Apakah Hari Valentine 2023 Libur Tanggal Merah? Cek Informasinya Disini

Kamis 02 Februari 2023, 10:15 WIB
Ilustrasi. Perayaan Hari Valentine 2023 dengan Pasangan (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Perayaan Hari Valentine 2023 dengan Pasangan (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Valentine day atau hari kasih sayang kerap dirayakan oleh semua kalangan untuk mengungkapkan rasa sayang mereka kepada orang terdekat baik dengan memberikan coklat, bunga atau hal lainnya.

Hari Valentine jatuh di tanggal 14 Februari 2023 mendatang atau jika dihitung sekitar 12 hari lagi dari sekarang, Kamis (2/2/2023). Lantas, apakah hari valentine 2023 libur tanggal merah? Simak Informasinya berikut ini!

Daftar tanggal merah Februari 2023 telah tertuang di dalam SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023. Berdasarkan SKB 3 Menteri yang telah ditandatangani Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas, tanggal merah Februari 2023 hanya ada satu, seperti dikutip dari suara.com.

Baca Juga: Kapan Tanggal Merah Februari 2023? Yuk, Simak Daftar Hari Libur Nasional Lengkap

Apakah Hari Velentine 2023 Libur Tanggal Merah?

Jawabannya tentu mengacu pada jadwal libur tanggal merah di bulan Februari 2023. Yakni hanya ada satu, yaitu tanggal 18 Februari 2023 sebagai perayaan Isra Miraj. Namun, mengingat tanggal merah 18 Februari 2023 jatuh pada hari Sabtu sebagai perayaan Isra Mi'raj, maka hari libur ini tidak terlalu berpengaruh pada liburan pekerja kantor yang aktif 5 hari kerja.

Lain halnya bagi para karyawan yang bekerja 6 hari dalam seminggu, maka mereka bisa memanfaatkan hari libur ini untuk beristirahat.

Sebagai tambahan informasi, Isra Miraj adalah peristiwa tentang perjalanan suci Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Kejadian ini sangat penting bagi umat muslim karena termasuk Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah untuk melaksanakan ibadah sholat lima waktu. Peristiwa ini juga menjadi titik balik kebangkitan dakwah Rasulullah SAW.

Baca Juga: Hukum Memberikan Coklat di Hari Valentine 2023 Menurut Islam, Simak Penjelasannya

Karena hanya ada satu tanggal merah di bulan Februari 2023, jadi sudah jelas bahwa hari valentine 2023 bukan tanggal merah karena bukan termasuk hari libur nasional. Hari Valentine 2023 jatuh pada hari Selasa, tanggal 14 Februari 2023. Perayaan Hari Kasih Sayang ini memang selalu diperingati setiap tanggal 14 Februari setiap tahunnya.

Sejarah Singkat Perayaan Hari Valentine

Hari perwujudan kasih sayang ini ternyata menyimpan sejarah kelam yang masih menjadi misteri hingga saat ini. Mengutip laman The New York Times, asal usul perayaan Hari Valentine didasarkan pada kombinasi dua pria. Pasalnya, ada dua nama Valentine yang dieksekusi pada tanggal 14 Februari (meskipun di tahun yang berbeda) oleh Kaisar Claudius II.

Diyakini bahwa Gereja Katolik mungkin telah menetapkan Hari St Valentine pada tanggal 14 Februari untuk menghormati orang-orang ini, yang mereka yakini sebagai martir. Terlebih lagi, salah satu dari orang-orang ini, Santo Valentine dari Terni, secara diam-diam telah meresmikan pernikahan untuk tentara Romawi yang bertentangan dengan keinginan kaisar pada masa itu.

Baca Juga: Link Pengumuman Seleksi PPPK Guru 2023, Cek Panduan DRH hingga Jadwalnya

Sementara itu, kisah lainnya melibatkan praktik menulis surat cinta untuk Valentine Anda. Dikatakan bahwa St Valentine menulis salam "valentine" pertama untuk seorang gadis muda yang diajarnya dan jatuh cinta dengannya saat ia dipenjara karena kejahatan yang diuraikan di atas. Hingga sebelum kematiannya, ia menulis surat yang ditandatanganinya "Dari Valentine Anda," yang tetap menjadi frasa yang umum digunakan hingga hari ini.

Sementara itu, yang lain percaya bahwa Hari Valentine pada 14 Februari sebenarnya ditetapkan oleh Paus Gelasius I untuk menggantikan festival Romawi kuno Lupercalia, yakni perayaan kesuburan untuk dewa pertanian Romawi serta pendiri Romawi Romulus dan Remus.

Pada pertengahan 1800-an Hari Valentine pada 14 Februari menjadi lebih dikomersialkan, di mana pada 1850 Esther Howland (putri pemilik toko alat tulis di Worcester, Massachusetts) mulai memproduksi kartu ucapan Valentine dengan puisi, bunga mawar, dan lainnya yang saat ini diasosiasikan secara universal.

Demikianlah ulasan singkat seputar hari valentine, dan penjelasan bahwa hari valentine 2023 tidak libur karena bukan merupakan tanggal merah.

Sumber: Suara.com/Rishna Maulina Pratama

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel23 Juni 2024, 08:00 WIB

8 Pilihan Minuman Terbaik untuk Menyembuhkan Asam Urat Alami Tanpa Obat

Berikut sederet pilihan minuman ideal bagi penderita asam urat, antara lain perbanyak minum air putih, kopi, susu rendah lemak, wine, dan teh hijau.
Air Lemon. Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Menyembuhkan Asam Urat Alami Tanpa Obat | Foto: Pixabay/PhotoMIX-Company
Food & Travel23 Juni 2024, 07:00 WIB

Resep Ayam Katsu Simpel, Pakai Daging Paha Fillet Lebih Enak!

Inilah Resep Membuat Ayam Katsu Simpel, Coba Pakai Daging Paha Fillet Agar Rasanya Lebih Enak!
Resep Membuat Ayam Katsu Simpel, Pakai Daging Paha Fillet Lebih Enak! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science23 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juni 2024, Sukabumi Cerah Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Rabu 29 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Rabu 23 Juni 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi22 Juni 2024, 22:37 WIB

Menteri LHK Bicara Soal Potensi Olahraga Trail Running di Cidahu Sukabumi

Menteri meminta Dirjen bersama para trail runner mengeksplorasi kawasan TNGHS.
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di acara Elang Jawa Trail Run di kawasan TNGHS, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (22/6/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sukabumi22 Juni 2024, 22:08 WIB

Terkubur! Penemuan Mayat Bayi Berhanduk Merah di Cidahu Sukabumi

Mayat bayi dibawa ke Rumah Sakit Kramat Jati Jakarta untuk diautopsi.
Mayat bayi yang ditemukan di tempat wisata Curug Dua Undak, tepatnya di Kampung Ciherang RT 04/02 Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (22/6/2024). | Foto: Istimewa
Bola22 Juni 2024, 21:44 WIB

Tim Sepak Bola U-14 Kabupaten Sukabumi Raih Kemenangan Pertama di Kejurda

Kemenangan ini adalah modal dan semangat untuk pertandingan berikutnya.
Tim sepak bola U-14 Kabupaten Sukabumi di Stadion Wiradadaha Tasikmalaya pada Sabtu (22/6/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Juni 2024, 21:17 WIB

Semarakkan Idul Adha 1445 H, Srikandi PLN Sukabumi Tebar Berkah Daging Kurban

Kegiatan tebar berkah daging ini merupakan wujud nyata kepedulian PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukabumi dan Srikandi PLN Sukabumi.
Srikandi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukabumi menebar berkah daging kurban kepada masyarakat. | Foto: PLN
Film22 Juni 2024, 21:00 WIB

Ada Permainan Mematikan, Berikut 11 Rekomendasi Drakor Anak SMA Non Romance

Drama korea bisa menjadi tontonan yang diminati banyak kalangan karena memiliki cerita menarik serta genre berbeda, sehingga bisa dinikmati oleh orang-orang. Salah satu genre paling disukai adalah kehidupan anak SMA.
Ada Permainan Mematikan, Berikut 11 Rekomendasi Drakor Anak SMA Non Romance (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi22 Juni 2024, 20:00 WIB

Tak Cukup Bukti Akibat Imunisasi, Penyebab Kematian Bayi di Sukabumi Masih Dikaji

Wita membantah bidan atau dokter yang melakukan imunisasi masih masa training.
Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Sukabumi drg Wita Darmawanti (kerudung biru) ketika mengikuti Zoom meeting dengan Komnas KIPI di Balai Kota Sukabumi pada Kamis, 20 Juni 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Musik22 Juni 2024, 20:00 WIB

Konser Dua Hari, Berikut Lagu yang Akan Dibawakan TREASURE di RELAY REBOOT TOUR

Boygrup TREASURE akan segera mendatangi Indonesia dengan menggelar konser bertajuk TREASURE RELAY REBOOT TOUR, di Indonesia GBK Senayan, Jakarta, selama dua hari.
Konser Dua Hari, Berikut Lagu yang Akan Dibawakan TREASURE di RELAY REBOOT TOUR (Sumber : instagram @/Yg_treasure_official)