Doa dan Dzikir Malam Sebelum Tidur, Amalkan Agar Hati Selalu Tenang

Minggu 11 Juni 2023, 18:00 WIB
Ilustrasi. Doa dan Dzikir Malam Sebelum Tidur, Amalkan Agar Hati Selalu Tenang | Foto: Pexels/cottonbro studio

Ilustrasi. Doa dan Dzikir Malam Sebelum Tidur, Amalkan Agar Hati Selalu Tenang | Foto: Pexels/cottonbro studio

SUKABUMIUPDATE.com - Seluruh umat muslim dianjurkan membaca doa sebelum tidur agar diberikan penjagaan diri dari berbagai macam gangguan, tidak terkecuali mimpi buruk.

Selain doa seorang muslim juga dianjurkan berdzikir sebelum tidur. Jadi, jika Anda mengamalkan dzikir sebelum tidur setiap malamnya, hati akan merasa lebih tenang dan lebih mudah untuk tidur.

Dan berikut adalah adalah bacaan doa sebelum tiudr serta dizkir malam yang dapat diamalkan oleh seorang muslim, seperti menghimpun dari Suara.com.

Baca Juga: Inilah 5 Dampak Buruk Poliandri Seperti Kisah Bu Siti Bagi Pelakunya

Bacaan Doa Sebelum Tidur

Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan."

Doa Dzikir Sebelum Tidur

Al-Baqarah Ayat 255 (Ayat Kursi)

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumm, laa ta'khuduhuu sinatun wa laa naum, lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi, man dzalladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idznih, ya'lamu maa bainaa aidiihiim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bi syai-in min 'ilmihii ilaa bimaa syaa-a, wa si'a kursiyyuhussamaawaati wal ardhi, wa laa ya-uuduhu hifzhuhumaa wa huswal 'aliyyul 'azhiim

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (Makhluk Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. KepunyaanNya apa yang ada dilangit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisiNya tanpa seizinNya. Dia mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan dibelakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Dzikir Malam Sebelum Tidur

1. Bacaan zikir Malam 

Allahumma ‘innaka khalaq-ta nafsii wa’anta tawaffaahaa laka mamaa-tuhaa wa mah-yahaa ‘in ‘ahyay-tahaa fah-fazhhaa wa ‘in ‘amat-tahaa fagh-fir lahaa. Allahumma ‘innii ‘as-’alukal-’aafiyata.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya, Engkau telah menciptakan diriku dan ENgkaulah yang akan mematikannya. Mati dan hidupnya, hanyalah milik-Mu. Jika Engkau menghidupkannya, peliharalah. Jika Engkau menantikannya, ampunilah. Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon ampunan kepada-Mu.” (HR. Muslim, Ahmada, dan Ibnu Suni)

2. Bacaan Dzikir Malam 

Bismika rabbi wadho’tu jambii, wa bika arfa’uh, fa-in amsakta nafsii farhamhaa, wa in arsaltahaa fahfazh-haa bimaa tahfazh bihi ‘ibaadakash shoolihiin.

Artinya: “Dengan nama Engkau, wahai Rabbku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan namaMu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi, apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah (dari kejahatan setan dan kejelekan dunia), sebagaimana Engkau memelihara hamba-hambaMu yang shalih.”

3. Bacaan Dzikir Malam

Allahumma qinii ‘adzzabaka yawma tub-’atsu ‘ibaaduka

Artinya: “Ya Allah jauhkanlah dari sikasa-Mu pada hari hamba-hamba-Mu dibangkitkan.” (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi)

4. Bacaan Dzikir Malam 

Astaghfirullahal-ladzii laa ‘ilaaha ‘illa huwal-hayyul-qayyuumu wa’atuubu ilahi

Artinya: “Aku memohon ampunan kepad aAllah yang tidak ada tuban, kecuali Dia yang hidup dan berdiri sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya.” (Hr. At-Tirmidizi)

Itulah bacaan doa dzikir malam sebelum tidur yang dapat diamalkan. Semoga dengan berzikir kita selalu mendapatkan keberkahan dan rezeki dari Allah SWT.

Sumber: Suara.com (Muhammad Zuhdi Hidayat)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 14:00 WIB

Tidak Melulu Soal IQ, Ini 3 Ciri-ciri Umum Anak Berbakat Dilihat Dari Sifatnya

Meski ada kesamaan dalam hal bakat, penting untuk diingat bahwa ini bukanlah definisi yang bisa diterapkan untuk semua orang. Beberapa anak mungkin berbakat dalam banyak bidang dan yang lain berbakat dalam satu bidang tertentu.
Ilustrasi ciri anak berbakat yang bisa dilihat dari sifatnya (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)
Life15 Juni 2024, 13:30 WIB

Bagaimana Sekolah Bisa Mengidentifikasi Anak Berbakat? Berikut 4 Tes yang Dapat Dilakukan

Sekolah dapat mengidentifikasi anak berbakat dengan beberapa cara dibawah ini, karena dengan cara ini sekolah bisa menentukan dengan mudah untuk bisa menyesuaikan dengan anak berbakat
Ilustrasi pihak sekolah bisa mengidentifikasi anak-anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)
Life15 Juni 2024, 13:00 WIB

2 Jenis Tes Utama Bakat yang Bisa Dilakukan Pada Anak, Yuk Simak Agar Orang Tua Paham

Bakat pada anak perlu diuji dengan cara tertentu, agar nantinya orang tua lebih paham dan anak lebih terarah untuk kedepannya
Ilustrasi tes yang bisa dilakukan orang tua untuk menentukan anak berbakat atau tidak (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:47 WIB

30 Paket Sabu Ditemukan di Cicurug Sukabumi, Pemiliknya Kabur

Sebanyak 30 paket sabu ditemukan di semak-semak di sekitar Perumahan Gedung Putih RT 5/5, Kampung Purwasari, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Penemuan 30 paket sabu di Desa Purwasari Cicurug Sukabumi | Foto : Ist
Life15 Juni 2024, 12:30 WIB

10 Cara Ampuh yang Dapat Orang Tua Lakukan Untuk Memotivasi Anak Berbakat

Orang tua yang memiliki anak berbakat seringkali kewalahan dan merasa kecewa karena kurangnya prestasi.
Ilustrasi cara ampuh yang orang tua lakukan untuk memotivasi anak berbaka (Sumber : Pexels.com/@jonasmohamadi)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:18 WIB

Minta Tolong Netizen! Keluarga Korban Celurit Geng Motor di Sukabumi Cari Pelaku

Keluarga Ardi Aulia Muhammad (21 tahun), pemuda yang jari tangannya nyaris putus disabet celurit geng motor di Nanggeleng Citamiang Kota Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024, butuh pertolongan netizen.
Ilustrasi citizen journalism. Keluarga berharap netizen yang melihat peristiwa itu speak up dan memberikan data tentang para pelaku kepada pihak kepolisian. (Sumber: editorandpublisher.com)
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)