Mau Install Windows 11? Simak 10 Fakta yang Wajib Kamu Tahu

Sabtu 01 Oktober 2022, 17:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Windows 11 yang telah resmi dirilis pada 5 Oktober 2021 yang lalu, mendapat sambutan positif dan mempunyai beberapa kelebihan dari pada sistem operasi Windows 10.

Hal ini menimbulkan rasa penasaran yang begitu tinggi terkait sistem operasi besutan perusahaan raksasa, Microsoft tersebut.

Fakta Menarik Windows 11

Seperti yang kami kutip dari Tempo.co yang telah dilansir dari CNN, ada beberapa hal menarik terkait peluncuran sistem operasi Windows 11.

Tentunya, keberadaan Windows 11 menimbulkan pertanyaan publik, apakah Windows 11 memang layak menggantikan Windows 10? Berikut penjelasanya.

Baca Juga :

1. Versi Windows dengan Pengguna Paling Banyak

Microsoft mengklaim bahwa Windows 11 merupakan produk Windows yang paling banyak menarik perhatian. Sekitar 16 persen PC (personal computer) yang tersebar di seluruh dunia telah dipasangi Windows 11 per Januari 2022.

Namun, survei AdDuplex teranyar pada Maret 2022, menyatakan jika Windows 10 masih menduduki rangking satu sistem operasi paling populer. Sekitar 28,5 persen instalasi Windows 10 21H2 telah dilakukan. Sementara Windows 11 hanya mampu mempertahankan persentase sebesar 19,4 persen.

2. Mengusung Tampilan Segar dan Elegan

Fakta Windows 11 selanjutnya berkaitan dengan antarmuka bernuansa warna biru. Tentunya hal ini menimbulkan kesan modern dan kekinian yang memang menyasar kaum muda. Penggunaan font dengan shadow memberi efek huruf melayang.

Menu Start dan ikon-ikon yang menempel di taskbar telah bergeser ke area tengah (center). Sehingga menyediakan sisi kiri dan kanan yang lebih bersih serta leluasa.

Penempatan menu di tengah ini hampir serupa dengan Mac OS milik MacBook. Namun bukan berarti Windows 11 tidak membawa ciri khasnya sendiri. 

Misalnya saja, visual sudut ikon yang membulat, transparan, dan transisi animasi yang terasa lebih halus. Maka Windows 11 dianggap tepat apabila ditanamkan pada komputer dengan monitor berukuran besar.

3. Widget dengan Beragam Informasi

Windows 11 juga menerapkan kecerdasan buatan (AI) pada fitur widgetnya. Seperti peta, kalender, sampai prediksi cuaca. Bahkan ada pula widget news feed yang mengakomodasi kebutuhan pengguna atas informasi. 

Karakteristik ini diadopsi dari visual smartphone yang ringkas, tetapi tetap up to date. Alhasil, Windows 11 bak tampilan tablet dianggap mampu memanjakan pengguna.

4. Menu Start Memperlihatkan Software yang Lebih Beraneka Ragam

Keistimewaan Windows 11 berikutnya ialah fitur Menu Start dengan logo jendela yang bisa mengakomodasi berbagai aktivitas. Apabila di versi sebelumnya, hanya menampilkan aplikasi yang terpasang pada desktop. 

Baca Juga :

Windows 11 sedikit berbeda, karena menunjukkan aplikasi terakhir dan yang sering dibuka serta dokumen tersimpan. Tentu kehadirannya bisa menjadi jalan pintas untuk Anda yang menginginkan segala sesuatu menjadi lebih praktis.

5. Semakin Memudahkan Install Aplikasi Android

Menjunjung jargon Create, Connect, Play, Windows 11 dapat digunakan untuk segala kegiatan pengguna. Meliputi entertainment, produktivitas, dan juga bisnis. Hanya dengan mengunduh perangkat lunak dari Amazone Appstore. 

Kini, Anda bisa menempelkan aplikasi seperti Netflix, Twitter, dan Spotify di laptop. Fakta Windows 11 yang satu ini begitu dinantikan beberapa orang.

6. Proses Pengetikan dengan Alternatif Metode

Kelebihan Windows 11 yang tak kalah keren ialah kemampuan input data dengan berbagai macam metode. Pengguna tidak hanya mengandalkan keyboard, tetapi juga bisa memilih cara mouse click, keyboard touch, voice typing, hingga menulis dengan tangan.

Semua informasi yang disampaikan akan dikonversi menjadi bentuk teks. Fitur ini sangat membantu mahasiswa yang sedang menyusun skripsi atau tugas akhir. Namun, sebelumnya juga harus mempertimbangkan spesifikasi perangkat keras (hardware) yang digunakan.

7. Otomatis Terdapat Microsoft Teams

Fakta berikutnya keberadaan Microsoft Teams. Berkat pandemi, aplikasi seperti Zoom dan Google Meet dianggap penyelamat untuk mengadakan rapat dan pertemuan virtual lainnya.

Mengadaptasi perubahan kebiasaan manusia ini, Microsoft Teams hadir di Windows 11 yang secara otomatis terinstal. Selain itu, Microsoft Teams juga menyediakan fitur menemukan file dari situs SharePoint yang tidak ditemukan pada aplikasi sejenis.

8. Snap Layout Terupdate

Fitur Windows 11 kali ini akan menunjang pekerjaan multitasking pengguna. Snap layout dapat memungkinkan pengguna untuk membuka tiga aplikasi sekaligus secara berdampingan.

Selain itu, juga ada menu snap group yang mampu mengingat sejumlah aplikasi yang pernah  diakses bersamaan sebelumnya. Sehingga, jika pengguna ingin membuka kembali, maka snap group akan menampilkannya persis.

9. Pengalaman Game Biasa Menjadi HDR

Setelah disinggung sebelumnya, Windows 11 juga mewadahi pengguna yang menyukai akses hiburan, termasuk game. Operating system ini mampu mengubah game non-HDR menjadi HDR (high dynamic range). 

Artinya, game tersebut akan memiliki pencahayaan dan grafis menyerupai HDR. Alhasil, sensasi bermain game PC terasa lebih mengasyikkan dan terlihat realistis.

10. Kinerja Lebih Cepat

Meski menawarkan beragam kelebihan, pemakaian fitur multitasking tidak menyebabkan Windows 11 menjadi lelet. Justru Microsoft menjanjikan kinerja lebih kencang. Seperti proses bangun dari sleep relatif singkat dan juga login Windows Hello.

Mereka juga memberikan update Windows dengan ukuran 40% lebih kecil. Bahkan, terdapat pula fitur Direct Storage. Fitur ini berguna untuk gamer yang ingin mengunggah aset secara cepat ke kartu grafis. Sehingga durasi rendering berlangsung lebih pendek.

Selain itu, Windows 11 juga lebih lengkap dengan kehadiran Microsoft Store. Pengguna bisa download banyak software yang biasa ditemui di smartphone. Contohnya TikTok dan aplikasi media sosial lainnya.

Itulah fakta Windows 11 yang wajib diketahui, sebelum Anda beralih untuk menginstalnya. Pastikan juga device yang Anda gunakan kompatibel dengan sistem operasi ini. Seperti menyediakan memori penyimpanan memadai. Apakah Anda tertarik upgrade?

Baca Juga :

SUMBER:TEMPO.CO/MELYNDA DWI PUSPITA | CNN

Writer : Ikbal Juliansyah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel25 Februari 2024, 19:00 WIB

Tempat Melepas Stres 5 Danau di Sukabumi Untuk Papajar Jelang Ramadan

Berikut ini beberapa danau di Sukabumi yang cocok dijadikan tempat papajar menjelang datangnya bulan Ramadan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa danau di Sukabumi yang cocok dijadikan tempat papajar menjelang datangnya bulan Ramadan | Foto: SU/Oksa Bachtiar Camsyah
Life25 Februari 2024, 18:00 WIB

Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya

Berikut ini bacaan Sholawat Al Qolbu Mutayyam yang menunjukan rasa cinta dan rindu kepada Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi - Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya | Foto: bandung.go.id
Sukabumi Memilih25 Februari 2024, 17:51 WIB

Kian Tak Terbendung ke Senayan, Iman Adinugraha Sudah Raup Hampir 70 Ribu Suara

Caleg DPR RI dari Partai Demokrat Iman Adinugraha tak terbendung dan semakin dekat untuk lolos ke Senayan dari Dapil Sukabumi.
Ketua DPC Demokrat Kabupaten Sukabumi Iman Adinugraha saat menerima kunjungan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di Cicurug. (Sumber : SU/Ibnu)
Jawa Barat25 Februari 2024, 17:05 WIB

Resmi Dilantik, DPC IKA Undip Bogor Siap Kolaborasi Bangun Daerah

Berikut daftar nama Pengurus DPC IKA UNDIP Bogor 2024-2029 yang baru dilantik Minggu (25/2/2024).
Pengurus DPC Bogor IKA Undip 2024-2029 bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Umum IKA Undip Abdul Kadir Karding, dan Ketua DPD IKA Undip Jabar Eko Prasetyo Utomo. (Sumber : Istimewa)
Sehat25 Februari 2024, 17:00 WIB

4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya

Berikut ini beberapa jenis gangguan kepribadian dan ciri-ciri orang yang mengalaminya
Ilustrasi - 4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya (Sumber : unsplash.com/@Pooja Roy)
Sukabumi25 Februari 2024, 16:41 WIB

Mayat Pria Ditemukan di Pantai Cibuaya Sukabumi, Diduga Korban Tenggelam

Mayat pria yang ditemukan tergeletak di pesisir Pantai Cibuaya Sukabumi itu menurut warga merupakan ODGJ.
Proses evakuasi mayat pria diduga ODGJ di Pantai Cibuaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Gadget25 Februari 2024, 16:00 WIB

Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar

Inilah deretan HP baru yang akan meramaikan pasar gadget minggu ini
Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 Februari 2024, 15:11 WIB

Potret Adu Ketangkasan Domba Garut di Pajampangan Sukabumi

Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan.
Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan di lapang Puskeswan Surade, Minggu (25/2/2024). (Sumber : Istimewa)
Food & Travel25 Februari 2024, 15:00 WIB

4 Daya Tarik Telaga Remis Pasawahan Bisa Camping dan Mancing

Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan
Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan (Sumber : Istimewa)
Inspirasi25 Februari 2024, 14:25 WIB

Universitas Nusa Putra Raih Penghargaan Gold Winner dari LLDIKTI IV

Miliki Program Studi Terakreditasi Internasional Terbanyak se-Jawa Barat dan Banten, Universitas Nusa Putra diganjar Gold Winner dari LLDIKTI IV.
Piagam penghargaan Gold Winner untuk Universitas Nusa Putra dari LLDIKTI IV. (Sumber : Istimewa)