Tetap Dapatkan Pahala Berlimpah, Ini 4 Amalan untuk Wanita Haid saat Lailatul Qadar

Jumat 14 April 2023, 03:00 WIB
Ilustrasi. Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan wanita haid untuk mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar (Sumber : Freepik/@freepik)

Ilustrasi. Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan wanita haid untuk mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Lailatul Qadar menjadi salah satu waktu paling istimewa dalam agama Islam. Dipercaya malam tersebut menjadi kesempatan umat manusia mendapatkan keberkahan serta ampunan dari Allah SWT.

Di waktu tersebut umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah serta memohon ampun kepada Allah SWT atas semua dosa yang telah diperbuat.

Mungkin banyak yang bertanya bagaimana jika wanita haid ingin mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar? Mengingat wanita haid tidak bisa melaksanakan ibadah sebagaimana mestinya seperti berpuasa, shalat dan sebagainya.

Baca Juga: Kenapa Waktu Pasti Malam Lailatul Qadar Dirahasiakan? Ternyata Ini Alasannya

Malam Lailatul Qadar dipercaya hadir diantara sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Bahkan sebagian orang mempercayai jika malam istimewa tersebut hadir di tanggal ganjil bulan Ramadan.

Nah, Untuk wanita yang sedang haid tak perlu khawatir, banyak amalan yang tetap bisa dilakukan wanita haid saat lailatul qadar.

Melansir dari Suara.com yang merujuk laman NU Online, Pengasuh Pondok Pesantren Putri KHAS Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Nyai Hj Tho'atillah Ja'far Aqil, menyarankan perempuan haid untuk memperbanyak empat amalan ini agar memperoleh lailatul qadar yakni.

Baca Juga: 6 Tanda Seorang Muslim Mendapatkan Lailatul Qadar: Merasa Damai Sampai Fajar

  1. Memperbanyak membaca surat-surat pendek Al-Qur’an, yang sudah masyhur dipakai berdzikir, seperti surat Al-Ikhlas dan surat Al-Fatihah.
  2. Memperbanyak membaca shalawat Nabi Saw.
  3. Memperbanyak bersedekah.
  4. Melakukan diskusi keilmuan dengan orang-orang saleh.

Demikian amalan-amalan wanita haid saat malam lailatul qadar agar tetap memperoleh kemuliaan. Lailatul qadar merupakan malam yang penuh kemuliaan karena diturunkan Al-Quran untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadan: Berburu Malam Lailatul Qadar

Firman Allah Swt dalam surah Al-Qadar ayat 1 – 3 menyebutkan, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari 1000 bulan.”Hadits yang diriwayatkan Bukhari juga menyebutkan barangsiapa beribadah pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala, maka diampunilah dosa-dosa yang telah lampau.

Dengan demikian, keutamaan lailatul qadar dapat diperoleh dengan cara menghidupkan malam ini seraya beribadah seperti berzikir, melakukan salat sunah, dan salat berjamaah. Dengannya, Allah Swt. akan mengampuni dosa-dosa yang terdahulu.

Syekh Ibnu Hajar Al-Asqalani (wafat 852 H) dalam kitabnya Fathul Bari menerangkan, barangsiapa menghidupkan malam Lailatul Qadar dan tidak menemukan Lailatul Qadar, maka akan tetap mendapatkan pahalanya.

Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Lailatul Qadar, Amalkan di 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan

Dan barangsiapa yang menghidupkan malam ini lantas menemukan Lailatul Qadar, maka juga akan mendapatkan pahala. Inilah kemudian yang berlaku dan dipilih dalam mengartikan maksud ‘mengetahui’ dan yang dipilih menurut pandanganku.” (Ahmad Ibnu Hajar Al-Asqalani, Fathul Bari Syarhu Shahihil Bukhari, (Beirut: Dar Al-Ma’rifah), juz IV, halaman 267).

Dengan mengetahui keutamaan lailatul qadar ini pantaskah kita masih bermalas-malasan berburu kemuliaan dari Allah Swt? Atau kita akan segera bergegas memanfaatkan sisa-sisa hari di bulan Ramadan yang mulia ini?

Sumber: Suara.com/Nadia Lutfiana Mawarni

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi29 April 2024, 11:31 WIB

84 Orang Diduga Keracunan Makanan Hajatan di Kabandungan Sukabumi, Begini Kondisinya

Rombongan pengantin laki-laki dan tamu undangan mulai merasa tidak enak badan pada Minggu sore.
Salah satu warga saat dirawat di puskesmas setelah diduga keracunan makanan hajatan pernikahan di Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
Life29 April 2024, 11:30 WIB

6 Tanda Kamu Memiliki Bakat Jadi Pemimpin di Masa Depan, Ini Buktinya

Jika orang memiliki jiwa sebagai pemimpin, biasanya akan nampak pada sikapnya, baik untuk dirinya maupun kepada orang lain.
Ilustrasi. Tanda orang yang berjiwa pemimpin. Sumber foto : Pexels/Rebrand Cities
Life29 April 2024, 11:00 WIB

10 Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri

Inilah Beberapa Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri. Yuk, Coba Lakukan!
Ilustrasi -  Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri (Sumber : pexels.com/@Askar Abayev)
Life29 April 2024, 10:59 WIB

Beri dengan Segera, 5 Cara Mengatur Sistem Hadiah untuk Anak Balita

Sistem penghargaan bergantung pada penguatan positif untuk mendorong perilaku yang baik. Berikut cara membuat sistem penghargaan untuk balita, anak prasekolah, dan anak usia sekolah.
Ilustrasi hadiah untuk balita. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
Life29 April 2024, 10:30 WIB

5 Cara Menjadi Orang yang Berhati Lembut Agar Bijak Menjalani Hidup

Memiliki hati lembut tentu diidamkan sebagian orang. Karena dengan berhati lembut tidak akan mudah grasak-grusuk, emosian dan marah-marah menyikapi sesuatu.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang berhati lembut. Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Sukabumi29 April 2024, 10:27 WIB

161 Penerima Beasiswa 1000 Anak Negeri 2024 Ikut Bimtek SCAU Universitas Nusa Putra

Program beasiswa 1000 anak Negeri merupakan persembahan Universitas Nusa Putra dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi.
Penerima beasiswa 1000 Anak Negeri tahun 2024 Universitas Nusa Putra di ruang auditorium Universitas Nusa Putra, Cisaat-Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life29 April 2024, 10:10 WIB

5 Penyebab Balita Menggigit, Salah Satunya Membantu Berkomunikasi

Banyak anak usia 1 tahun yang menggunakan giginya dibandingkan lidahnya. Berikut ini penyebab balita yang senang menggigit.
Ilustrasi balita menggigit. | Foto: Freepik
Gadget29 April 2024, 10:00 WIB

Begini Langkahnya, 8 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Nge Freeze

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze.
Ilustrasi - ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze. (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov).
Life29 April 2024, 09:42 WIB

Ciptakan Rutinitas, Ini 7 Cara Ampuh Menenangkan Balita yang Rewel

Tertawa satu menit dan menangis di menit berikutnya? Pelajari cara menangani emosi balita Anda yang selalu berubah.
Ilustrasi menenangkan balita yang rewel. | Foto: Freepik
Sukabumi29 April 2024, 09:34 WIB

Pelajar SMPN Cibitung Butuh Perahu, Pergi Sekolah Lintasi Sungai Cikaso Sukabumi

Perahu yang selama ini digunakan pelajar dan guru sering mengalami masalah.
Perahu untuk pelajar dan guru di Sungai Cikaso, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa