KITA Sambut Langkah Presiden Jokowi Batalkan Aturan Izin Investasi Miras

Rabu 03 Maret 2021, 00:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) menyambut baik langkah Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang membatalkan Lampiran III Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang di dalamnya mengatur izin investasi miras.

Sikap itu dinilai sudah selaras dengan kehendak berbagai elemen bangsa seperti MUI, NU, Muhammadiyah dan tokoh-tokoh daerah serta lintas agama.

Ketua Umum KITA, KH Maman Imanulhaq mengapresiasi kebijakan Presiden Joko Widodo tersebut dan menilai bahwa mantan gubernur DKI Jakarta itu mendengar aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat.

Baca Juga :

Warga Kebanjiran, Bendum KITA Salurkan Bantuan untuk Pengungsi

"Pertama, KITA memberikan apresiasi yang besar kepada Presiden Joko Widodo atas kebijakannya membatalkan Lampiran III dalam Perpres No 10 Tahun 2021. Kedua, KITA komitmen mendukung pembangunan manusia Indonesia yang unggul dalam bidang iptek dan tentunya moral serta kearifan bangsa Indonesia," ujarnya dalam siaran pers yang diterima sukabumiupdate.com, Selasa (2/3/2021).

Kang Maman, begitu biasa ia disapa, berharap agar momentum ini menjadi pelajaran bagi pemerintah untuk tidak gegabah dalam mengeluarkan kebijakan, apalagi kebijakan yang dinilai sensitif. Untuk itu pemerintah perlu mengoptimalkan fungsi 'public hearing', mendengar pertimbangan-pertimbangan dari organisasi-organisasi kemasyarakatan sebelum mengeluarkan kebijakan.

photoSebagai ilustrasi: Sejumlah botol minuman keras yang diamankan dari salah satu rumah di Kampung Cikembang, Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Selasa (22/12/2020). - (Istimewa)

Dalam soal investasi miras ini, KITA dari awal menolak pemerintah memberikan izin atau kelonggaran terhadap investasi miras. Menurut Kang Maman yang juga Pengasuh Ponpes Al Mizan Jatiwangi ini, di tengah dekadensi moral bangsa, serbuan investasi industri miras diyakininya bakal menambah kerusakan moral generasi muda Indonesia.

"Memang bila ada investasi industri miras, negara juga untung dari sisi ekonomi. Namun keuntungan ekonominya tidak akan mampu membayar kerusakan moral yang ditimbulkan akibat dari serbuan miras," kata Kang Maman menambahkan.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Entertainment18 Juli 2024, 14:30 WIB

Sukses Foto Selfie Seminggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun

Sukses melaksanakan challenge foto selfie selama satu minggu karena teaser film Heartbreak Motel tembus 100.000 ribu viewers, artis Laura Basuki mengaku ingin rehat satu tahun untuk berselfie.
Sukses Foto Selfie Satu Minggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun (Sumber : X@/LauraBas)
Sukabumi18 Juli 2024, 14:11 WIB

Sambut HCS 2024, Disperkim Sukabumi Percantik Taman-taman di Palabuhanratu

Menjelang pelaksanaan Healthy Cities Summit (HCS) 2024 yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi terus melakukan berbagai persiapan
Taman Bappeda di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Internasional18 Juli 2024, 14:00 WIB

Tuai Kecaman! Perancis Larang Atlet Wanita Muslim Mereka Pakai Hijab di Olimpiade Paris 2024

Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024.
Ilustrasi - Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Nasional18 Juli 2024, 13:47 WIB

Forum Zakat Ungkapkan Tiga Tantangan Besar Tata Kelola Zakat di Indonesia

Ketua Forum Zakat yakni Bambang Suherman mengatakan, ada tiga tantangan besar sebagai lembaga zakat yang harus dikelola dengan sungguh-sungguh.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Ketua Zakat Nasional, Bambang Suherman. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:36 WIB

BPBD Kota Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Lansia 90 Tahun Korban Kebakaran

Bantuan langsung diserahkan kepada korban setelah peristiwa kebakaran terjadi.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana kebakaran di Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:31 WIB

Hati-hati Goweser, Maling Bermobil Angkut Sepeda Warga Sukabumi Saat di Masjid

i Sukabumi sepeda MTB (mountain bike) milik warga Kalapanunggal raib digondol maling bermobil, Kamis subuh (18/7/2024).
Maling sepeda di Kalapanunggal Sukabumi (Sumber: CCTV)
Entertainment18 Juli 2024, 13:30 WIB

Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil

Usai menggugat cerai, artis Kimberly Ryder kini melaporkan suaminya Edward Akbar ke Polres Metro Jakarta Selatan terkait adanya dugaan penggelapan mobil.
Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil (Sumber : Instagram@/kimbrlyryder)
Sukabumi18 Juli 2024, 13:22 WIB

Wabup Kunjungi Kemenkes RI untuk Persiapan Healthy City Summit 2024 di Sukabumi

Kunjungan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dengan tujuan utama mengekspos persiapan penyelenggaraan acara Healthy City Summit (HCS) ke-6
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat mengunjungi Kemenkes RI dalam rangka persiapan HSC 2024 | Foto : Dokpim
Life18 Juli 2024, 13:00 WIB

10 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Seseorang Cepat Sukses

Ada beberapa kebiasaan sederhana orang sukses yang sering mereka lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan sederhana orang sukses yang sering mereka lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Entertainment18 Juli 2024, 12:30 WIB

Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto

Rumah mewah rapper asal Kanada, Drake terendam banjir usai daerah Toronto mengalami hujan badai dahsyat yang terjadi pada Selasa, 16 Juli 2024, waktu setempat.
Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto (Sumber : Instagram/@champagnepapi)