Umat Muslim Harus Tahu! Ini 4 Macam Puasa Wajib dalam Islam yang Harus Dilakukan

Kamis 09 Februari 2023, 05:00 WIB
Ilustrasi puasa - Umat Muslim Harus Tahu! Ini 4 Macam Puasa Wajib dalam Islam yang Harus Dilakukan. | (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi puasa - Umat Muslim Harus Tahu! Ini 4 Macam Puasa Wajib dalam Islam yang Harus Dilakukan. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Puasa merupakan rukun Islam yang ketiga dan berpuasa adalah salah satu ibadah yang paling disukai oleh Allah SWT. Puasa adalah proses menahan hawa nafsu tanpa makan dan minum dari matahari terbit sampai tenggelam.

Meski begitu, dalam ajaran agama Islam sendiri puasa tidak semuanya wajib, ada juga puasa sunnah yang dikerjakan mendapat pahala dan tidak dikerjakan tak akan mendapat dosa.

Puasa sebenarnya dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental tubuh. Dengan berpuasa seseorang dapat mendetoksifikasi tubuhnya dan dapat mengontrol nafsu hingga memperkuat imannya.

Baca Juga: Jadwal Bali United vs Persib Bandung di Liga 1, Kabar Baik dari Ezra Walian

4 macam puasa yang diwajibkan dalam Islam akan dijelaskan berikut ini, bahkan, saking wajibnya jika seseorang dengan sengaja atau tanpa sengaja meninggalkan puasa tersebut, konsekuensinya akan mendapat ganjaran dosa yang besar.

Karena kewajiban ini juga sudah dijelaskan dalam ayat suci al-qur’an, surat al-baqarah, ayat: 183, yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Mengutip Akurat.co, berikut ini 4 puasa yang wajib dijalankan dalam Islam:

Puasa Nazar

Puasa nazar adalah puasa yang dilakukan karena kita sudah berjanji dan puasa ini dilakukan satu hari maupun satu bulan. Dan janji ini adalah sebuah ikatan antara hamba dan tuhannya, maka dari itu wajib bagi seseorang untuk melakukan puasa ini. Agar tidak bingung kitab isa lihat contoh berikut:

Ada seorang anak yang ingin lulus dan ingin mendapatkan nilai bagus, karena dia ingin mendapatkan nilai yang bagus maka, seorang anak itu melakukan niat dalam hati sambal berucap “jika saya lulus dan mendapatkan nilai yang bagus maka saya akan puasa nazar”.

Baca Juga: Mengenal Childfree yang Heboh Dibicarakan Karena Komentar Gitasav

Allah subhana wata’ala juga berfirman dalam surat Maryam ayat 26 untuk menegaskan bagi orang-orang yang berjanji kepadanya (Allah). Bunyi ayat tersebut adalah:

فَكُلِيْ وَاشْرَبِيْ وَقَرِّيْ عَيْنًا ۚفَاِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ اَحَدًاۙ فَقُوْلِيْٓ اِنِّيْ نَذَرْتُ لِلرَّحْمٰنِ صَوْمًا فَلَنْ اُكَلِّمَ الْيَوْمَ اِنْسِيًّا

Artinya: “Makan, minum, dan bersukacitalah engkau. Jika engkau melihat seseorang, katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernazar puasa (bicara) untuk Tuhan Yang Maha Pengasih. Oleh karena itu, aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini.”

Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah puasa yang dikerjakan pada bulan Ramadhan dengan durasi waktu satu bulan penuh.

Puasa kifarat

Tak hanya puasa wajib Ramadhan yang dijelaskan dalam Islam, salah satu puasa yang wajib dilakukan adalah puasa kifarat. Puasa ini dikerjakan atas dasar karena telah melanggar aturan dan ketentuan syariat islam. untuk lebih jelasnya ayo kita simak guys ayat berikut:

فَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ مِنْ قَبْلِ اَنْ يَّتَمَاۤسَّاۗ فَمَنْ لَّمْ يَسْتَطِعْ فَاِطْعَامُ سِتِّيْنَ مِسْكِيْنًاۗ ذٰلِكَ لِتُؤْمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖۗ وَتِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ ۗوَلِلْكٰفِرِيْنَ عَذَابٌ اَلِيْمٌ

