LPBI NU Sebut 42 Desa di Purwakarta Rawan Bencana Alam

Jumat 12 Februari 2021, 03:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Purwakarta melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU), mengidentifikasi sebanyak 42 Desa di Purwakarta rawan terkena bencana alam akibat cuaca ekstrem hujan.

Adapun penyebaran desa-desa berpotensi mengalami bencana alam tersebut ada di sepuluh kecamatan. Kecamatan Plered (1 desa), Bungursari (3 desa), Pasawahan (4 desa), Cibatu (1 desa), Babakancikao (1 desa), Sukasari (4 desa). Kecamatan Campaka (3 desa), Wanayasa (5 desa), Pondoksalam (7 desa), Bojong (10 desa), Maniis (2 desa). Dan Kecamatan Tegalwaru (1 desa).

Mayoritas jenis bencana alam yang rawan terjadi di desa-desa tersebut adalah bencana tanah longsor. Yang lainnya adalah bencana gerakan tanah dan banjir.

"Data ini kami peroleh dari hasil identifikasi tim atas desa-desa yang pernah terjadi bencana sebelumnya, dan potensi terjadi bencana alam karena kondisi geografis terkini," ungkap Riana A. Wangsadiredja, Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Kab. Purwakarta, Jumat (12/2/2021).

Untuk itu, diperlukan mitigas bencana secara seksama yang dilakukan Pemerintah Daerah bersama seluruh pemangku kepentingan, termasuk dengan Nahdlatul Ulama sebagai organisasi masyarakat Islam yang mayoritas di Purwakarta.

"Kami siap membantu pemerintah daerah untuk bersama-sama berupaya dalam proses mitigasi dan penanggulangan bencana alam di Purwakarta ini," katanya.

Lalu, dalam hal penanggulangan atas bencana alam yang sedang terjadi. Seperti bencana gerakan tanah di Desa Pasanggrahan, Tegalwaru, LPBI NU Purwakarta sendiri telah menyiapkan beberapa langkah untuk itu.

"Kami akan segera berkoordinasi dengan pemerintah untuk ikut bagian dalam penanggulangan. Sesegera mungkin kami akan membuat posko dan distribusi bantuan di sana," ujar Kang Riana.

Antara lain, membuat dapur umum, mendistribusikan bantuan pangan dan papan serta obat-obatan, sesuai kebutuhan hasil analisis tim di lokasi.

NU Purwakarta Bentuk Tim Terpadu Penanggulangan Bencana

Atas peristiwa bencana alam yang terjadi di Tegalwaru, dan data identifikasi potensi bencana dari LPBI, maka NU Purwakarta membentuk Tim Terpadu Penanggulangan Bencana.

Tim Terpadu ini dibentuk sebagai upaya percepatan mitigasi dan penanggulangan bencana alam, yang di mana posisinya tegas untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat Purwakarta umumnya.

"Mulai hari ini, saya kukuhkan Tim ini yang berada di bawah koordinasi LPBI NU, untuk mulai membantu masyarakat Purwakarta, khususnya korban bencana alam, juga sebagai mitra bagi pemerintah dalam melakukan mitigasi dan penanggulangan bencana," jelas KH. Bahir Muhlis, M.M, Ketua Tanfidyah NU Kabupaten Purwakarta, Jumat (12/2/2021), di Kantor PCNU Purwakarta

Kang Haji Bahir pun menyampaikan rasa duka yang sedalam-dalamnya untuk korban bencana gerakan tanah di Tegalwaru. Dan berharap kepada seluruh warga di sana, dan masyarakat Purwakarta umumnya, agar selalu waspada namun tetap tenang dalam kondisi cuaca ekstrem saat ini.

Selain itu, Ketua NU Purwakarta ini juga meminta kepada seluruh pengurus tingkat kecamatan dan desa, serta warga nahdliyin Purwakarta untuk siap membantu dan mengulurkan tangannya kepada korban bencana alam. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU
Internasional19 April 2024, 02:43 WIB

28 Karyawan Dipecat, Buntut Protes Kontrak Kerja Google dengan Militer Israel

Google memecat sejumlah karyawan setelah diketahui melakukan protes terhadap kondisi tenaga kerja dan kontrak perusahaan dengan militer Israel.
Kantor Google di San Francisco | Foto : Ist
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi18 April 2024, 22:56 WIB

Anggota DPRD Beri Apresiasi Libur Lebaran 2024 di Sukabumi Nihil Korban Jiwa

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim gabungan atas keberhasilan mereka dalam meningkatkan keamanan di objek wisata selama libur Lebaran 2024.
Badri Suhendi, Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola18 April 2024, 22:54 WIB

Hasil Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia Bungkam Australia 1-0

Gol Komang Teguh membawa Timnas Indonesia U-23 kalahkan Australia di Piala Asia U-23 2024.
Komang Teguh cetak gol satu-satunya Timnas Indonesia U-23 atas Australia di Piala Asia U-23 2024 Qatar. (Sumber : PSSI)