5 Ciri Krim Wajah Berbahaya untuk Kulit, Jangan Diabaikan!

Rabu 15 Desember 2021, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Krim wajah merupakan produk kecantikan andalan bagi setiap wanita, keinginan untuk selalu tampil cantik dengan kulit wajah putih, bersih dan mulus, menjadikan produk tersebut sering digunakan setiap hari.

Krim wajah sendiri biasanya terbagi menjadi dua yaitu krim siang dan krim malam. Kegunaannya pun beragam, mulai dari memutihkan kulit, menghilangkan noda bekas jerawat, menjaga kelembaban kulit, mengatasi kulit berminyak, dan lainnya.

Sayangnya tidak semua krim wajah yang beredar di pasaran aman untuk digunakan, beberapa diantaranya mengandung banyak merkuri.

Sebagaimana diketahui bahwa merkuri sangat berbahaya apabila diaplikasikan pada kulit manusia. Kandungan logam beratnya dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Merkuri sendiri memiliki sifat korosif yang dapat membuat permukaan kulit menipis, jika tidak segera ditangani akan menimbulkan iritasi yang berbahaya.

Nah, untuk menghindari penggunaan krim wajah yang berbahaya, kamu wajib tahu ciri-cirinya. Kira-kira apa saja ya? Berikut informasinya.

Baca Juga :

9 Makanan untuk Kulit Cerah, Buat Wanita Makin Cantik

1. Tidak Ada Izin Resmi dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)

photoIlustrasi Mengecek Izin Resmi | Sumber: canstockphoto.com</span

Ketika akan membeli krim wajah, salah satu hal penting yang harus kamu cek adalah nomor registrasi BPOM yang tercantum pada kemasannya.

Apabila nomornya sudah tercantum, sebaiknya kamu cek validasi nomor tersebut melalui situs resmi BPOM.

Caranya, kunjungi laman cekbpom.pom.go.id, klik menu “Daftar Produk”, masukan nama produk atau nomor registrasi yang tercantum pada kemasan, lalu klik tombol “Cari”.

Jika produk kecantikan itu aman, maka detail produk akan tertampil pada laman resmi BPOM seperti nama lengkap produk, nama yang mengajukan pendaftaran, surat keputusan, beserta alasan kenapa produk tersebut aman untuk dipasarkan.

Jadi, hati-hati dengan nomor registrasi yang tertera pada produk, karena banyak oknum yang sengaja memalsukan nomor tersebut agar bisa meyakinkan pelanggan.

2. Warna Krim Cenderung Mengkilap dan Bertekstur Lengket

photoIlustrasi Warna Krim Wajah Mengkilap dan Bertekstur Lengket | Sumber: Pexels.com</span

Selain mengecek nomor registrasi BPOM yang tercantum pada kemasan, kamu juga harus mengecek warna dan tekstur dari krim wajah yang akan digunakan.

Jika krim tersebut berbahaya, biasanya akan memiliki warna yang cerah dan mengkilap seperti mutiara.

Warna mengkilap tersebut bisa saja dihasilkan dari bahan kimia seperti pewarna tekstil, kertas, dan lainnya. Tentunya akan sangat berbahaya apabila diaplikasikan langsung pada kulit wajah.

Untuk melihat lebih jelas warna krim wajah, cobalah pergi ke ruangan yang memiliki pencahayaan bagus, perhatikan warnanya dari segala arah.

Selain dari warnanya, tekstur yang lengket dan tidak merata saat digunakan bisa menjadi salah satu indikasi krim wajah tidak baik untuk digunakan, karena bisa membuat kulit tampak lebih berminyak.

3. Memiliki Aroma yang Kuat dan Menyengat

photoIlustrasi Aroma Krim Wajah Menyengat | Sumber: Freepik</span

Aroma krim wajah yang kuat dan menyengat bisa menjadi salah satu ciri krim berbahaya.

Mengapa demikian? Karena beberapa produsen biasanya akan menambahkan cairan parfum, untuk menyamarkan bau khas dari bahan kimia yang dicampurkan.

Sebaiknya sebelum kamu menggunakan krim wajah, cobalah untuk menghirup aromanya terlebih dahulu.

Apabila kamu mencium aroma yang kuat hingga menusuk hidung dan tenggorokan, kamu patut curiga bahwa terdapat kandungan yang berbahaya, sehingga dapat menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan kulit.

4. Warna Kulit Berubah Secara Instan

photoIlustrasi Hasil Pemakaian Krim Wajah yang Instan | Sumber: Pexels.com</span

Banyak wanita yang senang dengan hasil pemakaian krim wajah yang instan, padahal ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa krim yang digunakan tidak aman.

Perubahan warna kulit dengan menggunakan produk kecantikan tentunya membutuhkan proses dengan kurun waktu yang tidak sebentar, bisa sampai dua hingga tiga bulan.

Jika krim wajah menunjukan hasil kurang dari satu minggu, kamu bisa memastikan bahwa produk yang digunakan berbahaya.

Komposisi bahan kimia yang terlalu banyak dapat menimbulkan reaksi yang instan, namun sebenarnya banyak sel-sel kulit yang mengalami kerusakan, hingga nantinya akan menimbulkan iritasi bahkan infeksi.

Selain mendapatkan hasil yang instan, warna kulit wajah juga akan cenderung lebih pucat, sehingga terkesan tidak putih alami.

5. Memicu Ketergantungan Dalam Pemakaian Produk

photoIlustrasi Menimbulkan Ketergantungan | Sumber: Pexels.com</span

Saat kamu sudah menggunakan krim wajah dalam waktu yang cukup lama dan berniat untuk menghentikannya, ternyata banyak sekali efek samping yang ditimbulkan seperti wajah mulai berjerawat, muncul noda hitam, dan masalah kulit lainnya.

Hal ini dikarenakan krim wajah yang digunakan menimbulkan efek ketergantungan, artinya produk tersebut mengandung bahan kimia berbahaya.

Ketika kamu rutin menggunakan krim tersebut, maka zat kimia akan mengunci lapisan kulit dan merusak jaringannya, dan saat kamu menghentikan penggunaannya, maka akan timbul berbagai masalah kulit sebagai reaksi pengeluaran racun yang diserap oleh sel kulitmu.

Sekarang kamu sudah tahu kan ciri-ciri krim wajah yang berbahaya, jangan sampai salah pilih ya.

Writer: Devi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi10 Mei 2024, 08:30 WIB

Lulusan S1 Punya Jiwa Loyalitas Tapi Masih Nganggur? Coba Apply Loker Ini!

Lowongan Kerja S1 di Perusahaan Makanan ini dibuka untuk posisi Mechanical Project.
Ilustrasi. Mechanical Project. Lulusan S1 Punya Jiwa Loyalitas Tapi Masih Nganggur? Coba Apply Loker Ini! (Sumber : Pexels/ThisIsEngineering)
Life10 Mei 2024, 08:00 WIB

8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membantu Pikiran Lebih Tenang

Kondisi pikiran yang tenang adalah kondisi di mana pikiran seseorang merasa seimbang dan terpusat, tanpa terganggu oleh kecemasan atau stres yang berlebihan.
Ilustrasi. Bahagia. Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membantu Pikiran Lebih Tenang (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel10 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Melon Segar untuk Menyehatkan Kulit, Mudah dan Simpel!

Tuangkan air melon ke dalam gelas atau cangkir, tambahkan es batu jika diinginkan, dan nikmati kesegaran air melon yang lezat!
Melon. Cara Membuat Air Melon Segar untuk Menyehatkan Kulit, Mudah dan Simpel! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science10 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 10 Mei 2024, Termasuk Sukabumi dan Sekitarnya

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 10 Mei 2024.
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 10 Mei 2024.  | Foto: SU/Dede
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 21:51 WIB

Pemotor Wanita Asal Jakarta Tewas Usai Terjatuh di Jalan Cicurug Sukabumi

Seorang pemotor wanita meninggal dunia setalah terjatuh saat melintasi Jalan Alternatif Tenjoayu, Kampung Baru RT 05/01, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di jalan raya Tenjoayu Cicurug Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 21:19 WIB

Hidden Agenda Dibalik Koalisi 6 Parpol? Jelang Pilkada Kota Sukabumi 2024

Enam partai politik di Kota Sukabumi dikabarkan telah bersepakat untuk berkoalisi dalam mengusung pasangan calon wali kota / wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2024
6 Partai sepakat berkoalisi di Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life09 Mei 2024, 21:00 WIB

Hindari 10 Posisi Tidur yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat

Hindari! Ternyata posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat.
Ilustrasi. Posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat. (Sumber : pixabay.com/@Kat)
Sehat09 Mei 2024, 20:30 WIB

Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter.
Ilustrasi. Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman