya | Foto : Ragil Gilang