PPDB Jabar Tahap 2 Resmi Dibuka: Cek Jadwal, Ketentuan dan Cara Daftarnya

Senin 26 Juni 2023, 10:28 WIB
Peserta didik yang lolos PPDB Jabar 2023 tahap 1 mendaftar ulang di SMKN 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Rabu (21/6/2023). (Sumber : Fauzan Kesuma/Disdik Jabar)

Peserta didik yang lolos PPDB Jabar 2023 tahap 1 mendaftar ulang di SMKN 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Rabu (21/6/2023). (Sumber : Fauzan Kesuma/Disdik Jabar)

SUKABUMIUPDATE.com - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru Provinsi Jawa Barat tahun 2023 (PPDB Jabar 2023) Tahap II untuk Jenjang SMA dan SMK resmi dibuka hari ini Senin (26/6/2023). Jalur yang dibuka dalam PPDB Jabar Tahap 2 ini adalah Jalur Zonasi untuk SMA dan Jalur Prestasi Rapor untuk SMK.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Dinas Pendidikan Jabar, jadwal PPDB Jabar 2023 Tahap II mengalami perubahan. Pendaftaran akan berlangsung dalam dua termin.

Jadwal Pendaftaran PPDB Jabar 2023 Tahap II

1. Termin pertama 26 -27 Juni

2. Termin kedua 3-4 Juli

Sedangkan untuk masa sanggah verifikasi, dilakukan pada 27 Juni 2023 dan 3-5 Juli 2023.

Baca Juga: Perubahan Jadwal PPDB Tahap 2 Jawa Barat 2023 Jenjang SMA/Sederajat

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya mengatakan, untuk kuota masing-masing jalur, jalur zonasi (jenjang SMA) sebesar 50% dan SMK (prestasi nilai rapor) 25%.

"Pendaftaran PPDB tahap 2 ini dilaksanakan secara daring melalui website disdik.jabarprov.go.id dan aplikasi Sapawarga," ujarnya.

Untuk melakukan pendaftaran PPDB Jabar 2023 melalui aplikasi Sapawarga, Calon Peserta Didik Baru atau CPDB dapat mengunduh aplikasinya di Google Play Store dan App Store. Untuk bisa menikmati fitur PPDB di aplikasi Sapawarga, CPDB sebelumnya harus memiliki akun PPDB Jabar 2023 yang digunakan juga di situs PPDB terkait Nomor Induk Siswa (NIS) dan password.

Pengguna aplikasi Sapawarga akan diingatkan secara otomatis ketika terdapat informasi penting PPDB Jabar 2023 melalui Fitur In App Notification (Push Notification). PPDB 2023 menggunakan teknologi Geocoding dari Google Maps untuk mempermudah pendaftar sehingga tidak perlu melakukan copy paste (pencarian) latitude dan longitude domisili secara manual.

Dalam fitur PPDB Jabar 2023 yang tersedia di aplikasi Sapawarga, CPDB akan mendapatkan berbagai informasi mengenai pelaksanaan PPDB Jabar Tahap II seperti, Timeline, Info Sekolah, Panduan (Teknis & SOP), Hotline Aduan, Persiapan Biodata, Umum, dan Khusus. Fitur lainnya yaitu Pendaftaran PPDB, Tracking Pendaftaran, Push Notification /in App Notification, Pengumuman Penerimaan, serta Daftar Ulang Tahap II.

Tata Cara Pendaftaran PPDB Jabar 2023 Tahap II

1. Mendapatkan akun melalui sekolah asal

2. Melakukan login di laman https://pendaftaran.ppdb.jabarprov.go.id/login atau login di aplikasi Sapawarga Android/iOS (iPhone)

3. Mengisi data secara lengkap

3. Memilih jalur zonasi atau prestasi dan nilai rapor

4. Mengecek ulang data yang telah dimasukan.

5. Melakukan submit

6. Mencetak bukti pendaftaran.

7. Untuk jenjang SMK dapat melakukan tes minat/bakat/kesehatan di sekolah yang dituju.

Ketentuan Jalur Zonasi untuk SMA

Khusus untuk jenjang SMA, jalur zonasi atau prioritas terdekat adalah jalur seleksi bagi calon peserta didik dengan memperhitungkan jarak dari tempat tinggal menuju sekolah tujuan. Semakin dekat jarak rumah ke sekolah yang dituju, maka peluang untuk lolos akan semakin besar. Jika ada beberapa peserta dengan jumlah nilai yang sama, maka diutamakan peserta yang lebih tua.

KK Telah Berdomisili Paling Singkat 1 Tahun

Untuk jalur zonasi, Kadisdik menegaskan, kartu keluarga (KK) telah berdomisili paling singkat satu tahun. Sedangkan KK yang belum satu tahun/penerbitan KK baru karena perubahan anggota keluarga, dapat melampirkan surat keterangan dari RT/RW/kelurahan yang menerangkan lamanya berdomisili.

"Yang belum satu tahun dan menumpang dengan famili lain, wajib ada surat pernyataan tidak keberatan dari kepala keluarga yang mendapat kuasa pengasuhan. Selain itu, memenuhi ketentuan kesesuaian antara kota/kabupaten pada KK dengan sekolah asal saat kelas 9," tegas Kadisdik.

Hal ini guna menghindari perpindahan calon peserta didik fiktif, hanya untuk mendekati lokasi sekolah agar diterima melalui jalur zonasi yang dapat merugikan/menggeser hak calon peserta didik yang secara riil berdomisili dekat sekolah.

Untuk mengantisipasi kendala terkait perubahan KK yang belum update, Disdik Jabar bekerja sama dengan Disdukcapil mendatangkan mobil layanan ke tempat informasi dan pengaduan di Kantor Disdik Jabar.

Kadisdik juga mengingatkan terkait titik koordinat domisili. "Selain KK, pastikan titik koordinat telah sesuai dengan domisili pendaftar. Karena, koordinat domisili akan langsung ditetapkan oleh sistem berdasarkan pengisian alamat oleh pendaftar," terangnya.

Ketentuan Jalur Prestasi Rapor untuk SMK

Untuk jenjang SMK, Prestasi Nilai terdiri dari Prestasi Nilai Rapor Umum dan Seleksi Pada Kelas Industri. Untuk Jalur Prestasi Nilai Rapor Umum yang diperhitungkan adalah pelajaran yang masuk dalam Kelompok A, yakni :

1. Pendidikan Agama

2. PPKN

3. Bahasa Indonesia

4. Matematika

5. IPA

6. IPS

7. Bahasa Inggris

CPDB dapat melakukan pendaftaran secara online di laman disdik.jabarprov.go.id atau s.id/jabarsuperapps dan Sapawarga saat pendaftaran dibuka. Pendaftaran secara offline juga bisa dilakukan dengan cara mengunjungi sekolah tujuan pilihan utama.

Kadisdik kemudian berharap, pendaftaran PPDB tahap 2 ini berjalan lancar dan meminta semua pihak untuk menjaga PPDB tahap 2 ini dengan baik sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. "Mudah-mudahan, semuanya berjalan baik dan lancar," harapnya.

Selama libur atau cuti bersama, pendaftaran online dapat dilakukan secara mandiri.

Sedangkan verifikasi dan penanganan permasalahan/pengaduan akan dilayani panitia PPDB di satuan pendidikan/cabang dinas/Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat setelah libur cuti bersama tanggal 3 Juli 2023.

Informasi mengenai PPDB Jabar 2023 Tahap II jenjang SMA dan SMK dapat diikuti di laman disdik.jabarprov.go.id.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin