Hindari! 10 Kebiasaan Ini Bikin Laptop Kamu Cepat Rusak, Salah Satunya Soal Baterai

Selasa 12 Januari 2021, 15:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 membuat penggunaan teknologi digital kian meningkat. Hal ini merupakan dampak dari adanya berbagai pembatasan yang menyebabkan orang lebih banyak melakukan aktivitasnya di rumah. Selain menggunakan smartphone, sebagian orang juga kerap memakai laptop. Tapi tahukah bahwa sejumlah kebiasaan ini tanpa disadari akan menyebabkan komputer jinjing kamu cepat rusak ? Salah satunya manajemen baterai.

Oleh karena itu, ini 10 kebiasaan yang mesti dihindari agar laptop kamu tetap berfungsi dengan baik.

1. Menggunakan laptop terus-menerus

Selain berbahaya bagi kesehatan, menggunakannya tanpa istirahat juga tidak baik dan akan menyebabkan kerusakan yang lebih cepat. Secanggih apapun laptop yang digunakan, tetap membutuhkan waktu istirahat untuk mendinginkan komponen-komponen di dalamnya.

Ketika sudah menggunakannya selama 3-4 jam, beri waktu istirahat selama 20-30 menit agar laptop kamu tetap dalam keadaan baik.

2. Membiarkan baterai hingga 0 persen

Jangan menunggu indikator daya laptop habis hingga 0 persen karena akan mengurangi kekuatan baterai. Apabila sebelumnya komputer jinjing kamu bisa digunakan hingga lebih dari tiga jam, maka kebiasaan membiarkan baterainya mati akan menyebabkan laptop hanya bertahan satu jam saja.

Usahakan lakukan pengisian daya saat indikator baterai telah menunjukkan angka 20 persen. Hindari pula adaptor yang terhubung dan baterai dicabut karena kebiasaan ini dikhawatirkan akan menyebabkan korsleting pada perangkat yang kita gunakan. 

3. Langsung menutup layar setelah pemakaian

Setelah selesai menggunakan laptop, banyak orang yang langsung menutup layarnya. Ini adalah kebiasaan yang salah.

Ketika laptop dimatikan, suhu panasnya belum hilang. Sehingga bila kamu langsung menutup layar tanpa jeda waktu akan mengakibatkan layar tersebut terkena panas dari keyboard. Perlahan layar akan menjadi rusak. Berilah waktu beberapa menit, setelah suhunya dingin baru ditutup.

4. Meletakan benda berat di atas laptop

Kebiasaan menaruh benda berat seperti buku, berlembar-lembar kertas, handphone, dan lainnya akan menyebabkan layar laptop rusak karena harus menahan beban berat. Maka saat sudah rusak, kamu membutuhkan biaya yang mahal untuk memperbaikinya.

5. Makan dan minum sambil menggunakan laptop

Ketika beraktivitas dengan laptop, tak jarang kita sambil makan dan minum agar fokus selama menyelesaikan pekerjaan. Padahal kebiasaan ini keliru karena dikhawatirkan kita akan menumpahkan minuman tersebut atau menyebabkan adanya sisa makanan yang terselip di atas keyboard.

6. Menaruh laptop di atas kasur

Kebiasaan menggunakan laptop di atas kasur atau bantal akan menyebabkan sirkulasi udara tidak berjalan lancar. Udara panas dari dalam laptop tidak bisa keluar karena tertahan dan menyebabkan sejumlah komponen menjadi overheat.

7. Mematikan laptop tidak sesuai prosedur

Apabila mematikan laptop dengan tergesa-gesa dan tanpa prosedur yang benar, maka akan membuat motherboard dan prosesor mengalami kerusakan. Matikanlah dengan benar agar laptop bisa beristirahat dengan baik.

8. Bermain game yang berat terlalu lama

Banyak gamers yang lupa waktu dan bermain sangat lama. Penyebab kerusakan laptop paling banyak adalah karena penggunaan game berat yang terlalu lama. Jika terus-menerus melakukan kebiasaan ini, maka komponen laptop akan panas dan menyebabkan kerusakan.

9. Mengunduh dan browsing sembarangan

Website yang tidak aman akan mengandung virus dan malware yang berbahaya bagi laptop. Selain merusak software, adanya hal berbahaya ini akan mengintai kelemahan jaringan yang kita gunakan sehingga penyusupan dapat terjadi dan mengancam data pribadi.

10. Tidak membersihkan laptop secara berkala

Bersihkan laptop secara berkala, minimal sepekan sekali. Bila tidak dibersihkan maka akan menyebabkan pengendapan debu dan kotoran di sela-sela keyboard. Bersihkan layar dengan kain khusus agar tidak merusaknya.

Nah, hindari sejumlah kebiasaan buruk di atas ya agar laptop kamu tetap dapat digunakan dalam waktu yang lama alias awet.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)