10 Cara Melatih Konsentrasi Anak Agar Fokus yang Bisa Coba Bunda di Rumah

Sabtu 22 Juli 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi. Berikut cara melatih konsentrasi anak yang bisa dilakukan orang tua di rumah setiap hari | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Berikut cara melatih konsentrasi anak yang bisa dilakukan orang tua di rumah setiap hari | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Melatih konsentrasi anak adalah proses penting untuk membantu mereka belajar dengan lebih efektif dan berfokus dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Dengan melatih konsentrasi anak sejak dini bisa meningkatkan emampuan anak untuk fokus pada satu tugas atau aktivitas dengan pikiran yang jernih dan tanpa terganggu oleh distraksi.

Namun, perlu diingat bahwa konsentrasi anak dapat berbeda-beda tergantung pada usia, perkembangan kognitif, dan lingkungan di sekitarnya.

Melansir dari laman Halodoc, merujuk data kesehatan yang dipublikasikan oleh Brain Balance Center, disebutkan kalau rentang konsentrasi anak yang ideal adalah dua hingga tiga menit dikali usia mereka.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Lakukan Hal Ini

Itulah periode waktu di mana seorang anak dapat mempertahankan fokus pada tugas yang diberikan.
Jadi untuk anak usia 2 tahun, rentang konsentrasi idealnya adalah 4 hingga 6 menit, sedangkan 4 tahun delapan hingga 12 menit, 6 tahun 12 hingga 18 menit, dan 8 tahun di 16 hingga 24 menit.

Nah, berikut cara melatih konsentrasi anak yang bisa dilakukan orang tua di rumah setiap hari merangkum dari berbagai sumber.

1. Ciptakan lingkungan kondusif

Pastikan anak Anda memiliki tempat belajar atau bermain yang tenang dan bebas dari gangguan. Hindari kebisingan dan distraksi yang tidak perlu agar anak dapat fokus lebih baik.

Baca Juga: 10 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Orang Menyukaimu, Yuk Praktekan!

2. Tetapkan rutinitas

Adopsi rutinitas harian yang teratur membantu anak memiliki struktur waktu dan memungkinkan mereka untuk mengetahui kapan saatnya untuk belajar, bermain, dan istirahat.

3. Batasi waktu layar

Terlalu banyak waktu di depan layar (televisi, komputer, tablet, atau ponsel) dapat mengganggu konsentrasi anak. Tentukan batasan waktu yang wajar untuk penggunaan perangkat elektronik.

4. Permainan konsentrasi

Ajak anak bermain permainan yang dapat meningkatkan konsentrasi mereka, seperti puzzle, permainan papan, atau permainan memori.

Baca Juga: 7 Tips Pertahankan Hubungan yang Hampir Kandas, Mulai dari Komunikasi

5. Latih fokus dalam aktivitas fisik

Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan fokus anak. Ajak mereka bermain olahraga, bersepeda, atau bermain di luar ruangan untuk membantu mengurangi hiperaktif dan meningkatkan konsentrasi.

6. Berikan tugas sesuai usia

Berikan tugas atau pekerjaan rumah yang sesuai dengan usia anak. Tugas-tugas ini membantu mereka belajar untuk fokus pada tugas yang perlu diselesaikan.

7. Beri pujian dan penghargaan

Pujian dan penghargaan atas usaha anak dalam berusaha fokus dapat memotivasi mereka untuk terus berlatih dan meningkatkan konsentrasi.

Baca Juga: 8 Tanda Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Yuk Kenali!

8. Gunakan teknik visualisasi

Ajarkan anak untuk membayangkan hasil dari tugas yang harus mereka lakukan sebelum mereka memulainya. Teknik ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan pemahaman.

9. Istirahat yang cukup

Pastikan anak cukup tidur setiap harinya karena kelelahan dapat mengganggu konsentrasi dan daya tangkap informasi.

