5 Doa Untuk Diri Sendiri yang Bisa Diamalkan Setiap Hari, Hidup Jadi Lebih Baik

Senin 19 Juni 2023, 05:00 WIB
5 Doa Untuk Diri Sendiri yang Bisa Diamalkan Setiap Hari, Hidup Jadi Lebih Baik.(Sumber : Freepik)

5 Doa Untuk Diri Sendiri yang Bisa Diamalkan Setiap Hari, Hidup Jadi Lebih Baik.(Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Berdoa tak hanya untuk orang lain saja, ada kalanya juga seorang umat Muslim memanjatkan doa untuk diri sendiri. Doa tersebut bisa berupa keinginan menjadi pribadi yang baik, dipermudahkan segala urusan dan lainnya.

Doa untuk diri sendiri bertujuan agar kita senantiasa selalu ingat dan dekat dengan sang pencipta Allah SWT. Dilain sisi, doa untuk diri sendiri dapat memperkuat keteguhan iman seseorang.

Berikut ini ada beberapa doa untuk diri sendiri yang dapat kamu amalkan setiap hari setelah salat, dikutip via Akurat.co.

5 Doa untuk Diri Sendiri

1. Doa Menjadi Kepribadian yang Baik

للَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَدٍ وَآلِهِ بِعَدَدِ جَمِيعِ مَا فِي الْقُرْآنِ حَرْفًا وَبِعَدَدِ كُلِّ حَرْفٍ أَلْفًا وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ بِعَدَدِ كُلِّ الْفٍ ضِعْفًا ضِعْفًا. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ عَدَدَ مَا خَلَقْتَ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ مِلْءُ كُلِّ شَيْءٍ. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ عَدَدِ مَا أَحْصَاهُ كِتَابُكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الْمُقْتَفِيْنَ أَثَرَهُ فِي الْإِرْشَادِ وَالْفَائِزِيْنَ مِنْهُ بِأَكْمَلِ الْإِمْدَادِ.

Latin:

allaahuma shalli 'alaa sayyidinaa muhammadin wa- aalihii bi'adadi jamii'i maa fil qur-aani harfan wabi'adadi kulli harfin alfan wa shalli washallim 'alaa sayyidinaa muhammadin bi'adadi kulli alfin dhi'fan dhi'fan. allaahumma shalli 'alla sayyidina muhammadin wa 'alaa aalihii 'adada maa khalaqta. allaahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihii mil-u kulli syai-in. allaahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihii 'adadi maa ahshaahu kitaabukamuhammadun shallallaahu 'alaihi wa sallama wa 'alaa aalihii washahbihil muqtafiina atsarahu fil irsyaadi wal faa-iziina minhu bi akmalilimdaad.

Baca Juga: 5 Bacaan Doa Agar Kamu Segera Dapat Pekerjaan dan Terbebas dari Pengangguran

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan keluarganya menurut bilangan apa yang ada dalam al-Quran berupa huruf demi huruf dan bilangan setiap huruf satu juta. Limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad menurut bilangan setiap huruf dan berlipat- lipat. Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan keluarganya menurut bilangan apa yang Engkau ciptakan.

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita, Nabi Muhammad menurut bilangan segala sesuatu. Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan keluarganya menurut penuhnya segala sesuatu. Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan keluarganya menurut bilangan apa yang terhitung di dalam kitab-Mu yang Engkau berikan kepada Nabi Muhammad, keluarganya, serta sahabat-sahabatnya yang mengikuti jejaknya di dalam (mencari) petunjuk dan keselamatan darinya dengan kesempurnaan pertolongan.”

2. Doa Surah Ayat Kursi

Ayat kursi memiliki banyak keutamaan yang bisa dijadikan amalan untuk diri sendiri. Simak bacaannya berikut ini.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Latin:

Allaahu Laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta'khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa'u 'indahuu illai bi idznih. Ya'lamu maa baina aiydiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayin min 'ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal'aliyyul 'adhiim.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

3. Doa Diberikan Keteguhan Hati

Dalam menjalani kehidupan, tentu banyak dipertemukan dengan hal-hal yang membuat hati atau perasaan tidak tentram juga putus asa. Untuk itu, penting untuk kamu mengetahui doa keteguhan hati agar terhindar dari sifat mudah menyerah berikut ini.

ﻳَﺎ ﻣُﻘَﻠِّﺐَ ﺍﻟْﻘُﻠُﻮﺏِ ﺛَﺒِّﺖْ ﻗَﻠْﺒِﻰ ﻋَﻠَﻰ ﺩِﻳﻨِﻚَ

Latin:

Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diinik.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Nasi Bakar Lezat di Sukabumi, Gurihnya Bikin Ngiler

Artinya:
“Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.” (HR. At-Tirmidzi).

4. Doa Agar Dipermudah Segala Urusan

Selain meminta ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat kepada Tuhan, salah satu doa yang bisa dijadikan sebagai doa untuk diri sendiri ialah dipermudah dalam segala urusan. Simak doa untuk diri sendiri agar dipermudah segala urusan berikut ini.

Doa untuk diri sendiri agar dipermudah segala urusan terdapat dalam Alquran surat Al-Kahfi ayat 10.

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Baca Juga: 8 Rekomendasi Nasi Liwet Enak di Sukabumi, Aromanya Bikin Perut Keroncongan

Latin:

Rabbana Atina Mil Ladungka Raḥmataw wa Hayyi` Lana Min Amrina Rasyada.

Artinya:

“Ya Tuhan-Ku, karuniakan kami rahmat dari sisi-Mu, dan berilah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.”

5. Doa Untuk Kebaikan Dunia Akhirat

Terakhir, doa untuk diri sendiri yang bisa diamalkan adalah doa untuk mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat. Agar seimbang tidak hanya fokus ke dunia saja. Simak doanya berikut ini.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin:

Rabbana atina fid-dun-ya ḥasanataw wa fil-akhirati ḥasanataw wa qina ‘ażaban-nar.

Baca Juga: 3 Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Agar Rezeki Lancar dan Berkah

Artinya:

“Ya Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, selamatkanlah kami dari siksa api neraka.” (QS. Al-Baqarah: 201)

Itulah 5 doa untuk diri sendiri yang bisa dijadikan amal setelah salat. Semoga bermanfaat.

Sumber: Akurat.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 Juli 2024, 17:50 WIB

Finalis Putri Nelayan Palabuhanratu Korban Pelecehan Seksual Dapat Pendampingan Psikolog

Alami trauma, finalis Putri Nelayan Palabuhanratu 2024 korban pelecehan seksual dipastikan dapat pendampingan psikolog.
Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat17 Juli 2024, 17:30 WIB

7 Minuman Detoks Terbaik yang Bisa Anda Coba Sendiri Dirumah

Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.
Ilustrasi - Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Keuangan17 Juli 2024, 17:20 WIB

Untuk Seluruh Kendaraan! Mulai 2025, Motor dan Mobil di Indonesia Wajib Asuransi

Untuk menguatkan sektor keuangan, pemerintah berencana mewajibkan asuransi bagi seluruh kendaraan.
Ilustrasi. OJK tengah menyusun skema kebijakan kendaraan wajib asuransi pada 2024 (Sumber: istimewa)
Musik17 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos

Lagu Sayangnya dipopulerkan oleh Juicy Luicy dan sempat viral di media sosial Instagram hingga YouTube.
Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:49 WIB

Tindakan Puskesmas usai Warga Temukan Limbah Medis Berceceran di Parungkuda Sukabumi

Puskesmas buka suara terkait penemuan tabung sampel darah dan jarum suntik bekas yang berceceran di jalanan Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:42 WIB

Buru-buru Nyari Ojek, Wanita Gendong Anak Ini Embat Duit Warung di Sukabumi

Awalnya, tidak ada yang sadar dengan aksi pencurian ini. Namun saat pemilik warung hendak berbelanja stok barang, ia baru sadar uang Rp3 juta di meja kasir hilang.
Wanita terduga pelaku pencurian uang di warung terekam CCTV (Sumber: CCTV)
Film17 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai

Longlegs merupakan salah satu film horor thriller terbaru serta terbaik di tahun ini yang telah tayang pada Kamis, 17 Juli 2024 di seluruh bioskop di Tanah Air.
Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai (Sumber : Instagram/@neonrated)
Life17 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Karakter Berkelas Meski Tampilannya Sederhana

Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi.
Ilustrasi - Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi. (Sumber : pexels.com/@Sơn Ngọc).
Sukabumi17 Juli 2024, 15:54 WIB

Bupati Ikut Bersuara, Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Marwan menunggu mekanisme hukum yang sedang berjalan di kepolisian.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika dimintai komentar soal kasus dugaan pelecehan seksual salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Entertainment17 Juli 2024, 15:30 WIB

Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya

Jeon Wonwoo adalah member dari boygrup sekaligus anggota unit Hip Hop SEVENTEEN yang berulang tahun hari ini, yaitu Rabu, 17 Juli 2024. Namanya menjadi trending topic di X, karena Carats mengucapkan ulang tahun padanya.
Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya (Sumber : Instagram/@everyone_woo)