10 Alasan PlayStation 5 Adalah Game Console Terbaik

Jumat 24 Desember 2021, 21:25 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - PS5 atau Playstation 5 merupakan Game Console teranyar besutan Sony. Setelah resmi diperkenalkan kepada publik pada 20 November 2020, kehadirannya langsung menyedot perhatian para pecinta game di seluruh dunia.

Buat kamu yang memang tertarik dan ingin membeli konsol game ini, berikut 10 alasan mengapa PS5 menjadi konsol game terbaik saat ini.

1. Generasi Playstation Terbaru

photoLaunching PlayStation 5 - (Youtube/Sony)

PlayStation atau PS adalah serangkaian produk konsol permainan digital yang diproduksi oleh Sony Interactive Entertainment.

Hingga tulisan ini dibuat, Sony telah merilis lima seri PlayStation. PlayStation pertama (PS1) dirilis pada Desember 1994, lalu PS2 dirilis pada tahun 2000. Sementara PS3 dirilis pada tahun 2006 dan PS4 dirilis pada tahun 2013. Untuk seri terbaru dari produk ini yaitu PS5, dirilis pada tahun 2020.

PS5 memiliki kelebihan dan pengembangan dari segi kualitas dibandingkan seri-seri sebelumnya.

2. Desain Futuristik

photoPlayStation 5 memiliki desain futuristik. - (laptrinhx.com)

Tampaknya, Sony benar-benar melakukan inovasi desain dalam membuat PS5 ini. Desain konsol ini terlihat lebih modern dan terdapat banyak perubahan dari segi desain produk dibandingkan pendahulunya.

PS5 tidak lagi berbentuk kotak berwarna hitam, konsol ini memiliki bentuk vertikal seperti menara yang berdiri tegak, serta dilengkapi dengan lampu berwarna biru.

Baca Juga :

3. Waktu Loading Cepat

photoPlayStation 5 menggunakan SSD. - (LetsGoDigital)

Loading atau proses yang dibutuhkan dalam memuat atau memproses tampilan suatu aplikasi, biasanya memakan waktu yang lama hingga membuat sejumlah penggunanya kesal.

Namun tenang, PS5 memiliki waktu loading yang singkat, sehingga para pecinta game dapat lebih nyaman dalam memainkan permainan.

Dengan adanya perangkat SSD (Solid State Drive), membuat PS5 memiliki kemampuan waktu loading yang sangat cepat.

SSD merupakan salah satu perangkat penyimpanan yang memiliki tingkat kecepatan data transfer yang lebih cepat dibandingkan HDD (Hard Disk Drive) tradisional.

SSD yang ‘tertanam’ di PS5 memiliki kapasitas penyimpanan super luas, yaitu sebesar 825 GB, dengan kecepatan data transfer sekitar 5,5 GB per detik.

4. Grafis Kualitas Tinggi

photoPlayStation 5 menampilkan grafis menawan. - (Sony)

Sony mengklaim, PS5 memiliki perangkat grafis yang dapat menyajikan elemen-elemen visual dalam setiap permainan akan terasa lebih hidup atau realistis.

PS5 memiliki spesifikasi perangkat grafis 8 Core CPU (Central Processing Unit) AMD Zen 2 dan GPU(Graphics Processing Unit) berbasis AMD Radeon RDNA 2.

Dengan spesifikasi tersebut, PS5 mampu menyajikan visual dengan format 4K bahkan 8K dengan kecepatan refresh rate 120Hz.

Dengan kualitas gambar 4320 piksel (8K), visual game yang disajikan pastinya bakal terlihat begitu detail, mulus dan terasa nyata.

5. Fitur Ray Tracing

photoFitur Ray Tracing - (insiderpaper.com)

Ray Tracing berfungsi untuk mengatur pencahayaan agar konten visual yang ditampilkan dalam game memiliki kualitas yang bagus.

Selain itu, Ray Tracing juga membuat setiap detail visual dalam game menjadi lebih realistis.

6. Mendukung Teknologi VR

photoVirtual Reality - (Sony)

VR (Virtual Reality) merupakan teknologi mutakhir yang memungkinkan pengguna untuk dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan di dalam game atau video.

Dengan fitur ini, pengguna akan merasakan sensasi seperti masuk ke dalam dunia permainan tersebut.

PS5 memiliki fitur bernama ‘Move Motion Controller’ untuk menjalankan sejumlah game yang menyajikan fitur VR dalam gameplaynya.

Move Motion Controller mengadopsi sistem easy-to-use button (tombol yang mudah dioperasikan), serta desain ergonomis dengan kemampuan sensitivitas gerakan dan respon yang sangat akurat.

7. Audio 3D: Tempest 3D Engine

photo(Ilustrasi) Tempest 3D Audio:Engine - (gamerant.com)

Tempest 3D Audio Engine merupakan fitur audio yang dapat menyajikan output suara 3D berbasis objek yang ada di dalam game.

Teknologi audio ini tidak akan kamu dapatkan pada konsol PlayStation sebelumnya. Tempest 3D Audio Engine memungkinkan kamu mendengarkan suara di dalam game yang seolah-olah terjadi di sekitar pengguna.

Contohnya, tetesan air hujan di area permainan dapat terdengar dengan begitu jelas, sehingga rasanya seperti terjadi hujan di sekitar pengguna.

8. Dual Sense Controler

photoDual Sense Controler - (Sony)

Dual Sense merupakan perangkat kontroler atau stik dengan sistem Wireless (tanpa kabel) dengan tujuan agar para pengguna dapat memainkan game dengan lebih interaktif.

Kontroler PS5 menerapkan teknologi ‘Haptic feedback’ dengan mengoptimalisasikan respon indera peraba pada tangan manusia.

Tak hanya itu, kontroler PS5 juga menerapkan teknologi yang disebut dengan ‘Dynamic Adaptive Triggers’.

Dengan teknologi ini, pengguna dapat merasakan getaran realistis pada stik atau kontroler yang sedang digenggam, ketika terjadi sesuatu yang dramatis atau menegangkan di dalam game yang sedang dimainkan.

Dual Sense menyajikan pengalaman bermain game yang luar biasa, ini dikarenakan setiap game yang dimainkan akan memberikan sensasi sentuhan atau getaran yang berbeda-beda.

9. Kompatibel dengan Game PS4

photoGame PS4 dapat dimainkan di PS5. - (Sony)

Apabila kamu membeli PlayStation 5, namun tetap ingin memainkan game-game dari PlayStation 4, sebuah fitur bernama ‘Backward Compatibility’ memberikan jawabannya.

Akan tetapi, PS5 tidak menyediakan fitur bagi kamu yang ingin memainkan game-game dari seri PlayStation 1 hingga 3.

Ini dikarenakan, optic disc yang digunakan PS5 dan PS4 sama-sama telah menggunakan teknologi BluRay Disc, sedangkan PS2 masih menggunakan DVD format.

Bahkan, PlayStation 1 masih menggunakan teknologi format CD (Compact Disc) yang notabene di zaman sekarang sudah sangat jarang digunakan.

Selain itu, meskipun seri PlayStation 3 sudah mendukung format BluRay Disc, namun engine atau komponen hardware maupun software di dalamnya berbeda dengan PS4 dan PS5 yang spesifikasinya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan perangkat yang ada di dalam PS3.

10. Melimpahnya Game Eksklusif

photoPS5 menyediakan berbagai game eksklusif. - (Sony)

Banyak game-game eksklusif yang hanya bisa kamu mainkan di PS5. Ini dikarenakan, sejumlah kreator dan perusahaan game, kini sedang gencar-gencarnya membuat berbagai permainan baru bagi konsol ini.

Disisi lain, Sony juga sedang giat-giatnya melakukan promosi bagi konsol terbarunya tersebut ke seluruh dunia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola29 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024, Selangkah Menuju Final!

Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024.
Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024. (Korsel) | Foro : Ist
Sehat29 April 2024, 12:00 WIB

Bebas Asam Urat: 10 Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Degeneratif Tanpa Obat

Asam urat termasuk salah satu penyakit degeneratif, yakni penyakit yang biasanya dialami oleh lansia. Meskipun saat ini, penyakit asam urat juga kerap dimiliki oleh generasi millenial dan Z.
Ilustrasi. Tenaga Profesional Kesehatan | Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat dengan Rutin Konsultasi Dokter (Sumber : pixabay.com/@Max)
Inspirasi29 April 2024, 11:57 WIB

Program Light Up The Dream, PLN UP3 Sukabumi Laksanakan Penyalaan Listrik Gratis

Light Up The Dream merupakan program penyambungan listrik gratis dari donasi pegawai PLN.
PT PLN (Persero) UP3 melalui ULP Sukaraja melaksanakan penyambungan listrik gratis melalui program LUTD kepada masyarakat. | Foto: PLN
Sukabumi29 April 2024, 11:31 WIB

84 Orang Diduga Keracunan Makanan Hajatan di Kabandungan Sukabumi, Begini Kondisinya

Rombongan pengantin laki-laki dan tamu undangan mulai merasa tidak enak badan pada Minggu sore.
Salah satu warga saat dirawat di puskesmas setelah diduga keracunan makanan hajatan pernikahan di Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
Life29 April 2024, 11:30 WIB

6 Tanda Kamu Memiliki Bakat Jadi Pemimpin di Masa Depan, Ini Buktinya

Jika orang memiliki jiwa sebagai pemimpin, biasanya akan nampak pada sikapnya, baik untuk dirinya maupun kepada orang lain.
Ilustrasi. Tanda orang yang berjiwa pemimpin. Sumber foto : Pexels/Rebrand Cities
Life29 April 2024, 11:00 WIB

10 Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri

Inilah Beberapa Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri. Yuk, Coba Lakukan!
Ilustrasi -  Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri (Sumber : pexels.com/@Askar Abayev)
Life29 April 2024, 10:59 WIB

Beri dengan Segera, 5 Cara Mengatur Sistem Hadiah untuk Anak Balita

Sistem penghargaan bergantung pada penguatan positif untuk mendorong perilaku yang baik. Berikut cara membuat sistem penghargaan untuk balita, anak prasekolah, dan anak usia sekolah.
Ilustrasi hadiah untuk balita. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
Life29 April 2024, 10:30 WIB

5 Cara Menjadi Orang yang Berhati Lembut Agar Bijak Menjalani Hidup

Memiliki hati lembut tentu diidamkan sebagian orang. Karena dengan berhati lembut tidak akan mudah grasak-grusuk, emosian dan marah-marah menyikapi sesuatu.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang berhati lembut. Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Sukabumi29 April 2024, 10:27 WIB

161 Penerima Beasiswa 1000 Anak Negeri 2024 Ikut Bimtek SCAU Universitas Nusa Putra

Program beasiswa 1000 anak Negeri merupakan persembahan Universitas Nusa Putra dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi.
Penerima beasiswa 1000 Anak Negeri tahun 2024 Universitas Nusa Putra di ruang auditorium Universitas Nusa Putra, Cisaat-Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life29 April 2024, 10:10 WIB

5 Penyebab Balita Menggigit, Salah Satunya Membantu Berkomunikasi

Banyak anak usia 1 tahun yang menggunakan giginya dibandingkan lidahnya. Berikut ini penyebab balita yang senang menggigit.
Ilustrasi balita menggigit. | Foto: Freepik