Menengok Tradisi Suraan Warga Keturunan Jawa Tengah di Ciracap Sukabumi

Sabtu 29 Juli 2023, 15:29 WIB
Tradisi Suraan warga asal Jawa tengah di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Tradisi Suraan warga asal Jawa tengah di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Mayoritas warga di Kampung Waluran, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi merupakan anak dan cucu keturunan asal dari Jawa Tengah. Mereka memiliki tradisi yang dirawat turun temurun yang disebut dengan syukuran Suraan.

Tradisi Suraan yang setiap tahun digelar juga merupakan syukuran atas berdirinya  Sanggar Seni Kuda Lumping dan Cepet di kampung mereka.

Pimpinan Sanggar Seni Kuda Lumping dan Cepet, Lamijan (62 tahun) mengatakan bahwa tradisi Suraan atau syukuran seni atas berdirinya kesenian atau selamatan seni sudah mulai dilaksanaakan sejak tahun 1972.

"Selamatan atau syukuran ini setiap tahun dilakukan pada bulan sura, yang diawali ritual pada malam Jumat kliwon di Gunung Condong Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dan pada hari sabtu harus mengadakan syukuran seni dengan acara intinya sesajen, kenduri dan penampilan seni kuda lumping sama seni cepet," jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (29/7/2023).

Baca Juga: Muhammad Jaenudin Ajak Warga Sukabumi Berpartisipasti dalam Pengelolaan Lingkungan

Menurut Lamijan, seni tradisional Kuda Lumping merupakan seni budaya yang berasal dari Jawa Tengah, dan kemudian tumbuh berkembang di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Tradisi itu kemudian dilestarikan sanggar budaya Lingkung Seni Kuda Lumping Fajar Muda.

Sanggar Seni Kuda Lumping dan Cepet Fajar Muda berdiri resmi berdiri pada tahun 1974 dengan Surat Keputusan (SK) Dinas P&K dibawah pimpinan Lamijan, dengan anggota sanggar sebanyak 40 orang yang terdiri dari penari, pemain gamelan dan pawang dengan alamat lengkapnya di Kampung Waluran RT 08/02 Desa Pangumbahan.

Lamijan mengatakan acara Suraan atau selamatan seni sebagai ungkapan rasa syukur pada Alloh SWT atas keberkahan dan keselamatan dalam memimpin kesenian, juga kepada para leluhur kami.

"Saya adalah pengurus generasi ke 6. Karena memang pimpinan Kuda Lumping dan Cepet Fajar Muda harus dari keturunan," tuturnya.

Ia menjelaskan, Seni Tradisional Kuda Lumping terdiri dari empat pentasan tarian, diataranya; Tari Baladewa, Tari Kuda Lumping, Tari Bendrong, Tari Cepet dan Kesurupan.

Baca Juga: Rumah Restorative Justice di Kota Sukabumi, Tangani Konflik Hukum dengan Musyawarah

Dalam pelaksanaannya, ucap Lamijan, sebelum Seni Tradisional Kuda Lumping ditampilkan harus disediakan sesajen berupa kembang kenanga, soka, mawar merah, mawar putih, minyak duyung, kemenyan, air kelapa, padi, pisang raja bulu, pisang ambon, teh manis, teh pahit, kopi manis, kopi pahit, air bening, daun dadap, telur ayam kampung dan kinangan daun sirih.

"Sesajen ini harus ada, karena inang atau roh leluhur akan merasuk pada anak wayang, dengan rupa-rupa kesenangannya, karena kalau tidak terpenuhi bakal ngamuk," imbuhnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi07 Mei 2024, 22:59 WIB

Tol Bocimi Parungkuda Sukabumi Masih Ditutup Imbas Longsor, Pedagang Warung Terdampak

Sejumlah pedagang warung di Parungkuda Sukabumi keluhkan sepi pembeli hingga omzet menurun imbas exit Tol Bocimi seksi 2 ditutup untuk penanganan longsor.
Deretan warung di seberang GT Parungkuda Sukabumi yang terdampak penutupan exit tol Bocimi seksi 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)
Sehat07 Mei 2024, 19:45 WIB

Teh Hijau: Manfaatnya untuk Meningkatkan Umur Panjang, Kolesterol dan Mengelola Gula Darah

Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda.
Ilustrasi - Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).