Viral Domba Seharga Rp 400 Juta, Peneliti Sebut Domba Garut Sumber Genetik Terbaik

Senin 03 Juli 2023, 20:45 WIB
Domba Garut disebut sebagai sumber genetik terbaik maka tak heran hewan satu ini kerap dianggap istimewa | Foto: YouTube/Didin Sahidin

Domba Garut disebut sebagai sumber genetik terbaik maka tak heran hewan satu ini kerap dianggap istimewa | Foto: YouTube/Didin Sahidin

SUKABUMIUPDATE.com - Domba Garut telah lama dikenal memiliki keistimewaan dan tak jarang domba jenis ini memiliki harga yang fantastis. Seperti yang baru-baru ini viral di media sosial mengenai seekor domba Garut yang diklaim memiliki harga hingga Rp 400 juta.

Video yang diunggah oleh akun TikTok @gxid100 dengan durasi 17 detik tersebut menampilkan domba jantan yang terlihat bersih, sehat, dan elok.

Pada narasi video viral itu tertulis “Domba Garut harga 400 JT”. Dengan harga fantastis tersebut, hewan ternak ini memiliki penampilan yang luar biasa. Bulunya putih dan bersih, serta wajahnya dianggap tampan. Tidak hanya itu, domba tersebut juga terlihat elegan dan disebut seperti seorang sultan dengan tanduk yang memukau.

Banyak warganet mengomentari video tersebut. Diketahui, domba yang bernilai Rp 400 juta tersebut berasal dari Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dengan penampilannya yang terawat, tidak mengherankan jika harganya fantastis.

Baca Juga: Unik! Domba Jantan Berlafadz Allah di Sukabumi hingga Diminati Pembeli dari Arab

Silsilah genetik

Melansir dari Tempo.co, domba Garut sendiri merupakan salah satu spesies domba yang memiliki nilai genetik dan ciri fisik yang unik. Domba ini memiliki sejarah panjang dan menjadi salah satu sumber daya genetik unggulan asli Indonesia.

Melansir laman Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Grobogan, domba Garut memiliki sejarah yang panjang dan berkembang di wilayah Garut, Jawa Barat. Domba ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat setempat selama berabad-abad.

Denie Heriyadi, seorang peneliti domba Garut dan dosen di Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menyebut, salah satu ciri unik dari domba Garut adalah adanya keterkaitan genetik antara kuping dan ekor.

“Salah satu yang perlu dipahami dari domba garut adalah genetik link pada ekor dan kuping,” kata Denie saat mempresentasikan hasil penelitiannya terkait domba garut dalam acara Bedah Buku “Pernak-pernik dan Senarai Domba Garut” yang digelar Fakultas Peternakan Unpad secara virtual, Selasa 13 Juli 2021 lalu.

Baca Juga: 7 Perbedaan Kambing dan Domba, Cek Hewan Kurban untuk Idul Adha Yuk!

Denie menjelaskan, bentuk kuping dan ekor domba garut memiliki kombinasi kuping rumpung atau ngadaun hiris dengan ekor ngabuntut beurit atau ngabuntut bagong. Domba Garut juga disebut sebagai sumber genetik terbaik. Ini ditunjukkan melalui tingkat prolifikasi atau tingkat kesuburannya yang tinggi.

Tingkat prolifikasi domba Garut jauh lebih tinggi daripada spesies lain. Hanya sedikit spesies yang bisa menandingi tingkat prolifikasi domba Garut di Indonesia, kecuali domba Barbados Blackbelly.

Kualitas daging

Selain itu, kualitas daging dari domba Garut memiliki perbedaan yang mencolok. Hal ini disebabkan oleh jenis pakan unik dan tingkat aktivitas yang berbeda. Domba Garut adalah pemakan segala jenis hijauan, yang membuat kualitas daging dan kulitnya menjadi khas.

Baca Juga: Domba, Kambing, Sapi dan Unta: Mana Hewan Kurban yang Lebih Baik untuk Idul Adha?

Selain itu, domba ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Harganya yang kompetitif mampu memberikan kontribusi positif bagi perekonomian.

Menurut Dosen Unpad itu, bisnis domba Garut memiliki pangsa pasar tersendiri dan dapat memberikan sumber penghidupan bagi masyarakat.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 19:30 WIB

Sehat dan Bebas dari Kolesterol Tinggi: 5 Latihan Fisik yang Harus Anda Lakukan

Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana.
Ilustrasi - Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. (Sumber : Freepik.com).