bankbjb

Masih Banyak Gempa Susulan, 6 Barang Wajib dalam Tas Darurat Siaga Bencana

Berkaitan dengan upaya penyelamatan diri, penting mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat kondisi darurat.

Fitriansyah
Penulis
Jumat 25 Nov 2022, 13:36 WIB
Masih Banyak Gempa Susulan, 6 Barang Wajib dalam Tas Darurat Siaga Bencana

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa Bumi yang meluluh lantakan Kabupaten Cianjur, termasuk beberapa daerah di Sukabumi, masih membuat panik hingga saat ini. Tingginya intensitas gempa gempa susulan yang terus menerus terjadi pasca gempa utama Senin (21/11/2022) lalu, bikin warga khususnya para penyintas bencana tak pernah tidur tenang.

Bencana alam seperti gempa ini sulit dipastikan kapan akan terjadi, masyarakat dituntut siap dalam keadaan apapun untuk menyelamatkan diri. Berkaitan dengan upaya penyelamatan diri, penting mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat kondisi darurat.

Selain mitigasi atau cara menghindari reruntuhan, warga khususnya yang tinggal di zona rawan gempa dan bencana alam, diminta untuk selalu menyiapkan tas darurat.

Tas yang berisi barang kebutuhan darurat jika bencana terjadi. Mengutip dari Alodokter, berikut beberapa kategori barang yang harus ada dalam tas darurat siaga bencana!

Berikut adalah beberapa barang penting yang perlu dimasukkan ke dalam tas siaga bencana:

1. Sumber Pangan: Makanan dan Minuman untuk Survive

Barang pertama yang wajib ada dalam tas darurat siaga bencana adalah makanan. Makanan difungsikan sebagai sumber pangan agar dapat bertahan hidup pasca bencana gempa bumi terjadi.

Minimal, makanan yang tersedia adalah makanan siap saji atau siap santap untuk tiga hari ke depan sampai bantuan datang dan hindari jenis makanan pedas atau asin. Makanan tersebut akan membuat cepat haus padahal cadangan air di pengungsian terbatas.

Selain makanan, air minum juga menjadi sumber kehidupan untuk bertahan hidup pasca bencana melanda. Air yang disediakan dalam tas darurat siaga bencana minimal dapat mencukupi kebutuhan tiga hari ke depan, atau sebanyak tiga liter per orang.

Setiap sumber pangan pasti memiliki batas tanggal aman konsumsi atau kadaluarsa. Oleh sebab itu, tanggal kadaluarsa atau expire wajib dicek secara berkala atau diganti per tiga bulan.


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini