Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Kamis 18 April 2024, 20:30 WIB
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi

Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda Kabupaten Sukabumi tengah berupaya untuk memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor Pariwisata.

Pasalnya berdasarkan evaluasi dari libur Lebaran 2024 kemarin, potensi untuk menggenjot pendapatan dari pajak maupun retribusi di sektor tersebut belum maksimal karena terdapat kebocoran PAD.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri. Ia mengaku karena persoalan itu pendapatan daerah tak berbanding lurus dengan membludaknya wisatawan yang datang ke tempat wisata di Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan data yang diterimanya, Herdy menyebut bahwa jumlah wisatawan libur lebaran 2024 mencapai 181.819 orang. Jumlah itu menurutnya apabila kebocoran PAD bisa ditekan tentu sangat berpotensi untuk menggenjot PAD sektor pariwisata.

“Tentu itu harus menjadi potensi baru. Karena jumlah kunjungan itu harus berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah idealnya. Dimana setiap perangkat daerah penghasil juga harusnya mereka ada penambahan penghasilan untuk peningkatan PAD,” kata Bima-sapaan akrab Herdy Somantri, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga: Bapenda Sukabumi Siapkan Hadiah Umrah Gratis Bagi Wajib Pajak, Simak Syaratnya

Namun di lapangan, lanjut Bima, potensi di sektor pariwisata itu tak terserap maksimal karena ada kebocoran-kebocoran di sektor pajak restoran hingga parkir.

"Di beberapa sektor, contoh tempat parkir yang yang belum kita kelola dan parkir yang tidak memiliki izin itu banyak kebocoran atau loss untuk pendapatan," jelasnya.

“Nanti kita akan melakukan kolaborasi setelah tadi rapat dinas ada perintah pak bupati kita akan melakukan inovasi inovasi atau terobosan bagaimana caranya sehingga potensi pajak di sektor pariwisata itu bisa kita ambil keseluruhan,” jelasnya.

Adapun langkah terdekat dalam upaya menekan kebocoran PAD di sektor pariwisata, lanjut Bima, yakni dengan melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi pajak serta terus berkoordinasi dengan perangkat daerah penghasil. 

“Sektor pariwisata itu kan terdiri dari mulai parkir kendaraan, terus juga restoran, pajak hotel dan sebagainya, sehingga itu nanti kedepan bisa menambah peningkatan PAD,” ujarnya.

Menurut Bima, bila daerah memiliki PAD yang sangat tinggi, percepatan pembangunan bisa lebih terakselerasi.

“Sehingga percepatan pembangunan untuk menyasar RPJMD atau merealisasikan seluruh janji politik dari bupati dan wakil bupati itu bisa lebih terakselerasi. Sehingga kita akan melakukan rapat rapat (koordinasi), bagaimana kita memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat dengan kemudahan akses dan kemudahan untuk membayar (pajak),” tandasnya (ADV).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 Mei 2024, 23:00 WIB

Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Dilengkapi Gedung Edukasi

Hutan mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi kini dilengkapi dengan gedung Sekretariat Pokmasi sebagai pusat informasi dan Edukasi.
Gedung Sekretariat Pokmasi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di kawasan Hutan Mangrove. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 22:44 WIB

Lantik 1.158 PPS Pilkada 2024, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Minta Jangan Sekadar Numpang Nama

Sebanyak 1.158 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi.
Prosesi pelantikan ribuan anggota PPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi26 Mei 2024, 22:08 WIB

Akhirnya, Rumah Tak Layak Huni Keluarga Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi Diperbaiki

Rumah tidak layak huni milik Fitria, keluarga korban kecelakaan di Cibadak Sukabumi akhirnya diperbaiki dengan swadaya.
Rumah milik Fitria di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, diperbaiki swadaya masyarakat. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 21:39 WIB

Lewat Program Dana Abadi, Ayep Zaki Komitmen Wujudkan Sukabumi Lebih Sejahtera

Bakal calon wali kota/wakil wali kota Sukabumi H. Ayep Zaki berkomitmen majukan Sukabumi dan sejahterakan masyarakat lewat Program Dana Abadi.
H Ayep Zaki, Bakal calon wali kota/wakil wali kota Sukabumi. | Foto : Ist
Bola26 Mei 2024, 21:19 WIB

Persib Menapakkan Satu Kaki di Podium Juara Liga 1 2023/2024 usai Bantai Madura United 3-0

Tiga gol Persib Bandung atas Madura United di Leg 1 Final Championship Series Liga 1 2023/2024 diciptakan Ciro Alves dan brace David da Silva.
Duo Brazil Persib Bandung, Ciro Alves dan David da Silva membawa kemenangan mutlak atas Madura United di leg 1 Final Liga 1 2023/2024. (Sumber : PERSIB.co.id)