TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Insecure: Jenis-jenis, Penyebab dan Tips Mengatasinya

Insecure merupakan perasaan tidak enak atau tidak nyaman yang terjadi pada seseorang. Insecure biasanya memunculkan rasa gelisah, tidak mampu atau tidak percaya diri.

Penulis
Selasa 6 Des 2022, 21:00 WIB

Ilustrasi Insecure. | Foto: Freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Insecure merupakan perasaan tidak enak atau tidak nyaman yang terjadi pada seseorang. Insecure biasanya memunculkan rasa gelisah, tidak mampu atau tidak percaya diri.

Selain mengenal apa itu insecure, perlu juga mengetahui jeni, penyebab dan cara mengatasi dari insecure itu sendiri.

Dikutip dari Tempo.co, rasa tidak aman alias insecure tidak muncul begitu saja. Berikut beberapa hal yang menyebabkan munculnya insecure.

Takut ditolak dan gagal

Rasa tidak aman bisa terjadi karena perasaan takut gagal dan ditolak. Padahal, risiko kegagalan dan ditolak bisa dirasakan siapa saja. Karena itu, kita harus bisa berdamai dengan kegagalan dan penolakan agar tidak muncul rasa insecure.

Perfeksionis

Sifat perfeksionis atau rasa ingin selalu sempurna juga bisa memunculkan rasa tidak aman atau insecure. Selalu ingin sempurna bisa memicu rasa kecewa saat hal yang diinginkan tidak terjaadi. Hal tersebut yang membuat kita sering khawatir dan merasa tidak aman.

Rasa tidak percaya diri

Penyebab berikut yaitu rasa tidak percaya diri. Perasaan ini biasanya muncul karena rasa cemas dan takut atas penilaian buruk seseorang. Bagi sebagian orang, perasaan ini seringkali muncul saat berada di keramaian. Itulah yang mengakibatkan seseorang bisa merasa tak aman.

Pola asuh yang keliru

Insecure juga bisa diakibatkan pola asuh orang tua yang kurang tepat. Orang tua yang terlalu keras, lalai, bahkan kasar akan membentuk sifat anak yang mudah insecure.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x