10. Libatkan anak dalam hobi

Bantu anak menemukan hobi atau minat yang mereka nikmati. Kegiatan yang disukai akan membuat anak lebih cenderung berfokus dan bersemangat dalam belajar.

Ingatlah bahwa setiap anak berbeda, jadi penting untuk mengenali gaya belajar dan tingkat konsentrasi mereka. Bersabarlah dan dukunglah mereka dalam proses pengembangan konsentrasi ini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi11 Mei 2024, 22:20 WIB

Kontennya Viral! Cerita Cecep dari Kota Sukabumi Rutin Bersihkan Masjid Sejak 2012

Iltap mengungkapkan suaminya juga selalu mengerjakan pekerjaan rumah.
Cecep saat membersihkan toilet masjid. Cecep adalah warga Jalan Tipar RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Entertainment11 Mei 2024, 22:00 WIB

Profil dan Daftar Drama Korea Kim Hye Yoon, Pemeran Im Sol di Lovely Runner

Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di drama korea Lovely Runner sedang naik daun dan sedang dibicarakan oleh pecinta drakor. Biar lebih dekat dengannya cari tahu lewat profil dan daftar drama yang pernah diperankan
Profil dan daftar drama korea Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di Lovely Runner (Sumber : Instagram @/hye_yoon1110)
Jawa Barat11 Mei 2024, 21:46 WIB

Bus Rombongan SMK Depok Kecelakaan di Subang, Beberapa Orang Dilaporkan Tewas

Dalam kecelakaan bus ini dikabarkan lima penumpang meninggal dunia.
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa
Sehat11 Mei 2024, 21:00 WIB

Kolesterol Tinggi Ada Solusinya: Tips Menurunkannya Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Nasional11 Mei 2024, 20:12 WIB

Polri Bakal Berlakukan Pemberitahuan Tilang Lewat WhatsApp

Kompolnas mengapresiasi berbagai inovasi baru yang dibuat Polri untuk pelayanan kepada masyarakat.
(Foto Ilustrasi) Kompolnas akan melakukan supervisi terhadap sejumlah kebijakan Korlantas Polri seperti notifikasi tilang lewat WhatsApp. | Foto: Pixabay.com/@HeikoAL
Sehat11 Mei 2024, 20:00 WIB

Rebusan Daun Salam: Senjata Alami Untuk Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@ina_sugiarti/@ikasartikafrozen).
Film11 Mei 2024, 19:00 WIB

Sinopsis Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Film Vina: Sebelum 7 Hari yang tayang pada 8 mei 2024 merupakan kisah nyata yang pernah terjadi beberapa tahun lalu di Cirebon. Kisah seorang gadis yang ditemukan meninggal setelah diserang dan digauli oleh geng motor
Sinopsis dan Daftar Pemain Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata (Sumber : Instagram @/vinasebelum7hari.movie)
Life11 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa dan Ucapan untuk Keluarga yang Berangkat Haji, Sangat Menyentuh Hati

Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur.
Ilustrasi - Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Bola11 Mei 2024, 17:04 WIB

PT LIB Siapkan 12 VAR Mobile untuk Championship Series Liga 1 2023-2024

Babak Championship Series Liga 1 dijadwalkan mulai pada 14 Mei 2024 hingga babak final pada 31 Mei 2024.
(Foto Ilustrasi) PT LIB memastikan babak Championship Series Liga 1 2023-2024 akan menggunakan teknologi VAR secara mobile. | Foto: Pixabay
Musik11 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu LALALI dari SEVENTEEN, Menampilkan Unit Hip Hop yang Swag

LALALI adalah lagu yang dinyanyikan oleh unit hip hop dari boygrup SEVENTEEN. Lagu ini merupakan sidetrack dari album pertama mereka yang bertajuk 17 IS RIGHT HERE
Lirik Lagu LALALI dari unit hip hop grup SEVENTEEN yang baru dirilis (Sumber : Youtube | HYBE LABELS)