Ayo Siapkan! Ini 13 Barang Penting yang Wajib Kamu Bawa Saat Mudik Lebaran

Selasa 18 April 2023, 06:45 WIB
Ayo Siapkan! Ini 13 Barang Penting yang Wajib Kamu Bawa Saat Mudik Lebaran. | (Sumber : Freepik.com.)

Ayo Siapkan! Ini 13 Barang Penting yang Wajib Kamu Bawa Saat Mudik Lebaran. | (Sumber : Freepik.com.)

SUKABUMIUPDATE.com - Lebaran Idul Fitri adalah momen papling ditunggu-tunggu oleh seorang perantauan. Sebab, pada saat itu mereka akan mudik atau pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Nah, ketika akan mudik ke kampung halaman, ada baiknya mempersiapkan dahulu perlengkapan apa saja yang akan dibawa. Jangan sampai ada barang penting terlewati yang nantinya bisa kamu butuhkan.

Bagi kamu yang masih bingung untuk mempersiapkan barang apa saja yang dibawa, berikut ini ada beberapa barang penting yang wajib dibawa saat mudik lebaran dikutip via Akurat.co.

13 Barang Penting yang Harus Dibawa Saat Mudik

1. P3K atau Obat-obatan

Perlu kamu ketahui, bahwa barang penting yang harus dibawa saat mudik yang pertama adalah seputar obat-obatan yang kamu konsumsi. Jangan sampai barang ini tertinggal karena akan membahayakan kamu di kondisi darurat. Untuk itu, catat dan jangan sampai tertinggal.

2. Makanan Cemilan

Selain obat-obatan, kamu juga perlu untuk membeli cemilan yang banyak sebagai persiapan perjalanan jauh. Cemilan termasuk ke dalam barang penting yang harus dibawa saat mudik karena bisa membantu saat kondisi darurat seperti kelaparan di tempat yang tidak terjangkau rumah makan.

Baca Juga: Persija Resmi Umumkan Akbar Arjunsyah Sebagai Amunisi Baru di Musim 2023/2024

3. Bantal

Barang penting yang harus dibawa saat mudik selanjutnya adalah bantal. Sangat penting untuk kamu bawa karena tidak semua tempat di kampung halamanmu memiliki bantal yang nyaman dan empuk untuk dipakai tidur.

4. Selimut atau Jaket

Barang selanjutnya yang penting kamu bawa saat mudik adalah selimut atau jaket. Kamu perlu membawanya untuk melindungi tubuhmu dari hawa dingin atau debu yang akan kamu lalui saat mudik.

Baca Juga: Doa Mudik Naik Kapal Laut, Amalkan Agar Selamat Sampai Tujuan

5. Botol Minum

Barang penting selanjutnya adalah botol minum. Kamu harus memastikan bahwa selama perjalanan tubuhmu tetap terhidrasi dan tidak kesusahan untuk mendapatkan air. Kamu perlu memiliki persediaan air, oleh karena itu botol minum penting untuk kamu bawa.

6. Dokumen-dokumen Penting

Selain barang-barang yang bisa dikonsumsi, barang penting selanjutnya yang harus dibawa saat kamu mudik adalah dokumen-dokumen penting. Seperti SIM, KTP dan lain sebagainya. Antisipasi diperlukan lebih penting daripada harus kesulitan dalam perjalanan.

Baca Juga: 3 Doa Mudik, Dibaca Saat Naik Kendaraan Darat, Laut Maupun Udara

7. Powerbank

Barang selanjutnya yang penting kamu bawa saat mudik adalah powerbank. Kamu perlu membawa barang ini karena penting untuk mengisi daya ponselmu yang ketika dalam keadaan darurat, tidak ada tempat untuk mengisi daya melalui stop kontak.

8. Alat Reparasi Mobil

Barang selanjutnya yang penting kamu bawa ketika mudik menggunakan mobil adalah reparasi mobil. Barang ini juga penting kamu bawa untuk menjaga sesuatu yang nantinya akan terjadi saat perjalanan kamu mudik.

Baca Juga: Telat Sahur, Apa Masih Boleh Minum Saat Adzan Subuh? Ini Kata Ulama

9. Alat Salat

Barang penting selanjutnya adalah alat salat. Penting untukmu membawa perlengkapan ibadah yang kamu miliki agar tidak ketergantungan dengan alat atau perlengkapan yang disediakan oleh tempat ibadah.

10. Alat Mandi

Selanjutnya adalah alat mandi, seperti yang diketahui bahwa tidak semua kamar mandi umum memiliki alat dan perlengkapan mandi yang lengkap. Jikalau di rumah saudara pun, belum tentu alat dan perlengkapan yang mereka pakai sama dengan halnya yang kamu gunakan. Untuk itu kamu perlu mengantisipasi hal tersebut terjadi dengan inisiatif membawanya sendiri.

11. Pakaian Ganti

Selain alat mandi, barang penting selanjutnya yang harus kamu bawa saat mudik ialah pakaian ganti. Karena mudik pada umumnya tidak hanya satu atau dua hari, bahkan ada yang seminggu. Untuk itu penting bagimu membawa pakaian ganti.

12. Uang Cash

Meskipun zaman sekarang sudah bisa menggunakan tekonologi unutk jual beli, namun kamu tetap perlu membawa uang cash sebagai pegangan jikalau terjadi apa-apa di jalan dan tidak bisa menggunakan ATM atau Mbanking.

Baca Juga: 5 Aplikasi untuk Transfer THR Online, Mudah dan Gak Bikin Ribet!

13. Parcel Lebaran

Barang penting terakhir yang harus kamu bawa saat mudik adalah parcel Lebaran sebagai oleh-oleh yang kamu berikan dari tempat tinggalmu ke kampung halaman.

Itulah 13 barang penting yang harus kamu bawa saat mudik. Semoga bermanfaat!

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer