Ingin Serum Wajah Bekerja Lebih Efektif? Lakukan 4 Cara Ini!

Sabtu 19 Februari 2022, 10:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kandungan bahan aktif dalam serum wajah umumnya memiliki konsentrat yang lebih tinggi, dibandingkan pada jenis produk skincare lainnya.

Meskipun demikian, sebanyak apapun manfaat yang ditawarkan, jika cara penggunaan serum wajah dilakukan dengan tidak tepat, maka efektivitas yang dirasakan pun tidak akan maksimal.

Namun, sebelum membahas cara menggunakan serum wajah yang tepat, pastikan wajah kamu sudah bersih dari kotoran. 

Gunakan pembersih wajah yang cocok dan lembut di kulit wajah kamu, lakukan juga double cleansing atau dua tahapan membersihkan kulit.

photoIlustrasi Wajah Setelah Dibersihkan - (Freepik)</span

Terutama pada malam hari, seperti menggunakan micellar water, cleansing balm, ataupun milk cleanser sebelum membersihkan wajah dengan sabun pembersih.

Hal itu merupakan bagian yang mendasar dalam mempersiapkan kulit untuk menerima nutrisi dari produk perawatan kulit selanjutnya, agar penggunaannya dapat memberikan perubahan maksimal pada wajah.

Berikut ini cara lainnya agar pemakaian serum dapat lebih efektif memberikan nutrisi pada kulit, simak sampai habis, ya.

Baca Juga :

1. Pakai Toner, Mist, atau Air

photoIlustrasi Memakai Toner - (Freepik)</span

Umumnya dalam pemakaian skincare diurutkan berdasarkan viskositas atau kekentalannya. Dimulai dari produk tercair, kemudian ditutup dengan produk cream.

Jadi, sebaiknya aplikasikan toner, mist, ataupun air sebelum menggunakan serum wajah.

Mengapa demikian? Agar penyerapan serum ke dalam kulit wajah bisa lebih efektif, ketika wajah dipersiapkan dalam keadaan lembab.

Aplikasikan toner secara merata, berikan pijatan lembut pada area wajah. Hindari mengaplikasikan dengan cara menggosok terlalu keras, karena akan meningkatkan resiko terjadinya kerutan wajah.

Berikan tekanan lebih pada area wajah seperti, pada garis rambut, pipi, hidung, serta leher. Selain itu, penting juga untuk menggunakan produk yang cocok dikulit. Kurangi, atau hindari produk yang mengandung alkohol.

Gunakan produk toner, atau mist yang mengandung produk yang dapat menghidrasi kulit seperti hyaluronic acid, panthenol, niacinamide. 

Dengan begitu, kulit akan lembab dan siap menerima nutrisi dari produk skincare selanjutnya.

2. Aplikasikan Serum Wajah

photoIlustrasi Mengaplkasikan Serum - (Freepik)</span

Setelah wajah dalam keadaan bersih, dan tidak terlalu kering karena sudah mengaplikasikan toner atau mist. Inilah saatnya kamu menggunakan serum wajah.

Pastikan kamu membaca petunjuk pemakaian produk, ya. Ini penting sekali. Karena ada beberapa produk serum wajah yang tidak dapat digunakan setiap hari.

Seperti produk yang mengandung bahan aktif yang kegunaannya sebagai eksfoliator kulit dengan kandungan AHA (alpha hydroxy acid), BHA (beta hydroxy acid), atau PHA (polyhydroxy acid). 

Serta serum wajah yang berfungsi sebagai anti aging, yang mengandung retinol.

Karena penggunaan tersebut dapat meningkatkan sensitivitas pada kulit, sehingga rentan mengalami iritasi. 

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam mengaplikasikan serum wajah, kamu dapat memakainya dengan cara langsung diteteskan pada wajah, maupun dituangkan pada tangan terlebih dahulu.

Jika ingin meneteskan langsung ke wajah, hindari memakai dengan cara pipet serum bersentuhan langsung pada kulit. Hal ini berguna, agar produk serum tetap steril setelah pemakaian.

3. Beri Jeda

Setelah mengaplikasikan serum ke seluruh permukaan kulit wajah, berilah jeda sekitar 2 - 4 menit. 

Sampai produk serum terasa menyerap, atau sudah terasa tidak terlalu basah di permukaan kulit. Hal ini berguna, agar serum sudah cukup meresap ke dalam kulit. 

Sehingga tidak tergeser oleh produk skincare selanjutnya. Dengan begitu, pemakaian serum dapat lebih efektif pada kulit.

Namun perlu diperhatikan, pemberian jeda ini juga jangan terlalu lama. Agar kulit tidak kehilangan hidrasinya untuk menerima produk selanjutnya yang akan digunakan.

Jika kulit terasa kering seketika setelah menggunakan serum, kamu bisa tambahan kembali mist, atau air. 

Hal ini tidak masalah, justru akan berguna untuk kelembaban kulit agar senantiasa terjaga. Terutama bagi pemilik kulit cenderung kering.

Menambahkan semprotan mist, atau pun air di sela pemakain rangkaian skincare, akan memberikan manfaat yang besar dalam menjaga kelembaban kulit.

4. Gunakan Pelembab atau Moisturizer

photoIlustrasi Menggunakan Pelembab - (Pexels.com)</span

Meskipun dalam produk serum wajah mengandung bahan aktif yang dapat melembabkan kulit. Namun, hal tersebut tidak dapat menggantikan fungsi produk pelembab wajah.

Mengapa? Karena kelembaban yang didapat dari pemakaian serum wajah tidak akan bertahan lama. 

Oleh sebab itu, dibutuhkan produk pelembab untuk mengunci kelembaban pada kulit wajah.

Pastikan pelembab yang digunakan dapat menahan kelembaban pada kulit lebih lama. Kamu bisa gunakan pelembab yang mengandung ceramide, dan glycerin.

Kamu bisa menyesuaikan pelembab jenis apa yang cocok dengan tipe kulit kamu. Umumnya terdapat tiga jenis pelembab yaitu, emollient, humektan, dan oklusif.

Emollient yakni kelembaban yang memberikan efek lembut, dan lembab. Namun tidak terlalu bertahan lama. Pelembab ini biasanya disukai oleh pemilik kulit berminyak, karena tidak meninggalkan rasa lembab yang terlalu berat.

Bahan yang terdapat dalam pelembab kategori emollient ini diantaranya, plant oil, mineral oil, shea butter, dan cocoa butter.

Humektan yakni produk pelembab yang memberikan kelembaban dengan cara mengikat molekul air yang terdapat dalam kulit, untuk mempertahankan kelembaban kulit. 

Bahan yang terdapat dalam kategori pelembab humektan ini diantaranya, glycerin, hyaluronic acid, dan lactic acid.

Oklusif yakni produk pelembab yang bekerja dengan cara memberikan lapisan di permukaan kulit, agar kadar kelembaban pada kulit tidak menguap dan cepat hilang. 

Bahan yang terdapat dalam kategori produk pelembab oklusif ini diantaranya, petrolatum, wax, silicon, zinc oxide, dan jojoba oil atau castrol oil.

Kategori pelembab ini tidak tertera dalam kemasan produk, jadi kamu perlu memperhatikan daftar bahan atau ingredients list nya.

Writer: Fira Alfi Syahrin

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi15 Mei 2024, 15:37 WIB

Tiba-tiba Jatuh, Lansia Ditemukan Tak Bernyawa di Depan Kantor Kelurahan di Sukabumi

Seorang lansia Christina Tampubolon (71 tahun) ditemukan tergeletak tak bernyawa tepat di depan kantor Kelurahan Nanggeleng, Rabu 15 Mei 2024, sekira pukul 08:00 WIB, pagi.
Jenazah Christina Tampubolon (71 tahun) saat di rumah sakit | Foto : Ist
Sehat15 Mei 2024, 15:30 WIB

Inilah 7 Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Minyak zaitun adalah sumber lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Konsumsi minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Telur Dadar Bayam. Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol (Sumber : Royco.co.id)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:23 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Peringati May Day Bersama Pengusaha dan Buruh

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi, Oki Widya Gandha mengatakan pengusungan tema kolaborasi, kebersamaan serta gotong royong itu menandakan hubungan erat antara pemerintah, pengusaha serta para buruh.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi peringati May Day | Foto : Dok. BPJS Ketenagakerjaan
Life15 Mei 2024, 15:15 WIB

8 Cara Membesarkan Anak Agar Memiliki Hati yang Baik, Yuk Bunda Terapkan

Ketika anak-anak melakukan tindakan kebaikan, Anda mungkin tidak mendorong mereka hanya karena orang lain tidak lagi dapat dipercaya.
gambaran membesarkan anak yang baik hati (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:08 WIB

Ayah Dihabisi Isu Dukun Santet, Kisah Tragis Dibalik Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Belum diketahui secara pasti apa motif Rahmat nekat membunuh ibu kandungnya.
Aparat memegang garpu yang digunakan Rahmat (25 tahun) untuk membunuh ibunya, Inas (43 tahun). Foto ini berlokasi di rumah korban dan tersangka di Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 14 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi15 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Kualifikasinya Disini

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Kualifikasinya Disini. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Keuangan15 Mei 2024, 14:57 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Sosialisasikan Perlindungan Sosial Ke Organisasi Pekerja

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menggelar sosialisasi perlindungan sosial kepada para buruh yang tergabung dalam Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Sekretariat Daerah Sukabumi Raya.
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi saat sosialisasi perlindungan sosial kepada para buruh yang tergabung dalam Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Sekretariat Daerah Sukabumi Raya | Foto : Dok. BPJS Ketenagakerjaan
Life15 Mei 2024, 14:45 WIB

Jangan Salahkan Anak, Ini 6 Didikan Orang Tua yang Membuatnya Durhaka

Sebuah didikan terkadang menjadi masalah utama yang menjadi penyebab anak tumbuh menjadi pribadi yang durhaka kepada orang tuanya
gambaran didikan orang tua yang menyebabkan anak durhaka (Sumber : Pexels.com/@KindelMedia)
Life15 Mei 2024, 14:30 WIB

Stop Curhat ke Media Sosial, Ini 6 Dampak Buruk yang Sering Diabaikan Banyak Orang

Kebiasaan sering curhat ke media sosial atau medsos rupanya memiliki dampak buruk yang mesti dihindari. Sebab bahayanya sangat banyak kepada diri sendiri
Ilustrasi dampak buruk sering curhat ke media sosial (Sumber : Pexels.com/@Bianca)
Sukabumi15 Mei 2024, 14:23 WIB

Sekda Pimpin Persiapan, 374 Jemaah Haji Kota Sukabumi Berangkat 27 Mei 2024

Keberangkatan jemaah haji Kota Sukabumi disesuaikan dengan jadwal dari Kemenag.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin rapat persiapan keberangkatan jemaah haji di Balai Kota Sukabumi pada Rabu (15/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi