Reses di Bojongraharja, Hendar Darsono Dicurhati Soal Zonasi PPDB di Sukabumi

Jumat 11 Agustus 2023, 16:16 WIB
Warga menyampaikan aspirasi dalam reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Bojongraharja Cikembar Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)

Warga menyampaikan aspirasi dalam reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Bojongraharja Cikembar Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Walaupun masa penerimaan siswa baru tahun ajaran 2023 sudah berlalu, warga masih menyimpan kekecewaan dengan sistem zonasi PPDB. Warga memanfaatkan momen reses III 2023 anggota DPRD Jawa Barat Hendar Darsono untuk curhat soal PPDB khususnya sistem zonasi yang dinilai merugikan pelajar.

PPDB 2023 sistem zonasi untuk tingkat SLTA sederajat menjadi aspirasi yang bahas oleh warga dan Hendar saat reses yang berlangsung di Aula Desa Bojongraharja Jalan Pelabuan 2 KM 14,5 RT 02 RW 06 Desa Bojongraharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, Kamis 10 Agustus 2023.

Berdasarkan pengakuan sejumlah warga kepada Hendar, posisi desa Bojongraharja yang berjarak kurang lebih 5 km dari SMA Negeri di Kecamatan Cikembar membuat banyak anak-anak mereka ditolak oleh sistem zonasi PPDB. SMAN Cikembar adalah satu-satunya sekolah negeri yang terdekat dengan Bojongraharja, salah satunya diungkap oleh H Rizal.

Baca Juga: Irpan dari Sukabumi Dalam Daftar Pemain Timnas Voli Asian Men's Volleyball Champions

“Warga mengeluhkan sistem zonasi PPDB. Untuk tingkat SLTA sederajat saat ini dibawa kendali pemerintah provinsi Jawa Barat dalam hal ini dinas pendidikan. Jadi banyak orang tua siswa di Bojongraharja berharap evaluasi untuk sistem PPDB,” jelas Hendar kepada sukabumiupdate.com, Jumat (11/8/2023).

Selain soal zonasi PPDB lanjut Hendar, warga juga menyampaikan keinginan untuk pembangunan jalan alternatif, yang bisa jadi solusi kemacetan di jalan provinsi, yaitu jalan Palabuan 2 wilayah Kecamatan Cikembar.

Reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Bojongraharja Cikembar Kabupaten SukabumiReses III 2023 Hendar Darsono di Desa Bojongraharja Cikembar Kabupaten Sukabumi

“Jadi ada jalan desa di Bojongraharja yang sebenarnya bisa digunakan sebagai alternatif karena jalan pelabuhan 2 macet saat bubaran karyawan pabrik. Jalan tersebut diminta untuk dibangun oleh pemerintah provinsi karena keterbatasan sumber daya di pemerintah desa,” lanjut Hendar.

Baca Juga: 4 Tips Agar Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2023, Pendaftar Wajib Tahu!

Anggota komisi II DPRD Jabar ini menegaskan aspirasi dari Bojongraharja ini akan diperjuangkan, baik oleh fraksi maupun lembaga DPRD. “Sebagai masukan yang kami terima langsung dari warga saat reses, untuk kemudian dibahas bersama dengan pemerintah provinsi Jawa Barat,” beber Hendar.

Dihubungi terpisah, Rizal Faisal, BPD Bojongraharja yang ikut dalam reses III 2023 Hendar Darsono menjelaskan bahwa masalah sistem PPDB 2023 membuat warga kecewa. Tak hanya itu, anak-anak kerabat dan tetangganya banyak yang menangis dan sempat tidak mau melanjutkan sekolah, karena ditolak sistem zonasi PPDB online 2023.

“Warga tahunya, Bojongrahartja itu Cikembar. SMAN Cikembar itu satu-satunya sekolah negeri terdekat. Makanya kemaren kita suarakan kepada pak Hendar Darsono, agar sistem zonasi PPDB dievaluasi,” ungkapnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga: Lowongan Kerja Visitor Staff untuk Lulusan S1, Penempatan di Sukabumi

Selain masalah PPDB, Rizal juga membenarkan jika ada usulan mendesak ke pemerintah provinsi agar membantu menuntaskan pembangunan jalan alternatif di Bojongraharja. Jalan desa yang belum tuntas pembangunannya karena terkendala kemampuan anggaran.

“Paling tinggal 250 meter lagi yang belum di cor. Selain itu, jalan tersebut juga perlu pelebaran, karena hanya bisa untuk satu lajur kendaraan roda 4,” jelas Rizal.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Buah dan Sayuran Kuning Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Kaya Vitamin B12

Buah dan Sayuran yang berwarna kuning ternya bsia membantu menurunkan kolesterol tinggi. Karena kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh
Ilustrasi buah dan sayur kuning kaya akan vitamin B12 yang mampu turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sehat20 Mei 2024, 17:45 WIB

6 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Penderita Diabetes, Mempengaruhi Insulin!

Olahraga memiliki peran penting bagi penderita diabetes, salah satunya bisa mempengaruhi insulin agar bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk olahraga secara rutin
Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui 6 manfaat olahraga untuk insulin lebih baik. (Sumber : Freepik/@benzoix)
Gadget20 Mei 2024, 17:30 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga HP Tecno Camon 30 Series yang Segera Hadir di Indonesia

Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam.
Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam. (Sumber : tecno-mobile.com).
Sehat20 Mei 2024, 17:15 WIB

Jangan Asal Percaya ! Berikut 7 Mitos dan Fakta Tentang Asam Urat

Banyak mitos yang beredar di tengah masyarakat tentang asam urat. Namun untuk bisa membaca beberapa ulasan mengenai asam urat di dalam artikel ini
Ilustrasi orang dewasa mengalami asam urat di area tangan (Sumber : Freepik.com)