Sejarah Unik Kue Nastar, Hidangan Khas Lebaran Favorit Banyak Orang

Selasa 18 April 2023, 04:30 WIB
Sejarah Unik Kue Nastar, Hidangan Khas Lebaran Favorit Banyak Orang (Sumber : Freepik/Edgunn)

Sejarah Unik Kue Nastar, Hidangan Khas Lebaran Favorit Banyak Orang (Sumber : Freepik/Edgunn)

SUKABUMIUPDATE.com - Kue nastar adalah salah satu hidangan yang kerap kali dicari saat Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. 

Kue kering yang didalamnya terdapat selai nanas ini sepertinya tak pernah absen berada di meja ruang tamu dan disajikan untuk saudara atau kerabat yang berkunjung ke rumah saat lebaran.

Namun, apa sebenarnya yang membuat kue nastar begitu istimewa di Hari Raya? Menurut Chef Devina Hermawan sebagai keturunan Tionghoa, nastar dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa melambangkan kemakmuran.

Baca Juga: 5 Resep Nastar Anti Gagal untuk Lebaran, Dari yang Biasa Hingga Unik

“Arti secara literal dari si kue nastar dalam Bahasa Hokkien atau China itu pear emas itu melambangkan kemakmuran. Sama halnya juga dengan buah nanas ini kalau dilihat secara bentuk itu bertumpuk-tumpuk, itu juga melambangkan kemakmuran,” ujar Chef Devina melalui kanal YouTube pribadinya saat membagikan resep kue nastar yang dikutip Suara.com.

Selain artinya sebagai kemakmuran, ketika membuat kue nastar dibutuhkan waktu yang cukup lama. 

Nastar merupakan salah satu kue kering favorit banyak orang yang bisa menjadi hidangan untuk perayaan hari Natal mendatang. | YouTube Devina Hermawan

Menurut Chef Devina, momen tersebut dijadikan sebagai hal untuk mempererat kebersamaan dengan keluarga saat membuat kue nastar yang kemudian dijadikan sebagai tradisi.

Sebagaimana filosofi dan makna dari masyarakat Tionghoa, kue nastar pada hari raya idul fitri disandingkan sebagai hari kemenangan setelah sebulan berpuasa yang berarti juga kemudahan, kemakmuran dan limpahan rezeki.

Sementara itu, melansir dari Indonesian Chef Association, kue nastar dipercaya sebagai kue kering yang berasal dari negeri kincir angin, Belanda. 

Nastar berasal dari Bahasa Belanda yakni ‘Ananas’ atau buah nanas dan ‘taart/tart/pie’ yang artinya kue. Sehingga masyarakat Indonesia kemudian mengadaptasinya menjadi nastar.

Awalnya, mengingat kue pie membutuhkan bahan isian dari buah bluberi atau apel yang cukup sulit untuk ditemui di Indonesia, maka dipilihlah buah nanas sebagai penggantinya.

Selain itu, agar lebih praktis untuk memakannya, masyarakat Indonesia kemudian memodifikasi ukuran kue pie khas orang Eropa yang selalu disajikan dalam loyang besar menjadi berukuran bulatan kecil.

Kue nastar rupanya tidak hanya identik dengan lebaran idul fitri saja, lho. Kue ini rupanya menjadi sajian khas juga pada hari raya besar lain seperti Imlek dan natal.

Mengutip dari laman Edukasia, mulanya kue nastar sebelum menjadi ciri khas masyarakat Indonesia dalam menyambut Hari Raya, dimulai dari zaman penjajahan Belanda. Saat itu, kue nastar menjadi sebuah bingkisan bagi kaum elit orang Belanda saat akan mengunjungi keluarga di malam Natal.

Lambat laun, masyarakat Indonesia mulai mengikuti tradisi tersebut dengan memberikan bingkisan kue kering di hari-hari besar, termasuk Lebaran. (Shilvia Restu Dwicahyani)

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat12 Mei 2024, 12:33 WIB

Anggota DPRD Jabar Hasim Adnan Tinjau Jembatan Rusak di Curugkembar Sukabumi

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hasim Adnan akan mendorong anggaran pemprov Jawa Barat untuk perbaiki Jembatan Cibodas rusak di Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi.
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hasim Adnan saat meninjau jembatan Cibodas Curugkembar Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life12 Mei 2024, 12:30 WIB

Wajib Diterapkan Bund! 5 Tips Jitu Mengajari Anak Berpikir Sendiri Sejak Dini

Membesarkan anak yang tidak mengikuti orang banyak lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.
Ilustrasi - Membesarkan anak agar mereka dapat berpikir sendiri menjadi tantangan bagi orang tua. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Grabowska).
Life12 Mei 2024, 12:00 WIB

Patut Diterapkan, 5 Cara Membangun Keterampilan Sosial Anak Dari Rumah

Aktivitas mudah yang berfokus pada mendengarkan, berinteraksi, dan bercerita ini akan membuat anak Anda tetap terlibat secara sosial sepanjang hari bahkan di rumah.
Ilustrasi - Membangun keterampilan sosial anak dapat dimulai dari rumah dengan hal sederhana. (Sumber : Pexels.com/@Valeria Ushakova).
Life12 Mei 2024, 11:30 WIB

Pria Wajib Tahu, 6 Ciri Cewek Matre yang Tidak Boleh Dijadikan Pasangan Hidup

Ciri cewek matre atau mata duitan memang sangat mudah dikenali. Mereka kerap menunjukkan sikap yang identik kesemuanya tentang materi dan uang semata
Ilustrasi - Ciri cewek matre atau mata duitan memang sangat mudah dikenali. (Sumber : Pexels/Andrea Piacquadio).
Tips12 Mei 2024, 11:11 WIB

Simak 4 Tips Mencari Lowongan Kerja yang Efektif

Anda yang baru lulus pendidikan atau sedang mencari lowongan pekerjaan, butuh perjuangan lebih untuk mendapatkan pekerjaan
Tips mencari lowongan kerja di Internet | Foto : Sukabumi Update
Bola12 Mei 2024, 11:00 WIB

Persib Bandung Siap Hadapi Bali United di Championship Series dengan Kekuatan Terbaik!

Hadapi Bali United di Championship Series, Persib siap tampil dengan kekuatan terbaiknya.
Hadapi Bali United di Championship Series, Persib siap tampil dengan kekuatan terbaiknya. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat12 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Darah Tinggi

Bagi penderita penyakit darah tinggi, beberapa sayuran ternyata memiliki dampak buruk. Karenanya, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mereka.
Ilustrasi - Dampak buruk sayuran bagi penderita penyakit darah tinggi. (Sumber : Pexels/Sarah Chai).
Jawa Barat12 Mei 2024, 10:01 WIB

Temu Rembug LP3H EWI Kota Bandung dengan Pengurus Provinsi Jabar

Formatur Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Kota Bandung melaksanakan temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Provinsi Jawa Barat
LP3H EWI Kota Bandung Temu Rembug dengan Pengurus Provinsi Jawa Barat | Foto : Ist
Life12 Mei 2024, 10:00 WIB

Tawa Dibalik Duka: 9 Ciri Seseorang yang Hidupnya Memiliki Luka Batin

luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku.
Ilustrasi - luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku. (Sumber : unplash/@Danie Franco)
Jawa Barat12 Mei 2024, 09:38 WIB

Ini Daftar 11 Korban Meninggal dan 17 Luka Berat Kecelakaan Bus Perpisahan SMK Depok

Berdasarkan data yang diperoleh dari kepolisian, tercatat 12 orang yang tewas dalam kecelakaan bus itu. 11 dari rombongan dalam dan 1 korban seorang pengendara sepeda motor
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu, 11 Mei 2024. | Foto: Istimewa