Bikin Perkembangan Anak Lebih Pesat, Ini Sisi Positif Orang Tua Bermain Bersama Anak

Minggu 20 November 2022, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bermain bersama anak masih menjadi cara terbaik untuk membangun tumbuh kembang si Kecil lebih pesat, baik dari segi fisik maupun emosional. Karena itu orang tua wajib meluangkan waktu untuk menemani anak bermain.

Dilansir dari Suara.com, hal tersebut diungkap Psikolog Marcelina Melisa, M.Psi, yang menyampaikan, jika penting bagi orang tua membangun waktu yang berkualitas dengan anak, untuk menghasilkan ikatan atau bonding lebih erat, meski sebenarnya hal ini sudah kta bangun sejak kelahirannya.

Bonding kata dia dapat menjadi dasar rasa percaya anak dengan lingkungan, sehingga dapat membangun keterampilan sosial yang baik bagi mereka. Selain itu, jadikan waktu berkualitas bersama anak sebagai momen eksplorasi minat dan bakatnya, terutama masih dalam usia periode emas mereka. 

"Anak-anak akan lebih semangat ketika didampingi atau berinteraksi dengan orang tua sebagai orang terdekat di hidupnya, sehingga orang tua menjadi lebih mudah mengajarkan nilai-nilai penting dalam kehidupan," jelas dia dalam acara bersama Early Learning Center beberapa waktu lalu.

Marcelina juga menambahkan, bermain merupakan cara efektif bagi anak-anak untuk belajar banyak hal baru, apalagi ditunjang dengan kehadiran permainan anak yang sesuai dengan usianya dan dibutuhkan oleh tahapan perkembangan dirinya. 

Nah, orangtua bisa menjadikan momen liburan akhir tahun kali ini untuk mendapatkan waktu berkualitas bersama anak, di mana mereka akan menghabiskan lebih banyak waktunya di rumah, selain sekolah atau kesibukkan lainnya. 

"Orangtua bisa mengajak anak-anak untuk berekreasi di luar rumah saat liburan, untuk menjadi penunjang dalam menghabiskan waktu yang berkualitas bersama anak," tambah dia.

Terpenting untuk diingat, orang tua merupakan sosok atau tokoh utama yang diidolakan anak-anaknya, sehingga para orang tua wajib mengenalkan hal-hal dasar yang positif, seperti bermain permainan yang sesuai usianya, sehingga dapat mengurangi keinginan anak mencoba hal lain di luar usianya.

Memasuki musim liburan akhir tahun, Early Learning Centre pun menghadirkan beragam permainan terkini yang disesuaikan terhadap umur perkembangan anak sedari lahir. Ada 50 ide hadiah permainan anak yang mendukung aktivitas antara orang tua dengan anak di waktu luang.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat13 Juni 2024, 08:00 WIB

8 Daging Jeroan Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Jangan Dimakan?

Jeroan mengandung kadar purin yang sangat tinggi. Purin adalah senyawa yang, ketika dipecah oleh tubuh, menghasilkan asam urat.
Ilustrasi. Contoh Daging Jeroan yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Jangan Dimakan? (Sumber : Freepik/@Racool_studio)
Life13 Juni 2024, 07:00 WIB

Lebih Percaya Diri, Ini 13 Ciri Anak Memiliki Mental Kuat Secara Psikologis!

Mental yang kuat secara psikologis sangat penting untuk perkembangan anak ke depannya dan membantu mereka menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih baik.
Ilustrasi Anak yang psikologisnya matang. (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)
Sukabumi13 Juni 2024, 06:26 WIB

Warga Tewas Tersambar Petir Di Ciemas Sukabumi, Alami Luka Di Wajah Seperti Terbakar

Pihak kepolisian mengatakan dari keterangan para saksi bahwa saat kejadian kondisi cuaca hujan gerimis disertai petir, diketahui korban sedang duduk diatas Bale - bale bambu sambil main Hp, diduga sedang teleponan
Kapolsek Ciemas saat mengunjungi ruma duka korban tewas tersambar petir di pantai Palangpang Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi13 Juni 2024, 06:02 WIB

2 Warga Tewas, Polisi Akan Selidiki Kasus Dugaan Keracunan Massal di Sagaranten Sukabumi

Kepolisian Resort Sukabumi akan melakukan penyelidikan terkait kasus keracunan massal yang menewaskan dua orang di Kampung Cimanggir, Desa Pasangrahan, Kecamatan Sagaranten.
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel13 Juni 2024, 06:00 WIB

8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan

Menu-menu yang ramah untuk penderita diabetes ini dirancang untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan energi yang tahan lama sepanjang hari.
Ilustrasi. 8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan (Sumber : Pexels/JennaHamra)
Science13 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 Juni 2024, Siang Hari Berpotensi Turun Hujan

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.
Ilustrasi.Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.  | Foto: Pixabay/adege
Sukabumi13 Juni 2024, 01:54 WIB

Korban Cabul Pensiunan BUMN di Sukabumi Bertambah Jadi 3 Orang Anak

Polisi mengabarkan bahwa korban pencabulan pria pensiunan BUMN di Sukabumi bertambah jadi tiga orang anak.
(Foto Ilustrasi) Tiga anak jadi korban cabul pria pensiunan BUMN di Sukabumi. | Foto: Pixabay
Sukabumi12 Juni 2024, 23:45 WIB

Diduga Bunuh Diri, IRT di Nyalindung Sukabumi Ditemukan Tergantung di Pohon Melinjo

Seorang ibu rumah tangga inisial ST (35 tahun) warga Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi ditemukan tewas tergantung di pohon Melinjo, Selasa (11/6/2024).
Proses evakuasi korban oleh petugas Kepolisian Polsek Nyalindung Mapolres Sukabumi pada Selasa (11/6/2024) | Foto Asep Awaludin
Sukabumi12 Juni 2024, 23:13 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM: Perumdam Tirta Jaya Mandiri Sukabumi Gelar Pelatihan

Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi menggelar Pelatihan Peningkatan Kinerja bagi Kepala Urusan Teknik dan Kepala Urusan Administrasi di Gedung Pertemuan Ibu Ratu, Jalan Garuda Baros, Sukabumi, pada Selasa, 11 Juni 2024
Pelantihan peningkatan SDM Perumdam Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi12 Juni 2024, 22:39 WIB

Tragedi Kedua Kecelakaan Kerja di Sukabumi, DPRD Tekankan Pentingnya Pengawasan K3

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar, menyoroti peran dan tanggungjawab Dinas Tenaga Kerja dan Pengawas Ketenagakerjaan
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi