9 Manfaat Mengambil Gap Year Untuk Pengembangan Diri, Mudah Meraih Kesuksesan

Jumat 04 Agustus 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi. Inilah beberapa manfaat utama dari mengambil Gap Year untuk pengembangan diri | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Inilah beberapa manfaat utama dari mengambil Gap Year untuk pengembangan diri | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Gap year atau tahun jeda mengacu pada periode waktu yang biasanya berlangsung satu tahun. Pada periode ini seseorang akan beristirahat dari pendidikan formal atau karirnya untuk terlibat dalam aktivitas lain.

Gap year biasanya diambil antara sekolah menengah dan perguruan tinggi, setelah menyelesaikan studi sarjana, atau kapan saja selama perjalanan pendidikan seseorang.

Selama tahun jeda, seseorang dapat mengejar berbagai pengalaman, seperti perjalanan (traveling), menjadi sukarelawan, magang, bekerja paruh waktu di bidang lain, atau proyek pengembangan pribadi.

Baca Juga: Gap Year: Periode Waktu yang Bisa Membuat Seseorang Sukses, Yuk Kenali

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat utama dari mengambil Gap Year:

1. Peningkatan Pemahaman Diri

Gap Year memberi kesempatan bagi individu untuk lebih memahami diri mereka sendiri, termasuk minat, nilai-nilai, dan tujuan hidup. Ini membantu mereka mengambil keputusan tentang jalan yang ingin mereka tempuh dalam pendidikan dan karir mereka.

2. Pengembangan Keterampilan

Selama Gap Year, seseorang dapat memperoleh berbagai keterampilan baru dari berbagai pengalaman, seperti bahasa asing, keterampilan kepemimpinan, keterampilan kerja, atau keterampilan sosial.

Baca Juga: 6 Manfaat Marah, Bentuk Emosi Tanda Hubungan Bermasalah?

3. Peningkatan Kematangan

Melalui tantangan dan pengalaman hidup yang berbeda selama Gap Year, individu akan belajar menjadi lebih mandiri dan matang dalam menghadapi berbagai situasi.

4. Peningkatan Bahasa

Jika Gap Year melibatkan perjalanan atau tinggal di luar negeri, seseorang dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing mereka dan memahami budaya yang berbeda secara lebih mendalam.

Baca Juga: Saturnus Hadir Sepanjang Malam, Posisi Planet di Tata Surya Selama Agustus 2023

5. Pemberdayaan Sosial

Bekerja sebagai sukarelawan atau berpartisipasi dalam proyek masyarakat selama Gap Year memungkinkan individu untuk memberikan dampak positif pada orang lain dan masyarakat, meningkatkan rasa empati dan kepedulian sosial.

6. Peningkatan Kecerdasan Emosional

Gap Year memberi kesempatan bagi individu untuk menghadapi tantangan emosional dan mengembangkan keterampilan menghadapi stres, frustasi, dan ketidakpastian.

Baca Juga: Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak Diresmikan, Kenali Fungsi 4 Jalur Di Jalan Tol

7. Penyegaran

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah atau sarjana, Gap Year dapat memberikan istirahat yang diperlukan sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya dalam pendidikan atau memulai karier.

8. Peluang Jaringan dan Kontak

Seseorang dapat mengembangkan jaringan sosial dan profesional yang luas selama Gap Year, yang dapat bermanfaat dalam mencari peluang pendidikan atau pekerjaan di masa depan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Drama Korea Ahn Bo Hyun Pacar Jisoo Blackpink

9. Meningkatkan Profil Pribadi

Gap Year yang terstruktur dan produktif dapat meningkatkan profil pribadi seseorang dalam proses seleksi perguruan tinggi atau perekrutan pekerjaan, karena menunjukkan kematangan, komitmen, dan minat pada bidang tertentu.

Penting untuk diingat bahwa manfaat dari Gap Year sangat tergantung pada bagaimana seseorang merencanakan dan menjalankannya.

Penting untuk memilih pengalaman yang sesuai dengan minat dan tujuan pribadi untuk memastikan Gap Year berdampak positif dan bermanfaat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)