Artinya: Siapa yang tidak mendapatkan (hamba sahaya) wajib berpuasa dua bulan berturut-turut sebelum keduanya berhubungan badan. Akan tetapi, siapa yang tidak mampu, (wajib) memberi makan enam puluh orang miskin. Demikianlah agar kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Itulah ketentuan-ketentuan Allah. Orang-orang kafir mendapat azab yang pedih. (QS: Al-mujadillah ayat: 4)

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Set Top Box dan Android TV Box

Puasa qadha Ramadhan

Puasa qadha Ramadhan jika kita lihat dari segi bahasa adalah puasa yang wajib kita kerjakan atas dasar melunasi, membayar dan mengganti puasa yang kurang pada bulan Ramadhan.

Seperti yang tertera dalam ayat suci Al-Quran sebagai berikut:

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗوَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗوَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: (Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka, siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, itu lebih baik baginya dan berpuasa itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.(QS: Al-baqarah:184).

Wallahu A'lam.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 16:00 WIB

Sikapnya Beda Bund! Kenali 10 Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder

Jika Ayah Bunda menduga bahwa anak mungkin mengalami Anxiety Disorder, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder, Sikapnya Beda. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi28 Maret 2024, 15:55 WIB

Apresiasi Pengesahan UU Desa, Apdesi Sukabumi Siap Kawal Pembentukan Regulasi Turunannya

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC Apdesi) Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPR dan Pemerintah.
Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Sehat28 Maret 2024, 15:39 WIB

Air Rebusan vs Air Galon untuk Minum Lebih Sehat Mana? Simak Penjelasannya!

Updaters harus mengetahui plus minus meminum air rebusan dan air galon agar tidak salah memilih untuk konsumsi rumah tangga.
Ilustrasi. Air minum. Perbedaan air rebusan dan air galon. Sumber foto : Pixabay/Pexels
Sehat28 Maret 2024, 15:30 WIB

5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah

Berikut ini berbagai infused water yang bisa membantu mengatasi serangan asam urat
Ilustrasi - 5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah (Sumber : Freepik/picoftasty)
Keuangan28 Maret 2024, 15:15 WIB

Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil?

Warganet ramai membahas pajak penghasilan (PPh) pasal 21 dengan skema terbaru khususnya yang diterapkan pada bulan diterimanya THR 2024
Ilustrasi - Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil? (Sumber : Freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)
Sehat28 Maret 2024, 14:51 WIB

Kolang-kaling Bisa Bikin Awet Muda? Ini 7 Manfaat Caruluk untuk Kesehatan!

Kolang Kaling atau buah Atap, juga disebut Caruluk oleh orang Sunda Sukabumi. Caruluk seringkali memang dijadikan penganan manis, terutama saat bulan puasa. Padahal, Kolang Kaling penuh manfaat jika dikonsumsi sehari-hari hingga mencegah penuaan dini.
Manfaat buah Kolang Kaling untuk kesehatan tubuh. Sumber foto : YouTube / Galeri Rasa Channel
Life28 Maret 2024, 14:34 WIB

5 Alasan Posisi Tidur Telentang Bikin Awet Muda Menurut Kesehatan

Posisi tidur dengan gaya telentang bisa membuat awet muda pada wajah. Maka dari itu, yuk coba membiasakan diri tidur dengan posisi telentang.
Ilustrasi. Posisi tidur telentang bikin awet muda. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat28 Maret 2024, 14:30 WIB

Baik Untuk Penderita Hipertensi, 7 Air Rebusan Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

Berikut ini berbagai air rebusan yang dinilai bisa membantu menurunkan tekanan darah sehingga baik untuk penderita hipertensi
Ilustrasi - Baik Untuk Penderita Hipertensi, 7 Air Rebusan Ini Bisa Bantu  Turunkan Tekanan Darah (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Food & Travel28 Maret 2024, 14:23 WIB

Manis dan Segar Banget! Intip Resep Es Kolang Kaling Cocopandan Untuk Takjil Puasa Ini

Kolang Kaling merupakan salah satu buah yang sering jadi olahan takjil puasa. Contohnya seperti resep Es Kolang Kaling Cocopandan ini.
Resep minuman manis dan segar, Es Kolang Kaling Cocopandan | Foto :  YouTube / Frisian Flag Indonesia