Cari Tahu Soal IP Address, Ada Banyak dan Jenisnya

Minggu 03 Oktober 2021, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Keberadaan Internet Protocol Address atau disingkat IP Address sangat penting karena fungsinya sebagai alamat yang digunakan untuk mengakses internet. Mustahil seseorang dapat mengakses layanan internet tanpa IP Address, yang ternyata ada banyak jenis berdasarkan penggunaannya.

Vendor keamanan jaringan yang berbasis di Seattle, Washington, WatchGuard Technologies, mengategorikan alamat IP ke dalam tiga kelompok, yaitu alamat IP konsumen, alamat IP publik, dan alamat IP situs web, yang masing-masing memiliki kategori berbeda pula. Berikut jenis-jenis alamat IP atau IP Address dikutip Tempo dari laman whatchguard.com:

1. Alamat IP konsumen

Setiap individu atau lembaga yang mengakses layanan internet akan memiliki dua jenis alamat IP, yaitu alamat IP pribadi dan alamat IP publik. Istilah publik dan pribadi berhubungan dengan lokasi jaringan, yaitu, alamat IP pribadi digunakan di dalam jaringan, sedangkan alamat publik digunakan di luar jaringan.

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet akan memiliki alamat IP pribadi. Ini termasuk komputer, ponsel cerdas, dan tablet, dan semua perangkat berkemampuan Bluetooth seperti speaker, printer, atau smart TV. Dengan berkembangnya internet of things, jumlah alamat IP pribadi yang dimiliki oleh pengguna di rumah mungkin bertambah.

Router yang digunakan akan memerlukan cara untuk mengidentifikasi item-item ini secara terpisah dan banyak item memerlukan cara untuk mengenali satu sama lain. Karena itu, router akan menghasilkan alamat IP pribadi yang merupakan pengidentifikasi unik untuk setiap perangkat yang membedakannya di jaringan.

Sementara itu, Alamat IP publik merupakan alamat utama yang terkait dengan seluruh jaringan. Meskipun setiap perangkat yang terhubung memiliki alamat IP sendiri, mereka juga termasuk dalam alamat IP utama untuk jaringan tersebut. Alamat IP publik diberikan ke router oleh Penyedia Layanan Internet atau ISP. Biasanya, ISP memiliki kumpulan besar alamat IP yang mereka didistribusikan ke pelanggan mereka.

photoIlustrasi, eberadaan Internet Protocol Address atau disingkat IP Address sangat penting karena fungsinya sebagai alamat yang digunakan untuk mengakses internet. - (istimewa)</span

2. Alamat IP Publik

Seperti yang telah disebut sebelumnya, Alamat IP publik adalah alamat yang akan digunakan semua perangkat di luar jaringan internet untuk mengenali jaringan tersebut. Alamat IP publik ini juga dikategorikan menjadi dua yaitu Alamat IP dinamis dan alamat IP statis.

Alamat IP dinamis merupakan Alamat IP yang dapat berubah secara otomatis dan teratur. ISP membeli kumpulan besar alamat IP dan menetapkannya secara otomatis ke pelanggan mereka. Secara berkala, mereka menetapkan ulang dan memasukkan kembali alamat IP lama ke dalam kumpulan untuk digunakan bagi pelanggan lain. Alasan pendekatan ini adalah untuk menghasilkan penghematan biaya bagi ISP.

Mengotomatiskan perpindahan alamat IP secara teratur berarti mereka tidak perlu melakukan tindakan khusus untuk menetapkan kembali alamat IP pelanggan jika mereka pindah rumah, misalnya. Ada manfaat keamanan juga, karena alamat IP yang berubah mempersulit penjahat untuk meretas antarmuka jaringan pengguna.

Sedangkan Alamat IP statis adalah IP Address yang tetap konsisten. Setelah jaringan memberikan alamat IP, alamat tersebut akan tetap sama dan tidak diubah. Sebagian besar individu dan bisnis tidak memerlukan alamat IP statis, tetapi untuk bisnis yang berencana untuk meng-host server mereka sendiri, sangat penting untuk memilikinya. Ini karena alamat IP statis memastikan bahwa situs web dan alamat email yang terkait akan memiliki alamat IP yang konsisten, karena itu penting jika perusahaan ingin perangkat lain dapat menemukannya secara konsisten di web.

3. Alamat IP situs web

Bagi pemilik situs web yang tidak meng-host server mereka sendiri, dan sebaliknya mengandalkan paket hosting web, yang merupakan kasus untuk sebagian besar situs web, ada dua jenis alamat IP situs web, yaitu alamat IP bersama dan alamat IP khusus.

Situs web yang mengandalkan paket hosting bersama dari penyedia hosting web biasanya akan menjadi salah satu dari banyak situs web yang dihosting di server yang sama. Situs web yang dihosting dengan cara ini akan memiliki alamat IP bersama. Namun, beberapa paket hosting web memiliki opsi untuk membeli alamat IP khusus. Ini dapat mempermudah memperoleh sertifikat SSL dan memungkinkan pengguna menjalankan server File Transfer Protocol (FTP) sendiri.

Alamat IP khusus mempermudah berbagi dan mentransfer file dengan banyak orang dalam suatu organisasi dan memungkinkan opsi berbagi FTP anonim. Alamat IP khusus juga memungkinkan pengguna untuk mengakses situs web menggunakan alamat IP saja daripada nama domain.

SUMBER: HENDRIK KHOIRUL MUHID/TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).