Inilah 7 Permainan Tradisional dalam Kaulinan Budak Sunda Baheula

Senin 27 Februari 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi. Cingciripit | Permainan Tradisional, Kaulinan Budak Sunda (Sumber : Instagram/@smiling.westjava)

Ilustrasi. Cingciripit | Permainan Tradisional, Kaulinan Budak Sunda (Sumber : Instagram/@smiling.westjava)

SUKABUMIUPDATE.com - Permainan Tradisional kini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak. Padahal, permainan tradisional merupakan jenis permainan yang dapat meningkatkan bonding -ikatan akrab satu sama lain- antar pemainnya.

Kaulinan Budak Sunda Baheula ini bahkan jarang sekali diminati oleh anak-anak, eksistensinya kalah jauh oleh gadget. Pasalnya, perkembangan teknologi di era digital juga perlahan mulai menggeser permainan tradisional, meskipun tidak semua orang melupakan permainan ini.

Baca Juga: Influencer Abby Choi Tewas Dimutilasi, Ada Potongan Tubuh di Kulkas dan Panci Sup

Mengutip dari The Asian Parent, inilah tujuh Permainan Tradisional sunda yang sempat populer zaman dahulu. Kamu wajib tahu agar permainan ini tidak punah tergerus zaman!

1. Permainan Tradisional: Sondah atau Engklek

Sondah atau Engklek adalah salah satu Permainan Tradisional sederhana yang biasa dimainkan oleh anak-anak. Permainan tradisional sondah menggunakan petak-petak kotak sebagai arena permainan. 

Anak-anak bisa menggunakan keramik atau di gambar secara manual menggunakan kapur di lantai. Sondah dimainkan dengan cara menggambar arena terlebih dahulu. Arena berbentuk kotak dengan jumlah sekitar 7-9 petak yang berderet.

Para pemain membutuhkan benda untuk dilempar ke salah satu petak yang sudah digambar. Benda yang digunakan bisa bermacam-macam, misalnya kertas yang sudah dilipat-lipat kemudian diberi air agar menempel saat dilempar.

Saat dimulai, pemain berdiri dengan badan membelakangi arena dan melemparkan benda miliknya. Pemain harus melompati tiap petak menggunakan satu kaki. 

Petak yang sudah ditempati oleh benda pemain lain tidak boleh dilompati. Apabila terlanjur dilompati maka dinyatakan kalah dan harus menunggu giliran untuk bermain lagi.

Pemain sondah dikatakan berhasil jika sudah menyelesaikan satu putaran. Pemain yang berhasil bisa memilih petak miliknya agar tidak dilompati pemain lain. 

Petak yang berhasil menjadi hak milik kemudian dihitung untuk dilihat siapa pemilik petak terbanyak yang akan menjadi pemenang. Jumlah pemain pada permainan Sondah atau Engklek biasanya terdiri dari dua orang atau lebih.

2. Permainan Tradisional: Endog-endogan

Permainan Tradisional berikutnya adalah permainan yang sangat sederhana, yaitu endog-endogan. Endog adalah bahasa sunda dari telur, sehingga dalam bahasa Indonesia endog-endogan adalah permainan 'telur-teluran’.

Permainan endog-endogan tidak memerlukan peralatan atau arena apapun. Endog-endogan dimainkan dengan cara mengepalkan tangan seolah telur. 

Telur-telur kepalan tangan ini kemudian ditumpuk ke atas dengan pemain lain sambil diiringi nyanyian khas.

Nyanyian Endog-endogan

Endog-endogan peupeus hiji pre.

Endog-endogan peupeus hiji pre.

Nah, serunya adalah ketika nyanyian menyebut kata ‘pre’, maka kepalan tangan yang paling atas harus terkenan ke tangan yang berada di bawahnya. Kemudian kepalan tangan paling bawah akan terbuka, seakan-akan menjadi telur yang pecah. 

Telur yang sudah pecah kemudian diputar bersama seluruh pemain. Permainan akan selesai jika semua kepalan tangan sudah terbuka sambil bernyanyi;

Goleang-goleang mata sapi buleneng.

Wleeee

Saat di akhir nyanyian para pemain akan menarik mata nya seakan-akan sedang melotot pada orang disekitarnya.

3. Permainan Tradisional: Cingciripit

Cingciripit termasuk salah satu Permainan Tradisional sunda yang dapat dimainkan tanpa memandang usia. Cingciripit biasanya dimainkan untuk memulai sebuah permainan lain karena berguna untuk menentukan pemain yang akan menjadi kucing (dalam Bahasa Sunda disebut emeng).

Para pemain Cingciripit harus berkumpul membentuk lingkaran. Kemudian, salah seorang pemain harus membuka telapak tangan agar pemain lainnya dapat meletakkan satu telunjuk di atasnya.

Setelah formasi siap, seluruh pemain akan menyanyikan lagu Cingciripit. Saat lagu hampir berakhir, semua pemain harus bersiap mengangkat telunjuknya. 

Pemain yang terlambat mengangkat telunjuk dan tertangkap oleh telapak tangan yang tertutup dinyatakan kalah dan harus menjadi kucing.Berikut lirik dari cingciripit:

Nyanyian Cingciripit

Cingciripit tulang bajing kacapit

Kacapit ku bulu pare

Bulu pare seuseukeutna

Jol Pak Dalang

Mawa wayang

Jrek jrek nong

Jrek jrek nong

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Negara Honduras, Surga Dunia bagi Pengamat Burung

4. Permainan Tradisional: Oray-orayan

Oray-orayan adalah jenis permainan yang bernuansa ceria karena memadukan unsur gerak dan suara. Permainan Tradisional oray-orayan dimainkan dengan jumlah pemain yang sangat banyak, karena makin banyak tambah seru. 

Oray dalam bahasa Indonesia adalah 'ular'. Oray-orayan akan dimainkan dengan bentuk pemain yang berbaris menyerupai tubuh ular yang panjang. Dua pemain bertugas sebagai gerbang yang saling berpegangan tangan. 

Masing-masing gerbang tersebut berperan sebagai bulan dan bintang yang posisinya dirahasiakan. Sisa pemain lainnya berbaris panjang kemudian barisan pemain harus melewati gerbang terus-menerus sambil menyanyikan lagu bertajuk Oray-orayan.

Pada akhir lagu, dua pemain yang bertindak sebagai gerbang akan menurunkan tangan untuk menangkap satu pemain dalam barisan. Lalu pemain tersebut diminta memilih bulan atau bintang sebelum akhirnya berbaris di belakang pilihannya.

Jika barisan pemain sudah habis, kubu bulan dan bintang akan adu kekuatan dengan cara saling menarik tangan menyerupai permainan tarik tambang.

Nyanyian Oray-orayan

Lagu oray-orayan berbunyi:

'Oray-orayan luar leor mapay sawah

Tong ka sawah pare na keur sedeng beukah'

5. Permainan Tradisional: Congklak

Congklak merupakan Permainan Tradisional sederhana yang hanya dapat dimainkan oleh dua orang. Permainan ini menggunakan alat seperti papan yang biasanya terbuat dari plastik, tanah, mapun kayu.

Papan dibentuk dengan 7×2 lubang sejajar, serta masing-masing satu lubang lebih besar di tiap ujung sisi. Pemain harus mengisi lubang-lubang tersebut menggunakan biji congklak yang biasanya sudah disediakan satu paket dengan papannya. 

Permainan akan berakhir saat lubang kecil kosong dan akan dihitung perolehan biji congklak pada lubang besar. Jumlah biji congklak yang paling banyak adalah pemenangnya.

6. Permainan Tradisional: Ucang-ucang Anggé

Permainan Tradisional Ucang-ucang Anggé biasanya dilakukan oleh orangtua saat mengasuh anaknya, terutama anak batita atau balita. Ucang-ucang angge sangat mudah dilakukan, yaitu orang tua duduk dengan kaki yang menggantung dan diluruskan.

Kemudian, anak duduk di punggung kaki dan diayunkan perlahan ke atas dan ke bawah sambil menyanyikan:

Nyanyian Ucang-ucang Anggé

Ucang-ucang anggé, mulung muncang sa paranggé,

Di Udag ku anjing gedé, anjing gedé nu ki lebé,

Ari gog..gog cungunguuung

Baca Juga: Info Lowongan Kerja Jabodetabek Lulusan D3, Simak Persyaratannya

7. Permainan Tradisional: Paciwit-ciwit Lutung

Permainan Tradisional yang terakhir adalah paciwit-ciwit lutung.  Jenis permainan tradisional tergolong cukup unik, karena mengharuskan pemainnya saling mencubit punggung tangan, hingga tangan para pemain tersusun ke atas.

Sambil menyusun tangan ke atas, Permainan Tradisional selalu diiringi nyanyian khas. Adapun nyanyian paciwit-ciwit lutung yaitu:

Nyanyian Paciwit-ciwit Lutung

Paciwit-ciwit lutung

Si lutung pindah ka luhur

Paciwit-ciwit lutung

Si lutung pindah ka tung tung

Itulah tujuh Permainan Tradisional sunda yang bisa kamu mainkan dengan keluarga atau dengan teman-teman seusia mu. Permainan tradisional sunda bisa dijadikan momentum bonding silaturahmi karena tidak menggunakan gawai sama sekali.

Sumber : The Asiant Parent

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)