Jelang Pilkada 2020, Jurnalis dan Kesbangpol Cianjur Kolaborasi di Sawala Politika

Senin 27 Januari 2020, 14:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Cianjur bekerja sama dengan PWI Perwakilan Cianjur dan IJTI Korda Cianjur menggelar Sawala Politika bertajuk "Jelang Pilkada 2020", Senin (27/01/2020). Kegiatan yang diikuti peserta jurnalis dari berbagai media ini digelar di salah satu kafe di Jalan Raya Cipanas, Panembong, Cianjur.

Kegiatan tersebut berkonten forum diskusi panel dengan menghadirkan narasumber dari penyelenggara pemilu, yakni KPU Kabupaten Cianjur dan Bawaslu Kabupaten Cianjur.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Cianjur, Dadan Ginanjar mengapresiasi kegiatan tersebut yang inisiasinya datang dari kalangan jurnalis. Menghadapi Pilkada Kabupaten Cianjur 2020, kata Dadan, semua elemen masyarakat harus ikut menyukseskannya.

"Ini adalah momentum semua elemen masyarakat, termasuk kalangan jurnalis, untuk ikut berperan pada pilkada. Saya tentu mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari upaya menciptakan Pilkada Kabupaten Cianjur yang damai dan aman," kata Dadan pada sambutannya.

Dadan menitipkan pesan kepada para jurnalis agar bisa bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah. Sebab, peran media massa sangat penting sebagai corong informasi kepada masyarakat.

"Hadirnya narasumber dari KPU dan Bawaslu, tentu juga bisa memberikan informasi sejauh mana kesiapan para penyelenggara menghadapi pilkada. Ini tentunya akan dinformasikan kembali kepada masyarakat agar mengetahuinya. Saya percaya, wartawan di Cianjur selalu mengedepankan konfirmasi, tabayyun terhadap informasi yang beredar," sebut Dadan.

Asda III Setda Kabupaten Cianjur, Rahmat Hartono, pun mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia pun menitipkan pesan agar dari forum diskusi Sawala Politika ini akan menghasilkan suatu ide atau gagasan menjaga kondusivitas menghadapi Pilkada Cianjur 2020. 

"Saya acungi jempol bagi para wartawan Cianjur yang bisa berkolaborasi dengan Kesbangpol mengadakan kegiatan ini. Saya yakin, para wartawan juga ingin membangun Kabupaten Cianjur melalui kompetensi yang dimiliki yakni menginformasikan melalui media massa," kata Rahmat.

Ketua PWI Kabupaten Cianjur, Mokhammad Ikhsan mengatakan Sawala Politika merupakan sebuah wadah diskusi dan berbagi informasi, utamanya saat ini menghadapi pilkada. Kegiatannya bukan hanya kali ini, tapi sebelumnya juga sudah pernah dilaksanakan.

"Sawala Politika ini kami buat dengan tujuan agar media punya peran membangun daerah melalui kemampuan yang dimiliki. Kompetensi kami membangun daerah itu melalui narasi sebagai informasi kepada khalayak," kata Ikhsan.

Karena itu, jelas Ikhsan, penting adanya koordinasi dan kolaborasi dengan elemen pemerintahan maupun penyelenggara Pilkada untuk bersama-sama memberikan informasi kepada masyarakat sejauh mana persiapan dan prosesnya. "Sawala Politika ini kami laksanakan berkesinambungan," tegas Ikhsan.

Ketua IJTI Korda Cianjur, Rendra Gozali, berharap kegiatan forum diskusi Sawala Politika ini terus dilaksanakan secara rutin untuk membuka wawasan masyarakat terhadap edukasi politik. Ke depan, peserta Sawala Politika harus merangkul semua kalangan agar ide dan gagasan bisa muncul yang nanti akan diimplementasikan oleh para pemimpin. "Media sebagai salah satu pilar demokrasi harus berperan terhadap pembangunan," tandasnya.

Hadir sebagai narsumber pada kegiatan itu Komisioner Bidang Hukum KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur, Usep Agus Zawari. Diskusi diisi dengan dialog interaktif antara narasumber dan para peserta yang merupakan kalangan jurnalis dengan moderator Firman Taufiqurrahman, jurnalis kompas.com.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel03 Mei 2024, 14:25 WIB

Menikmati Lukisan Alam: Meronanya Sunset di Pantai Minajaya Sukabumi

Salah satu daya tariknya adalah hamparan batu karang yang unik dan ombak yang relatif tenang, ditambah saat cuaca bagus menjadi lukisan alam yang indah dengan sunset yang merona.
Sunset di pantai minajaya, Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat (Sumber: istimewa/kang baban)
Bola03 Mei 2024, 14:15 WIB

Jokowi Minta Timnas Indonesia U-23 Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024 di Laga Play-off

Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024.
Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024. (Sumber : X/@jokowi).
Bola03 Mei 2024, 14:00 WIB

Hadapi Bali United, Bek Persib Alberto Rodriguez Antusias Tatap Championship Series

Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series. (Sumber : X@persib)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:49 WIB

Disperkim Segera Bangun Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi, Lokasi Mulai Dirapihkan

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) telah memulai melakukan penataan area lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi yang berada di Alun-Alun Palabuhanratu.
Penataan area pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).