28 Mitos yang Populer dan Dipercaya Masyarakat Indonesia, Beberapa Cukup Mengerikan

Senin 20 Februari 2023, 18:45 WIB
Ilustrasi. Ada banyak mitos yang populer di Indonesia hingga masih banyak yang mempercayainya sampai saat ini | Foto: Pixabay/Iniriske

Ilustrasi. Ada banyak mitos yang populer di Indonesia hingga masih banyak yang mempercayainya sampai saat ini | Foto: Pixabay/Iniriske

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Indonesia dikenal sangat percaya dengan yang namanya mitos. Makan tak heran jika di Indonesia ada banyak sekali mitos yang berkembang.

Setiap daerah di Indonesia diketahui memiliki mitosnya masing-masing yang diturunkan dari orang tua terdahulu kepada anak-anaknya.

Mitos sendiri bisa diartikan sebagai kepercayaan yang terjadi turun temurun dari zaman dahulu yang berkaitan dengan sejarah yang terjadi sebelumnya dan merupakan represi dari alam bawah sadar.

Mitos lebih sering berhubungan dengan makhluk gaib atau fenomena alam, dan mitos sendiri sebenarnya belum tentu fakta.

Baca Juga: Ada Mitos di Balik Munculnya Halo Matahari, Fenomena Langka di Langit Sukabumi

Terlebih bagi anak kecil cerita-cerita itu sering kali dilontarkan oleh orang tuanya dan teman sebaya hingga akhirnya tertanam hingga dewasa.

Mitos-mitos yang beredar tersebut tidak diketahui asalnya dari mana, dan tiba-tiba saja hadir menjadi cerita yang terkenal di masyarakat.

Seperti didaerah Sunda ada mitos mengenai jangan duduk di depan pintu karena bisa menyebabkan susah jodoh. Atau mitos tidak boleh bernyanyi di dalam kamar mandi karena bisa menjadikan pelakunya bisa terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Dan masih banyak lagi mitos-mitos yang berkembang di masyarakat. Dilansir dari Akurat.co yang merujuk berbagai sumber, Senin (20/2/2023), berikut mitos-mitos yang populer di Indonesia dan masih dipercaya oleh sebagian orang hingga saat ini.

Baca Juga: Pantai Karanghawu Sukabumi, Tempat Indah Sarat Cerita Mitos

1. Kupu-kupu masuk rumah akan ada tamu

Mitos ini percaya bahwa ada kupu-kupu yang masuk ke rumah dan berkeliling maka akan kedatangan tamu secara tiba-tiba yang berasal dari keluarga, kerabat, sahabat, orang terdekat atau tamu dari jauh.

2. Burung gagak di atas rumah pertanda bahaya

Mitos burung gagak terbang atau berputar-putar di atas rumah atau bertengger adalah pertanda buruk, yaitu menjadi tanda bahwa salah seorang penghuni rumah akan sakit parah atau bahkan meninggal dunia.

3. Ayam jantan berkokok di sore & malam hari

Mitos ayam yang berkokok di sore atau malam hari menandakan akan datang wabah penyakit, juga menandakan akan adanya pencurian atau perampokan.

4. Anak gadis duduk di depan pintu bisa susah jodoh

Anak gadis duduk di depan pintu juga merupakan mitos di Indonesia yang populer. Menurut kepercayaan orang Jawa jika ada anak gadis yang duduk di depan pintu akan susah mendapatkan jodoh.

Baca Juga: 3 Mitos Pantai Palabuhanratu Sukabumi, Kamar Hotel 308 hingga Larangan Baju Hijau

5. Bersiul di sore & malam Hari mengundang makhluk halus

Bersiul di sore dan malam hari dipercaya akan mengundang makhluk halus dan adanya gangguan mistis yang datang ke rumah.

6. Makan di depan rumah bisa sial

Konon katanya jika makan di depan rumah bisa mengurangi rezeki atau menyebabkan kesialan. Namun, memang makan di depan rumah memang merupakan aktivitas yang terbilang kurang sopan.

7. Menyapu tidak bersih

Menyapu tidak bersih adalah cerita mitos Indonesia yang sangat terkenal. Apabila nyapu tidak bersih maka akan mendapat calon suami yang brewokan.

8. Duduk di atas bantal akan bisulan

Menurut mitos yang ada, duduk di atas bantal akan menyebabkan bisul di bagian bokong.

Baca Juga: 13 Fakta Goa Kutamaneuh Sukabumi, Peristirahatan Prabu Siliwangi Sampai Johny Indo

9. Keluar saat maghrib bisa diculik makhluk halus

Saat Magrib tiba, budaya Jawa percaya bahwa makhluk halus tengah berkeliaran. Salah satu mitos yang cukup populer adalah keluar saat Maghrib tiba bisa menyebabkan penculikan oleh wewe gombel, terutama untuk anak-anak.

Mitos ini sebenarnya baik untuk mengingatkan anak-anak main tidak sampai larut malam. Karena rasa ketakutannya, maka mereka akan pulang sebelum maghrib.

10. Tidak Boleh pakai baju hijau di Pantai Selatan

Mitos lainnya yang terkenal adalah memakai baju hijau di pantai selatan. Jika ada yang memakai baju hijau di pantai selatan bisa hilang dibawa oleh Nyi Roro Kidul.

11. Mitos tentang rumah tusuk sate

Mitos rumah tusuk sate sangatlah terkenal dan masih dipercaya hingga saat ini. Konon, rumah tusuk sate dapat membawa sial. Ini akan membawa aura negatif seperti hawa panas terus menerus.

Baca Juga: 11 Fakta Apun Gencay, Gadis Cantik Sukabumi dalam Kisah Asmara Pejabat Dimasanya

Banyak yang mengatakan akan sering terjadi pertengkaran antar anggota keluarga lain yang bertempat tinggal di rumah tusuk sate. Hal ini berakibat pada hubungan keluarga yang akan merenggang.

12. Jangan bangun siang

Mitos di Indonesia percaya bahwa jika kita bangun siang maka rezeki bisa dipatok ayam.

13. Jangan mandi malam hari

Mandi malam hari adalah hal yang tidak baik. Selain bisa menyebabkan rematik, tetapi bisa mengundang makhluk halus. Mitos ini juga baik untuk menjaga kesehatan dan tetap menjadi mitos yang terus berkembang.

14. Makan buah dengan biji

Anak kecil seringkali diberikan mitos jika makan buah dengan bijinya dipercaya bisa tumbuh di kepala dan dalam tubuh.

Baca Juga: Raden Kian Santang, Penunggu Curug Meong di Wisata Alam Cikaso Sukabumi

15. Jangan menyisakan nasi saat makan

Mitos ini sangat terkenal bagi anak kecil, jika makan menyisakan nasi saat makan, maka nasi tersebut akan menangis.

16. Ibu hamil wajib membawa gunting

Jin dan makhluk halus suka mengganggu ibu hamil dan gunting dipercaya sebagai penolak bala. Maka dari itu ibu hamil wajib membawa gunting.

17. Menyapu malam hari

Mitos di Indonesia lainnya adalah menyapu di malam hari bisa menyebabkan rezeki menghilang.

18. Mitos soal gigi copot

Jika gigi bawah copot, maka seseorang harus melemparkannya ke atas genteng dan apabila yang copot gigi bagian atas harus melemparnya atau menguburnya ke tanah. Konon katanya agar gigi tersebut bisa tumbuh kembali.

Baca Juga: Wisata Curug di Sukabumi, Cikaso Jadi Tempat Bersemayam Prabu Siliwangi?

19. Buka payung dalam rumah

Mitos berikutnya adalah membuka payung di dalam rumah bisa membuat rumah disambar petir. Hal ini tentu saja hanya mitos karena tidak masalah membuka payung di dalam rumah. Terutama ketika kamu habis menempuh hujan deras di luar dengan payung itu.

Saat tiba di rumah, kamu biasanya akan membuka payung agar cepat kering. Payung yang dibuka itu memenuhi tempat, jadi sebaiknya disimpan dengan cara dilipat ketika tidak digunakan.

20. Bulu mata jatuh

Jika terdapat salah satu bulu mata jatuh dan menempel ke wajah, itu artinya ada seseorang yang merindukan. Mitosnya, bulu mata itu harus ditepuk-tepuk dengan tangan secara bergantian atas dan bawah sambil melafalkan huruf. Jika bulu mata itu hilang saat melafalkan suatu huruf, maka ada seseorang pada huruf tersebut yang tengah rindu.

Mitos di Indonesia yang satu ini dulu sering dimainkan oleh anak-anak atau remaja yang baru mengenal cinta. Kalau huruf yang keluar sesuai dengan huruf awal nama doinya, biasanya jadi semakin menggila.

Baca Juga: Goa Putih di Cicantayan, Destinasi Wisata Alam Sakral yang Belum Tersentuh Perhatian

21. Memakai baju terbalik

Memakai baju terbalik tanpa sengaja bisa mengundang rezeki, namun jika sengaja melakukannya maka akan ada suatu musibah keluarga.

22. Memiliki pensil sebesar kelilingking

Ketika masih sekolah, ada mitos yang menyebutkan menyerut pensil sampai seukuran kelingking, maka orang tua akan meninggal.

23. Mengantongi batu

Jika sedang kebelet ingin buang air besar, maka mengantongi batu katanya akan menahan rasa kebelet tersebut dan menghilangkan rasa ingin BAB dalam sementara waktu.

24. Kejatuhan cicak

Mitos kejatuhan cicak akan mengalami nasib sial di kemudian hari.

25. Gerhana bulan

Mitos gerhana bulan ada di berbagai negara termasuk Indonesia. Konon, mitos gerhana bulan adalah pertanda datangnya Batara Kala.

26. Kucing hitam

Kucing hitam di Indonesia dianggap sebagai pertanda mistis. Salah satu mitos kucing hitam di Indonesia yang terkenal adalah jika ada mayat yang dilangkahi oleh kucing hitam, maka mayat tersebut akan bangkit lagi dan dikuasai oleh roh jahat yang dibawa kucing hitam tersebut.

27. Makan di kasur

Mitos lainnya adalah kalau sering makan di kasur, akan mendapatkan jodoh yang malas. Terlepas dari mitos, sebenarnya larangan tersebut baik dilakukan, karena makan di kasur tidak baik bisa mengotori kasur dan mengganggu tidur.

28. Membuang air panas yang mendidih di selokan

Jika membuang air panas di pembuangan air akan memperoleh nasib sial atau akan membangungkan jin-jin yang bersemayam di saluran air.

Untuk itu, katanya jangan membuang air di selokan saat masih panas. Lebih baik dicampur air biasa terlebih dahulu agar menjadi dingin.

Mitos-mitos di Indonesia di atas belum terbukti kebenarannya, jadi kamu boleh saja percaya dan tidak percaya. Namun tidak semua mitos-mitos itu buruk, karena ada beberapa yang ternyata bisa menjadi peringatan untuk tidak melakukan hal-hal tidak baik.

Itulah deretan mitos di Indonesia paling populer dan masih dipercaya oleh sebagian orang hingga saat ini.

Sumber: Akurat.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)
Sukabumi24 April 2024, 10:22 WIB

Isi BBM Lalu Muncul Api, Kronologi Kebakaran Angkot di SPBU Gedongpanjang Sukabumi

Mulyana kemudian melihat api dan tak lama api langsung menyambar celananya.
Tangkapan layar video kebakaran angkot di SPBU Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2024). | Foto: Istimewa/Facebook Dedi Suhendra