Reses di Bojongraharja, Hendar Darsono Dicurhati Soal Zonasi PPDB di Sukabumi

Jumat 11 Agustus 2023, 16:16 WIB
Warga menyampaikan aspirasi dalam reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Bojongraharja Cikembar Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)

Warga menyampaikan aspirasi dalam reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Bojongraharja Cikembar Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Walaupun masa penerimaan siswa baru tahun ajaran 2023 sudah berlalu, warga masih menyimpan kekecewaan dengan sistem zonasi PPDB. Warga memanfaatkan momen reses III 2023 anggota DPRD Jawa Barat Hendar Darsono untuk curhat soal PPDB khususnya sistem zonasi yang dinilai merugikan pelajar.

PPDB 2023 sistem zonasi untuk tingkat SLTA sederajat menjadi aspirasi yang bahas oleh warga dan Hendar saat reses yang berlangsung di Aula Desa Bojongraharja Jalan Pelabuan 2 KM 14,5 RT 02 RW 06 Desa Bojongraharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, Kamis 10 Agustus 2023.

Berdasarkan pengakuan sejumlah warga kepada Hendar, posisi desa Bojongraharja yang berjarak kurang lebih 5 km dari SMA Negeri di Kecamatan Cikembar membuat banyak anak-anak mereka ditolak oleh sistem zonasi PPDB. SMAN Cikembar adalah satu-satunya sekolah negeri yang terdekat dengan Bojongraharja, salah satunya diungkap oleh H Rizal.

Baca Juga: Irpan dari Sukabumi Dalam Daftar Pemain Timnas Voli Asian Men's Volleyball Champions

“Warga mengeluhkan sistem zonasi PPDB. Untuk tingkat SLTA sederajat saat ini dibawa kendali pemerintah provinsi Jawa Barat dalam hal ini dinas pendidikan. Jadi banyak orang tua siswa di Bojongraharja berharap evaluasi untuk sistem PPDB,” jelas Hendar kepada sukabumiupdate.com, Jumat (11/8/2023).

Selain soal zonasi PPDB lanjut Hendar, warga juga menyampaikan keinginan untuk pembangunan jalan alternatif, yang bisa jadi solusi kemacetan di jalan provinsi, yaitu jalan Palabuan 2 wilayah Kecamatan Cikembar.

Reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Bojongraharja Cikembar Kabupaten SukabumiReses III 2023 Hendar Darsono di Desa Bojongraharja Cikembar Kabupaten Sukabumi

“Jadi ada jalan desa di Bojongraharja yang sebenarnya bisa digunakan sebagai alternatif karena jalan pelabuhan 2 macet saat bubaran karyawan pabrik. Jalan tersebut diminta untuk dibangun oleh pemerintah provinsi karena keterbatasan sumber daya di pemerintah desa,” lanjut Hendar.

Baca Juga: 4 Tips Agar Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2023, Pendaftar Wajib Tahu!

Anggota komisi II DPRD Jabar ini menegaskan aspirasi dari Bojongraharja ini akan diperjuangkan, baik oleh fraksi maupun lembaga DPRD. “Sebagai masukan yang kami terima langsung dari warga saat reses, untuk kemudian dibahas bersama dengan pemerintah provinsi Jawa Barat,” beber Hendar.

Dihubungi terpisah, Rizal Faisal, BPD Bojongraharja yang ikut dalam reses III 2023 Hendar Darsono menjelaskan bahwa masalah sistem PPDB 2023 membuat warga kecewa. Tak hanya itu, anak-anak kerabat dan tetangganya banyak yang menangis dan sempat tidak mau melanjutkan sekolah, karena ditolak sistem zonasi PPDB online 2023.

“Warga tahunya, Bojongrahartja itu Cikembar. SMAN Cikembar itu satu-satunya sekolah negeri terdekat. Makanya kemaren kita suarakan kepada pak Hendar Darsono, agar sistem zonasi PPDB dievaluasi,” ungkapnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga: Lowongan Kerja Visitor Staff untuk Lulusan S1, Penempatan di Sukabumi

Selain masalah PPDB, Rizal juga membenarkan jika ada usulan mendesak ke pemerintah provinsi agar membantu menuntaskan pembangunan jalan alternatif di Bojongraharja. Jalan desa yang belum tuntas pembangunannya karena terkendala kemampuan anggaran.

“Paling tinggal 250 meter lagi yang belum di cor. Selain itu, jalan tersebut juga perlu pelebaran, karena hanya bisa untuk satu lajur kendaraan roda 4,” jelas Rizal.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).