Amalan Rebo Wekasan, Shalat Sunnah hingga Doa Tolak Bala

Rabu 13 September 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi. Amalan Rebo Wekasan, Shalat Sunnah hingga Doa Tolak Bala | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Amalan Rebo Wekasan, Shalat Sunnah hingga Doa Tolak Bala | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Rebo wekasan menjadi salah satu tradisi yang masih dijalankan oleh sebagian umat Muslim di Indonesia. Rebo Wekasan untuk tahun ini sendiri jatuh pada hari Rabu, 27 Safar 1445 Hijriyah atau bertepatan dengan tanggal 13 September 2023.

Rebo Wekasan merupakan tradisi masyarakat Jawa untuk memperingati hari Rabu terakhir di bulan Safar yang merupakan bulan kedua dalam kalender Hijriyah. Rebo Wekasan juga memiliki sebutan lain seperti Rabu Pamungkas, Arba Mustakmir, atau Arba Musta'mir.

Tradisi ini di Indonesia diwariskan secara turun temurun dan dianggap mengandung berbagai nilai religius oleh sebagian besar umat Muslim di Tanah Air.

Baca Juga: Rebo Wekasan Tradisi yang Masih Dijaga dan Kental dengan Mitos

Banyak yang mempercayai, di waktu tersebut, Allah SWT menurunkan lebih dari 500 bala ataupun bencana.
Karena itu, banyak umat Islam yang akan melaksanakan amalan Rebo Wekasan dengan tujuan untuk menolak bala.

Adapun tradisi ini, melansir dari Suara.com, dilakukan merujuk pada kitab Al-Jawahir Al-Khams karya Syeikh Muhammad bin Khathiruddin Al-‘Atthar yang berbunyi:

“Sesungguhnya dalam setiap tahun diturunkan 320.000 bencana atau bala dan semuanya diturunkan pada hari Rabu akhir di bulan Safar, maka hari itu merupakan hari yang paling berat dalam setahun,”

Lalu amalan apa saja yang dapat dilaksanakan oleh umat Islam pada saat Rebo Wekasan? Untuk mengetahuinya, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Doa Tolak Bala Menurut Islam, Dibaca saat Rebo Wekasan

Amalan Rebo Wekasan 2023

Berikut adalah beberapa amalan yang disunnahkan untuk dilakukan pada hari Rebo Wekasan yang jatuh pada tanggal 13 September mendatang:

1. Shalat Sunnah Rebo Wekasan

Sholat sunnah Rebo Wekasan dikenal juga sebagai shalat awwabin. Sholat ini berjumlah empat rakaat. Adapun sholat Rebo Wekasan dilakukan dengan tujuan untuk memohon perlindungan dan pertolongan dari bala dan bencana yang akan Allah SWT turunkan.

Jika melansir dari laman NU Online, Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari berpendapat jika sholat Rebo Wekasan hukumnya haram lantaran tidak memiliki dasar di dalam syariat agama Islam.

Namun di sisi lain, Syekh Abdul Hamid bin Muhammad Quds al-Maki dalam bukunya Kanz al-Najah wa al-Surur, mengatakan bahwa sholat Rebo Wekasan dapat ditunaikan asalkan niatnya tidak untuk tradisi Rebo Wekasan, namun dikerjakan sebagai shalat sunah mutlak.

Baca Juga: 5 Amalan Malam Jumat yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Yuk Lakukan

2. Membaca Doa Tolak Bala

Membaca doa tolak bala merupakan amalan Rebo Wekasan berikutnya yang dapat dilakukan oleh umat Islam. Doa tolak bala ini bisa diamalkan setelah sholat lima waktu. Berikut bacaan doa tolak bala yang bisa diamalkan seperti yang dikutip dari NU Online:


اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ


Allȃhummaftah lanȃ abwȃbal khair, wa abwȃbal barakah, wa abwȃban ni‘mah, wa abwȃbar rizqi, wa abwȃbal quwwah, wa abwȃbas shihhah, wa abwȃbas salȃmah, wa abwȃbal ‘ȃfiyah, wa abwȃbal jannah. Allȃhumma ‘ȃfinȃ min kulli balȃ’id dunyȃ wa ‘adzȃbil ȃkhirah, washrif ‘annȃ bi haqqil Qur’ȃnil ‘azhȋm wa nabiyyikal karȋm syarrad dunyȃ wa ‘adzȃbal ȃkhirah. Ghafarallȃhu lanȃ wa lahum bi rahmatika yȃ arhamar rȃhimȋn. Subhȃna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mȃ yashifūn, wa salȃmun ‘alal mursalȋn, walhamdulillȃhi rabbil ‘ȃlamȋn.

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 55-56).

Baca Juga: Doa Nabi Yusuf Agar Wajah Bercahaya, Amalan Pembuka Aura Positif

3. Sedekah

Tepat di hari Rebo Wekasan, Anda juga dapat bersedekah atau menggelar hajat yang bertujuan agar terhindar dari bahaya. Adapun memberikan sedekah di hari Rebo Wekasan juga dipercaya akan mendatangkan keberkahan dan kebaikan, baik itu di dunia maupun di akhirat kelak.

Meskipun demikian, perlu diingat jika sedekah dapat dilakukan kapan saja, tidak harus menunggu saat Rebo Wekasan saja. Dengan tujuan utamanya adalah untuk membantu orang lain tanpa harus mengharap imbalan.

4. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari, termasuk saat Rebo Wekasan. Tidak ada surat khusus yang harus diamalkan di hari Rebo Wekasan. Umat Islam bisa membaca semua surat atau membaca surat tertentu saja.

Baca Juga: Kenali 5 Amalan Agar Doa Cepat Dikabulkan Allah SWT, Umat Muslim Harus Tahu!

5. Membaca Dzikir dan Istighfar

Membaca dzikir dan istighfar adalah amalan yang disunnahkan di hari Rebo Wekasan. Amalan ini dipercaya dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan mendatangkan keberkahan dalam hidup kita.

6. Menulis Ayat Salamun

Melansir dari laman NU Online, amalan yang bisa dilakukan pada Rebo Wekasan yakni menuliskan tujuh ayat yang di dalamnya mengandung kata “Salamun” setelah sholat Ashar.

Adapun ayat-ayat tersebut yakni:

  • “Salamun qaulam mirrabir Rahim” (QS Yasin: 58)
  • “Salamun alaa nuhin fil aalamiin” (QS As-Saffat: 79)
  • “Salamun alaa Ibrahim” (QS As Saffat: 109)
  • “Salamun alaa musa wa harun” (QS As Saffat: 120)
  • “Salamun alaa ilyasin” (QS As Saffat: 130)
  • “Salamun Alaikum Thibtum Fadhkhuluha Khalidun” (QS Az-Zumar: 73)
  • “Salamun Hiya Hatta Mat La’il Fajr” (QS Al-Qadr: 5).

Baca Juga: Fardhu Wudhu yang Harus Dipenuhi Ketika Bersuci, Niat Hingga Tertib

Cara mengamalkannya yakni dengan membaca ayat-ayat tersebut lalu ditiupkan ke dalam botol yang berisi air. Setelah itu, air yang sudah dibacakan dengan ayat yang mengandung "Salamun" tersebut bisa diminum. Akan tetapi perlu diingat, bahwa tidak ada dalil khusus yang menyebutkan untuk melakukan amalan ini.

Nah demikian tadi beberapa amalan Rebo Wekasan 2023 yang penting untuk diketahui umat Islam. Jangan lupa diamalkan ya!

Sumber: Suara.com/Putri Ayu Nanda Sari

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola15 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Madura United vs Borneo FC di Semifinal Leg 1 Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : maduraunitedfc.com/Ist).
Nasional15 Mei 2024, 18:01 WIB

Gempa M5,4 Guncang Kepulauan Seribu, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Berikut hasil analisis BMKG soal gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta.
Episenter Gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta (Sumber : BMKG)
Life15 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Doa Penenang Hati untuk Diamalkan Sebagai Penangkal Masalah dan Kegelisahan Hidup

Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup.
Ilustrasi sedih dan gelisah -  Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 17:30 WIB

Jantung Sehat dan Hidup Bahagia, 3 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Lansia

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat15 Mei 2024, 17:15 WIB

5 Bahan Herbal Ini Bisa Jadi Obat Rumahan Untuk Asam Urat, Yuk Dicoba

Asam urat bisa diredakan nyeri dan gejalanya dengan mencoba mengkonsumsi bahan-bahan herbal ke dalam menu makanan di rumah. meski hasilnya tidak instan tapi bisa membantu untuk sembuh secara perlahan
Ilustrasi bahan herbal yang bisa dijadikan obat rumahan untuk penyakit asam urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 17:12 WIB

3 Terdakwa Korupsi Penyertaan Modal Perumda ATE Sukabumi Divonis 1 Tahun Penjara

Tiga mantan pejabat Perumda ATE Kabupaten Sukabumi terbukti korupsi dana penyertaan modal, divonis 1 tahun bui.
Tiga mantan pejabat Perumda ATE Kabupaten Sukabumi terdakwa korupsi penyertaan modal saat mengikuti sidang putusan di PN Bandung. (Sumber : Istimewa)
Musik15 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kau Tau Namaku Bukan Kisahku dari Ghea Indrawari

Lagu Kau Tau Namaku Bukan Kisahku dipopulerkan oleh Ghea Indrawari, jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol.
Official Lirik Video Lagu Kau Tau Namaku Bukan Kisahku dari Ghea Indrawari (Sumber : YouTube/StarHitsMusic)
Sehat15 Mei 2024, 16:30 WIB

Merasakan Gejala Asam Urat Pada Lutut? Lakukan 5 Perawatan Ini di Rumah!

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian di tubuh, salah satunya sering terjad pada lutut. Maka dari itu, kenali cara merawat asam urat di lutut begitu kambuh agar tidak semakin parah
ika terkena gejala asam urat pada lutut, lakukan 5 perawatan di rumah yang sederhana ini (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 16:15 WIB

Bisakah Jempol Tangan Terkena Gejala Asam Urat? Ini 5 Tandanya!

Ternyata asam urat tidak hanya menyerang persendian di kaki saja, tetapi juga bisa ke tangan. Salah satu yang sering terkena adalah bagian ibu jari. Sebaiknya untuk mengenali tanda-tanda asam urat di jempol tangan
Waspadai bila ada 5 tanda berikut ini di jempol tangan, karena kemungkinan gejala asam urat. (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 16:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Tinggi dan Normal Pada Lansia? Simak Disini

Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan.
Ilustrasi - Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan. (Sumber : Freepik.com)