6 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa Ramadan, Bisa Menahan Lapar dan Haus

Jumat 31 Maret 2023, 17:00 WIB
Ilustrasi. Tidur siang saat puasa Ramadan ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan salah satunya bisa meredakan stres | Foto: Pixabay/StockSnap

Ilustrasi. Tidur siang saat puasa Ramadan ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan salah satunya bisa meredakan stres | Foto: Pixabay/StockSnap

SUKABUMIUPDATE.com - Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan tak sedikit orang yang merasakan kantuk di siang hari. Hal tersebut merupakan hal wajar mengingat pola tidur saat bulan Ramadan sedikit berubah dari bulan biasanya.

Seperti diketahui jika umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur sebanyak 7-8 jam dalam 24 jam. Namun, ketika berpuasa pastinya waktu tidur akan berkurang karena harus bangun lebih pagi untuk sahur.

Untuk mengatasi hal tersebut banyak yang memilih melakukan tidur siang agar dapat menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, tidur siang juga dipercaya bisa menghilangkan rasa lapar dan haus saat berpuasa.

Namun, bukan hanya itu, rupanya tidur siang saat puasa Ramadan juga memiliki beberapa manfaat lain untuk kesehatan, apa saja? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Akurat.co yang merujuk berbagai sumber, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga: Bagaimana Hukum Puasa Jika Sedang Makan Sahur Atau Jimak Tiba-tiba Adzan Subuh?

1. Mengurangi stres

Kebanyakan orang ketika berpuasa, seringkali terasa pusing karena banyak pikiran. Hal ini biasa terjadi saat perut terasa kosong dan lapar, sehingga pikiran menjadi stres. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan tidur siang.

Dari sebuah penelitian, bahwa manfaat tidur siang saat puasa akan membantu menurunkan tekanan darah seseorang yang mengalami tekanan mental.

Karena itu, kalau kamu sedang merasa stres dan pusing, lebih baik untuk istirahat sejenak dengan membiasakan tidur siang agar tubuh kembali pulih dari situasi penuh tekanan.

Baca Juga: 10 Cara Menahan Rasa Lapar Saat Puasa Ramadan, Insyaallah Kuat Sampai Maghrib

2. Meningkatkan suasana hati

Seperti yang diketahui, ketika kita merasa banyak pikiran maka biasanya akan melampiaskan amarah. Namun, saat berpuasa tidak boleh meluapkan emosi karena membatalkan puasa.

Perasaan kamu yang sedang berantakan harus segera diatasi, salah satunya dengan tidur siang. Meskipun hanya tertidur selama satu jam, suasana hati kamu akan meningkat dan tidak seperti sebelumnya. Memang benar, istirahat dengan berbaring merupakan pendorong suasana hati menjadi lebih baik.

3. Mempertajam ingatan

Manfaat tidur siang saat puasa selanjutnya adalah membantu otak untuk mempertajam memori. Dengan tidur siang, akan membantu kamu mengingat hal-hal yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Artis Non Muslim yang Ikutan Puasa di Bulan Ramadan, Toleransi yang Indah

Selain itu, keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal kamu akan berfungsi lebih baik lagi. Jadi, ketika kamu akan dihadapi ujian, sebaiknya meluangkan waktu untuk tidur siang terlebih dahulu.

4. Menahan lapar dan haus

Pastinya waktu siang hari adalah cobaan paling berat ketika berpuasa, karena perut akan terasa lebih lapar dan menjadi mudah lelah. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan hanyalah tidur siang sejenak.

Saat berpuasa dan kamu kurang tidur, maka dapat memicu naiknya hormon ghrelin yaitu hormon yang meningkatkan nafsu makan. Untuk mengatasinya bisa melakukan tidur siang selama 30-60 menit saja.

Baca Juga: 7 Tips Puasa untuk Penderita Darah Rendah, Makanan Manis Salah Satu Solusi

5. Menjadi lebih fokus

Manfaat tidur siang saat puasa juga bisa meningkatkan kewaspadaan kamu ketika sedang bekerja. Seseorang yang melakukan istirahat untuk tidur siang akan mampu menyelesaikan seluruh tugas pekerjaannya menjadi lebih efisien.

Apalagi membuat lebih sedikit kesalahan dari tugas yang dikerjakan, karena sudah mengatasi rasa kantuk dengan tidur siang.

6. Meningkatkan kesehatan jantung dan saraf

Sebenarnya, manfaat tidur siang yang paling penting adalah menjaga kesehatan jantung dan saraf. Dengan tidur siang, terbukti dapat mengisi ulang sel-sel tubuh dan mengurangi kemungkinan serangan jantung. Jadi, tidur siang sangatlah penting dalam menenangkan sistem saraf dan meningkatkan produktivitas.

Itulah beberapa manfaat tidur siang saat puasa di bulan Ramadan. Luangkan waktumu untuk beristirahat sejenak dan tidur siang selama beberapa menit. Jagalah kesehatan tubuh agar tetap fit untuk melakukan aktivitas selama berpuasa.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI