10 Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran, Cabut Semua Colokan Listrik

Senin 17 April 2023, 13:45 WIB
Ilustrasi - 10 Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran, Cabut Semua Colokan Listrik. | (Sumber : djkn.kemenkeu.go.id)

Ilustrasi - 10 Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran, Cabut Semua Colokan Listrik. | (Sumber : djkn.kemenkeu.go.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah kamu sedang berencana untuk mudik lebaran dan pulang ke kampung halaman? Nah, jika iya maka kam perlu melakukan beberapa tips di bawah ini agar aman saat meninggalkan rumah.

Terlebih, jika kamu meninggalkan rumah untuk mudik lebaran dalam waktu yang sangat lama. Hal itu sangat beresiko jika tidak mempersiapkan rumah semaksimal mungkin saat ditinggal mudik.

Jangan sampai ada kejadian yang mengganggu waktu pulang mudik lebaran mu. Pastinya kamu juga inginkan mudik lebaran terasa aman dan nyaman tanpa ada gangguan.

Berikut ini ada 10 tips yang perlu diketahui saat hendak mudik lebaran meninggalkan rumah yang dikutip via Suara.com.

1. Pastikan Semua Pintu dan Jendela Rumah Terkunci

Pintu dan jendela biasanya menjadi jalan utama yang paling memungkinkan masuknya pencuri. Jadi, jangan sampai lupa mengunci semua pintu dan jendela rumah, ya.

Baca Juga: Biadab! Mantan Anggota Parlemen Muslim India Ditembak Mati Saat Live di Televisi

Selain itu, hindari meninggalkan kunci di bawah pot, keset, atau tempat lainnya, karena bisa saja akan ditemukan oleh orang yang berniat jahat.

2. Cabut Semua Colokan Listrik dan Gas

Korsleting listrik sering kali menjadi penyebab terjadinya kebakaran di rumah. Sebelum pergi mudik, pastikan untuk memeriksa dan mematikan semua perangkat elektronik yang ada di rumah.

Baca Juga: SMAN 1 Parakansalak Sukabumi Sebar Sembako Hingga Gelar Pengobatan Gratis

Cabut juga semua colokan yang masih terpasang di stop kontak, serta cabut selang gas yang masih terpasang untuk menghindari kebakaran.

3. Amankan Semua Barang Berharga di Tempat yang Terkunci

Simpan semua barang-barang berharga, seperti perhiasan, surat-surat yang penting atau uang di tempat yang memiliki kunci, seperti laci kecil dalam lemari atau safety box. Lalu bawa kunci tersebut agar tidak ada yang bisa membukanya.

4. Menutup Semua Lubang Pembuangan

Untuk menghindari masuknya hewan-hewan seperti kecoa, tikus, semut dan lain sebagainya, jangan lupa tutup lubang-lubang pembuangan sebelum pergi. Jangan lupa juga untuk membuang semua sampah yang ada di rumah supaya tidak timbul bau busuk

5. Jangan Perlihatkan Rumah Sedang Kosong

Rumah yang terlihat kosong dapat menarik perhatian para pencuri. Oleh karena itu, penting untuk mengecoh orang-orang jahat yang biasanya mengincar rumah-rumah kosong dengan beberapa hal mudah yang bisa dilakukan.

Baca Juga: 4 Situs Peta Jalur Mudik Lebaran 2023 Online, Simak Cara Ceknya Disini!

Misalnya, dengan memasang lampu yang bisa diatur kapan harus menyala dan mati, sehingga bisa menyala otomatis saat malam dan mati otomatis saat pagi tiba.

6. Laporan Kepada RT dan Petugas Keamanan Setempat

Beri tahu satpam di komplek bahwa Anda akan meninggalkan rumah dalam beberapa waktu. Dengan begitu, satpam tersebut bisa membantu agar lebih mengawasi rumah setiap harinya selama Anda mudik.

Baca Juga: Umat Muslim Wajib Tahu! Ini 5 Waktu Bayar Zakat Fitrah dari Mubah Hingga Haram

Laporkan juga pada Ketua RT setempat bahwa rumah Anda kosong. Jadi, jika ada sesuatu hal buruk yang terjadi, bisa segera ditindaklanjuti.

7. Bilang Kepada Tetangga untuk Meminta Memantau Rumah

Jika ada tetangga di depan atau sebelah rumah yang tidak mudik, tak ada salahnya Anda meminta tolong padanya untuk membantu memantau situasi di sekitar rumah. Sebagai ucapan terima kasih, jangan lupa memberinya oleh-oleh sepulangnya Anda dari mudik, ya!

8. Memasang Alarm Keamanan

Sebelum pergi, pastikan memeriksa dan mengunci semua akses masuk ke rumah. Tapi, alangkah lebih baik jika Anda memasang alarm di rumah untuk keamanan ekstra. Anda juga bisa memakai gembok beralarm untuk pagar rumah.

Baca Juga: Bos Persib Teddy Tjahjono Minta Maaf Atas Pencapaian Musim Ini Tak Sesuai Harapan

Dengan begitu, alarm akan berbunyi nyaring saat rumah Anda dimasuki secara paksa sehingga tetangga dan petugas keamanan bisa langsung bertindak saat mendengar bunyi alarm tersebut.

9. Mengosongkan Penampungan Air

Meskipun terdengar sepele, mengosongkan penampungan air saat ditinggal mudik lebaran adalah salah satu yang harus dilakukan. Hal itu bertujuan agar genangan air tak menjadi sarang nyamuk untuk berkembnag biak.

10. Pasang Kamera CCTV Bila Diperlukan

Kamera pengawas atau CCTV menjadi alternatif yang paling baik jika Anda ingin merasa lebih tenang ketika meninggalkan rumah, apalagi untuk mudik dalam waktu yang cukup lama.

Kamera CCTV ini memungkinkan Anda untuk bisa mengawasi keadaan dan kondisi rumah dari jarak jauh, dimanapun dan kapanpun.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life23 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Rutinitas Sehat Pagi Hari yang Biasa Dilakukan Orang Sukses

Dengan mengadopsi beberapa atau semua kebiasaan baik di pagi hari ini, Anda bisa memulai hari dengan lebih baik, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan fondasi yang kuat untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan.
Ilustrasi. Manfaat Olahraga Pagi, Bisa Menurunkan Berat Badan (Sumber : Freepik)
Sehat23 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol, Langkahnya Simpel!

Jeruk mengandung vitamin C, antioksidan, dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science23 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Mei 2024, Sukabumi Pagi Berawan dan Hujan Siang Hari

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024. (Sumber : Freepik/wirestock)
Sukabumi22 Mei 2024, 22:29 WIB

Mantan Ketua RT di Surade Sukabumi Tewas Saat Mengembala Kambing

Tergeletak di tengah pematang sawah, mantan ketua RT di Surade Sukabumi ditemukan tewas saat mengembala kambing.
Warga dan petugas kepolisian saat akan mengevakuasi jasad mantan ketua RT di Surade Sukabumi yang ditemukan tewas di pematang sawah saat menggembala kambing. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi22 Mei 2024, 21:31 WIB

Rawan Kecelakaan, Warga Keluhkan PJU Mati di Jalan Sukawayana Sukabumi

Padamnya sejumlah PJU di jalan Sukawayana Cikakak Sukabumi atau jalan utama Palabuhanratu-Cisolok dikeluhkan warga.
Ruas jalan nasional Palabuhanratu-Cisolok di Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi gelap gulita akibat matinya lampu PJU. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel22 Mei 2024, 21:00 WIB

6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

Yuk Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. Hindari!
Ilustrasi - Penderita asam urat. Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi22 Mei 2024, 20:36 WIB

Ojol Diteriaki Culik di Sukaraja Sukabumi, Polisi Sebut Hanya Keliling dengan Anak-anak

Melihat warga lain kurang kondusif, Dendra berinisiatif melapor ke polisi.
MRA (25 tahun) saat akan diamankan oleh polisi. MRA adalah driver ojol yang diteriaki penculik di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Mei 2024, 20:10 WIB

Diduga Korban Tabrak Lari, Pemotor Ditemukan Terkapar di Selokan Cisaat Sukabumi

Saat ini kasus dugaan tabrak lari ini ditangani oleh pihak kepolisian. Pemotor yang ditemukan terkapar di selokan Cisaat Sukabumi sudah diketahui identitasnya.
Tempat kejadian perkara di Jalan Nasional III, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life22 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan besar atau tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Aktivitas yang tergolong berat ini bisa diikuti oleh penurunan gula darah mendadak yang mengganggu tidur.
Ilustrasi. Makan Terlalu Banyak. Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/n-voitkevich)
Sukabumi22 Mei 2024, 19:51 WIB

116 Siswa Bersaing, Disdik Kabupaten Sukabumi Gelar Seleksi Hafiz Tingkat SMP

Kegiatan ini bertujuan melahirkan generasi yang mencintai Alquran.
Kegiatan seleksi dan evaluasi hafiz tingkat SMP se-Kabupaten Sukabumi di SMPN 1 Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa