Bandara Kertajati Resmi Beroperasi Penuh Gantikan Husein Sastranegara

Minggu 29 Oktober 2023, 23:22 WIB
Penerbangan pertama di Bandara Kertajati usai beroperasi penuh. (Sumber : Biro Adpim Jabar)

Penerbangan pertama di Bandara Kertajati usai beroperasi penuh. (Sumber : Biro Adpim Jabar)

SUKABUMIUPDATE.com - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, Majalengka mulai hari ini, Minggu 29 Oktober 2023 resmi beroperasi penuh melayani penerbangan domestik dan internasional. Layanan penerbangan di Bandara Kertajati itu merupakan pengambilalihan dari layanan di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas dua penerbangan perdana, yaitu maskapai AirAsia rute Kertajati-Denpasar keberangkatan pukul 08.15 WIB dan penerbangan maskapai Super Air Jet rute Kertajati-Medan keberangkatan pukul 08.30 WIB. Menurut dia, pengalihan layanan itu untuk meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Akhirnya kita secara resmi melakukan penerbangan perdana di Bandara Kertajati dan Alhamdulillah dengan suatu volume yang relatif baik untuk satu bandara yang pertama kali, yaitu 20 takeoff-landing. Ini volume yang banyak apalagi okupansinya 80 persen,” kata Budi Karya dikutip dari tempo.co.

Budi Karya mengatakan, Bandara Kertajati di Majalengka adalah bandara terbesar di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta. Lokasinya juga diklaimnya strategis. Bandara Kertajati juga berjarak 45 kilometer dari Pelabuhan Patimban di Subang yang juga merupakan pelabuhan terbesar kedua di Indonesia setelah Tanjung Priok.

“Saya mengharapkan semua stakeholder, terutama Pak Gubernur, Dinas Pariwisata, hotel-hotel, dan travel mari mendukung kegiatan yang ada di Bandara Kertajati ini karena kita tahu bahwa konektivitas itu adalah mempersatukan Indonesia,” kata Budi Karya.

Baca Juga: Jokowi Minta Konstruksi Bandara Kertajati-Tol Bocimi Dipercepat

Budi Karya mengatakan, peluang investasi di bandara Kertajati juga terbuka lebar. “Untuk logistik bisa di sini, Patimban dekat sini, jadi kalau logistik bagus sekali,” kata dia.

Menurut Budi Karya, pemindahan operasional penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati Majalengka salah satunya karena alasan keamanan.

Budi Karya menjelaskan, Bandara Husein Sastranegara itu landasannya pendek dan berada di cekungan, sehingga dari segi safety memang Bandara Husein Sastranegara punya masalah. Apalagi populasinya sudah banyak sekali.

"Kita membutuhkan landasan 3.000 meter panjangnya, di sana cuma 2.200 meter, supaya Boeing 777 bisa mendarat, supaya Jawa Barat bisa langsung dari Arab Saudi ke sini, dari Eropa ke sini, dari Amerika ke sini. Tentu ini memberikan meningktkan trafik Jawa Barat,” kata Budi Karya.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin melakukan simbolis pengoperasian penuh Bandara Kertajati. (Foto: Biro Adpim Jabar).Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin melakukan simbolis pengoperasian penuh Bandara Kertajati. (Foto: Biro Adpim Jabar).

Budi Karya optimisti

Baca Juga: Gedung Bioskop Baru Segera Hadir di Cibadak Sukabumi

s dengan pengembangan Bandara Kertajati. Salah satunya Bandara Kertajati ini akan menjadi bandara yang melayani penerbangan haji dan umrah. “Jawa Barat ini adalah satu tempat yang indah, sehingga menjadi destinasi wisata tetapi juga populer. Dari jumlah, Jawa Barat ini besar seperti Bandung, Cirebon, Sumedang, dan sebagainya ini besar sehingga potensi untuk keluar itu tinggi,” kata dia.

Budi Karya mengatakan dalam lawatannya ke sejumlah negara umumnya tertarik untuk membuka layanan penerbangan ke Bandara Kertajati. “Saya waktu road show ke Dubai, Malaysia, dan India, mereka sangat eager banget untuk menjadikan destinasi Jawa Barat melalui Bandara Kertajati,” kata dia.

Menteri Perhubungan mengatakan, ada 7 rute penerbangan yang sudah dilayani di Bandara Kertajati, di antaranya menuju Denpasar, Balikpapan, Makasar, Kualanamu, Palembang, dan Batam. Bandara Kertajati juga melayani penerbangan internasional menuju Kualalumpur. “Jadi ada 7 destinasi, tapi memang favorit itu Bali dan Kualanamu,” kata dia.

Budi Karya mengatakan, saat ini maskapai juga sedang memberikan tarif diskon untuk tiket penerbangan dari Bandara Kertajati. “Ke Bali itu cuman Rp 500-700 ribu, itu bukan lagi insentif, orang Bandung ke Bali bisa foya-foya. Itu kalau dari Jakarta berapa, bisa Rp 1,4 juta, diskonnya 50 persen,” kata dia.

Menteri Perhubungan meminta agar maskapai memberikan tarif khusus dulu untuk penerbangan di Bandara Kertajati. “Saya minta kepada semua penerbangan Garuda, Citilink, Lion Air, Batik, atau AirAsia memberikan tiket khusus karena kita ingin membuat suatu keramaian,” kata Budi Karya.

Budi Karya berharap, semua stakeholder, baik itu kementerian, lembaga, pemerintah daerah, Dinas Pariwisata, pelaku usaha hotel, travel, serta unsur terkait lainnya, mendukung penuh kegiatan penerbangan di Bandara Kertajati. Karena, dengan semakin baiknya konektivitas diharapkan akan meningkatkan perekonomian dan potensi wisata.

“Yang akan mendorong kesejahteraan masyarakat, serta mempersatukan Indonesia,” kata Budi Karya.

Baca Juga: Bandara Sukabumi dalam Perda RTRW Jabar Terbaru, Progres Cikembar Hub

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin memastikan bahwa Bandara Kertajati sudah siap 100 persen beroperasi. Oleh karenanya ia mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan hadirnya bandara yang menjadi kebanggaan warga Jabar tersebut. Terlebih akses ke Kertajati pun sangat mudah dan cepat melalui Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

"Tadi saya dari Bandung sejam ke sini. Kalau naik Damri 1,5 jam, tapi ke Jakarta bisa lebih dari dua jam," tuturnya.

Bey mengatakan, untuk lebih mengoptimalkan operasional Kertajati, pihaknya sudah menginstruksikan ASN di Jabar untuk bepergian menggunakan Bandara Kertajati sekaligus kepada ASN di wilayah Jawa Tengah, khususnya daerah yang berbatasan dengan Jabar.

"Untuk optimalisasi kami sudah imbau ASN Jabar untuk menggunakan Kertajati dan ASN di Jateng yang di wilayah Brebes dan sekitarnya kami juga sudah mengimbau untuk menggunakan ini karena secara jarak lebih dekat," ungkap Bey.

Ia optimistis aktivitas Bandara Kertajati akan lebih ramai dalam waktu yang tidak terlalu lama. Hal tersebut akan berdampak pada meningkatkanya geliat pariwisata, khususnya di kawasan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan).

"Saya optimistis ke depan (pertumbuhan sektor pariwisata) akan meningkat karena salah satunya banyak destinasi wisata di daerah sini," ucapnya.

SUMBER: TEMPO.CO/HUMAS JABAR

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan06 Mei 2024, 13:32 WIB

Terbaru Sepatu Bata! Pabrik-pabrik Bangkrut, Tumbang Dihantam Kerugian

Setelah banyak pabrik bangkrut termasuk di Sukabumi, terbaru produsen alas kaki, PT Sepatu Bata Tbk industri, menutup pabriknya yang berada di Purwakarta Jawa Barat.
Ragam produk sepatu BATA (Sumber: istimewa/akun ig BATA)
Life06 Mei 2024, 13:30 WIB

Beri Ruang Untuk Emosi Mereka, 7 Cara Mendisiplinkan Anak di Depan Umum

Mendisiplinkan anak di luar rumah bisa membuat stres. Namun kuncinya adalah tetap berpegang pada teknik disiplin yang biasa dilakukan dan tetap memperhatikan tujuan jangka panjang.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak di depan umum dengan memberikan ruang emosi. Sumber : pexels.com/@Scott Webb
Life06 Mei 2024, 13:13 WIB

Ini 7 Strategi Disiplin untuk Anak Penderita ADHD yang Bisa Diterapkan

Anak dengan penderita ADHD memerlukan perhatian khusus, bahkan dalam hal disiplin sekalipun.
Ilustrasi strategi disiplin anak ADHD. | Foto: Pexels.com/@RDNE Stock Project
Sehat06 Mei 2024, 13:00 WIB

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Bagi Asam Lambung (GERD), Bikin Gejala Memburuk!

Beberapa makanan dan minuman dilarang dan sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung.
Ilsutrasi Makanan Pedas - Beberapa makanan dan minuman dilarang dan sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung. | Foto: Freepik (Sumber : Freepik)
Life06 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Sikap Orang Tua yang Bisa Membuat Anak Berperilaku Buruk

Ada beberapa hal yang jarang orang tua sadari bahwa anak-anak peniru yang ulung, baik itu perilaku baik maupun perilaku buruk.
Ilustrasi. Hindari perilaku buruk agar anak tidak meniru. Sumber : pexels.com/@Gustavo Fring
Keuangan06 Mei 2024, 12:25 WIB

Harga Beras Bulog Naik! Cek Harga Eceran Terbaru per Wilayah, Termasuk Sukabumi

Per 1 Mei 2024 pemerintah menaikan harga eceran beras bulog.
Beras SPHP Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan untuk operasi pasar (Sumber: perum bulog)
Bola06 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Belum Pernah Menang Lawan Bali United Sejak 2017, Alberto: Fakta yang Aneh!

Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series. (Sumber : Instagram/@albertorguezmartin)
Jawa Barat06 Mei 2024, 11:46 WIB

Membahas Peran Perda 5/2021 Jabar, M Jaenudin Bicara Perlindungan Masyarakat

Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar ini meminta pemerintah harus menjamin warganya untuk merasa tentram, tertib dan terlindungi berdasarkan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
Anggota DPRD Jawa Barat, Muhammad Jaenudin, S.Ag., MH. melaksanakan Kegiatan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Tahun Anggaran 2023/2024 di Aula Resto King Raos Cibolang Cibatu Cisaat Sukabumi (Sumber: doktim/baim)
Sukabumi06 Mei 2024, 11:45 WIB

Jualan di Jalan Ahmad Yani, Gas LPG PKL Bandel di Kota Sukabumi Disita Petugas

Beberapa PKL dinilai bandel karena menempatkan gerobak di badan jalan.
Petugas Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi saat menyita gas tiga kilogram (LPG) milik PKL yang berjualan di Jalan Ahmad Yani, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life06 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa
Ilustrasi. Kesalahan orang tua penyebab anak sulit disiplin. Sumber foto : Pexels/Karolina Grabowska