Viral Kasus Pelecehan Seksual di Kawah Ratu TNGHS, Begini Kronologinya

Rabu 25 Januari 2023, 18:51 WIB
Ilustrasi pelecehan seksual - Viral Kasus Pelecehan Seksual di Kawah Ratu TNGHS. | Foto: Freepik.com

Ilustrasi pelecehan seksual - Viral Kasus Pelecehan Seksual di Kawah Ratu TNGHS. | Foto: Freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah akun media sosial Instagram @irenedea.f membagikan unggahan soal adanya pelecehan seksual non verbal oleh seorang pria kepada pengunjung objek wisata Kawah Ratu di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Kabupaten Bogor baru-baru ini. Unggahannya itu pun viral setelah sejumlah akun pendakian gunung juga menyebarluaskan.

Irene Dea (26 tahun), pemilik akun Instagram @irenedea.f kemudian membeberkan kronologi dugaan pelecehan seksual yang terjadi pada hari Minggu, 22 Januari 2023, sekitar pukul 09.00 WIB ini.

Sebelum bercerita, Irene lebih dulu menjelaskan nama-nama yang terlibat, yakni Idan yang merupakan pacarnya; Taza, adik Idan; Ima adalah pacar Taza; serta Caca dan Atan yang merupakan sepupu Idan.

"Minggu, 22 Januari 2023 sekitar jam 9 pagi, saya dan keluarga sampai di Kawah Ratu jalur Pasir Reungit. Sebelum memulai perjalanan untuk pendakian, saya, Caca, Ima, dan Atan pergi ke toilet terdekat di situ. Posisinya ada di sebelah pos sebelum pendakian," kata Irene kepada sukabumiupdate.com via DM Instagram Rabu (25/01/2023).

Baca Juga: Bunda Corla Percepat Pulang ke Jerman Karena Tak Mau Bikin Gaduh

Irene menuturkan, saat itu di toilet ada dua orang petugas, meliputi satu orang penjaga toilet dan satu orang petugas kawasan. Keduanya tengah duduk tepat di samping musala yang bersebelahan dengan toilet. “Singkat cerita, saya keluar dari toilet dan posisi saya ada di belakang pelaku, yang mana saya melihat jelas apa yang dilakukan pelaku,” ujarnya.

Menurut Irene, ia memergoki pelaku tengah mengambil foto Caca dan Ima yang sedang duduk di samping musala secara diam-diam. "Pelaku pura-pura video call saat itu, dan foto tersebut di-share di grup WhatsApp pelaku," jelasnya.

Irene kemudian tidak tinggal diam, ia kemudian menegur pelaku dan mengancam akan memenjarakan pelaku. “Kemudian pelaku berkelit dengan alasan, sedang foto-foto kegiatan dan di share di grup WA, terlihat oleh saya, pelaku disini mulai ketakutan,” lanjutnya.

"Di situ, foto yang baru saja pelaku kirimkan sudah dihapus. Setelah itu, saya tetap memantau kegiatan pelaku. Masih pada posisi yang sama, saya akhirnya memutuskan menceritakan kejadian tersebut ke Idan. Tanpa basa-basi Idan langsung ke TKP menemui pelaku. Di situ, saya menahan Idan untuk tidak melakukan kekerasan. Akhirnya Idan menyuruh untuk memfoto pelaku dan mencatat namanya," sambungnya.

Baca Juga: Kutek Hijau Rambut Pendek, Mayat Perempuan Tanpa Busana di Sungai Cipelang Sukabumi

Ketika itu, kata dia, Idan mengecek handphone pelaku dan mengancam pelaku bila terbukti melakukan aksi tercela.

"Idan di situ juga mengancam pelaku dan memang sudah dicek di galeri fotonya bahwa sudah tidak ada foto Caca dan Ima. Saat itu kita masih berasumsi, pelaku hanya mengambil foto muka saja," ungkapnya.

Setelah itu, Taza yang merupakan adiknya Idan, berada di posisi yang sama dan sedang mengobrol dengan penjaga yang lainnya. Penasaran, Taza kemudian memeriksa kembali handphone pelaku. Detik itu, Irene kaget ternyata ditemukan foto-foto pengunjung wanita termasuk dirinya yang objeknya fokus ke bokong mereka.

“Hasilnya pelaku belum menghapus secara permanen, karena ditemukan foto para wanita, yang objeknya fokus ke bagian bokong di folder recently deleted atau folder baru saja dihapus, dan dari sekian banyak foto tersebut, salah satunya foto saya, itu bukan satu foto saja, melainkan puluhan bahkan ratusan dari pengunjung yang lain,” bebernya.

Baca Juga: Wanita Harus Paham! Inilah Bahasa Tubuh Pria yang Diam-Diam Menyukaimu

Lantaran pelaku terbukti melakukan tindakan pelecehan, lanjut Irene, keributan pun tak dapat dihindarkan. Taza memegang pelaku, sementara Idan turun ke bawah untuk melaporkan kejadian tersebut kepada penjaga kawasan yang lain.

“Setelah keributan pelaku melarikan diri, dan ada beberapa petugas meneriaki pelaku untuk kabur saja dan pada saat itu pelaku berhasil melarikan diri,” terangnya.

Setelah kejadian itu, kata Irene, ia berupaya menghubungi para petinggi yang mengelola kawasan tersebut dan mereka berjanji akan mengusut tuntas dan menindak lanjuti kejadian ini dengan memberhentikan pelaku dan akan dibina.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Resor (Kares) Kawah Ratu Gungun Ganjar Gunawan membenarkan soal ramainya kabar soal pelecehan yang ramai di sebut di wilayah Kawah Ratu. Namun kejadian itu berada di wilayah Resort Salak 2 Bogor.

Baca Juga: Tidak Berasap Tapi Oli Motor Matic Berkurang, Jangan Buru-buru Turun Mesin!

"Itu masuknya ke wilayah Bogor, Resor di Salak 2, pintu masuk yang temen-temen mitra di Pasir Reungit, masuknya wilayah Seksi 2 Bogor. Bukan di area Kawah Ratu, wisata ke kawah itu kalau yang akses ke kawah ada dua pintu. Lewat Cidahu (Sukabumi) dan Pasir Reungit Bogor," jelas Gungun.

Gungun tidak menampik penyebutan Kawah Ratu untuk lokasi yang disebut dalam unggahan yang kemudian viral.

"Karena biasanya disebut mau ke kawah, Kawah Ratu, jadi nama Kawah Ratu disebut. Iya mungkin dikira di wilayah saya. Bukan di (wilayah) saya. Orang tersebut (pelaku) juga bukan dari manajemen atau staf kami" pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life14 April 2024, 21:00 WIB

Mampu Menerima Kritik, 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti

Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari.
Ilustrasi. Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Seleb14 April 2024, 20:45 WIB

Pulang Shooting di Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya

Model dan artis papan atas Luna Maya tertangkap kamera warga berkunjung ke Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, hari ini Minggu (14/4/2024).
Pulang Shooting dari Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya | Foto : Ist
Life14 April 2024, 20:00 WIB

Menatapmu, 10 Bahasa Tubuh Wanita Pertanda dia Jatuh Cinta Padamu

Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu.
Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi14 April 2024, 19:53 WIB

Baru 4 Bulan, Dermaga Apung Muara Indah Cikaso Sukabumi Sudah Rusak-Terancam Terbawa Arus

Dermaga apung di Pantai Kesik Urug Muara Indah Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, menjadi sorotan warga
Kondisi Dermaga Apung Muara Cikaso Desa Buniasih Kecamatan Tegalbuleud | Foto : Ragil Gilang
Gadget14 April 2024, 19:00 WIB

16 Rekomendasi HP Tecno Edisi April 2024 yang Harganya Mulai dari Rp1 Jutaan

HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya.
Spesifikasi Tecno Phantom V Flip 5G -  HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya. (Sumber : tecnomobile)
Gadget14 April 2024, 18:35 WIB

Terbuka untuk Umum, DPC PDIP Buka Pendaftaran Bacalon Walikota/Wakil Walikota Sukabumi

DPC PDIP Kota Sukabumi membuka pendaftaran untuk menjaring bakal calon walikota dan wakil walikota yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
Pembukaan penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota Sukabumi untuk Pilkada 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life14 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini untuk Memohon Diampuni Dosa atas Kesalahan yang Telah Diperbuat

Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat.
Ilustrasi. Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat. | Foto: Unplash/Rachid Oucharia
Musik14 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Ingkar dari Tulus Viral di TikTok, “Aku Coba dengan yang Baru”

Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok.
Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok. (Sumber : Instagram/@tulusm).
Sukabumi14 April 2024, 16:31 WIB

Sigap, Puskesmas Ciracap Tangani Dua Laka Di Pantai Cibuaya Sukabumi

UPTD Puskesmas Ciracap Dinkes Kabupaten Sukabumi selama libur Lebaran 1445 H memberikan pelayanan kesehatan, baik melalui petugas yang piket di Puskesmas maupun pelayanan di lokasi wisata Pantai Cibuaya.
Tim medis Puskesmas Ciracap bersama tim pengamanan Pospam Pantai Cibuaya | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi14 April 2024, 16:19 WIB

Mabuk dan Ugal-ugalan, Pengemudi Pick Up Nyaris Tabrak Polisi di Parungkuda Sukabumi

Pengendara mobil bak terbuka (Pick Up) berinisial R (36 tahun) yang membawa penumpang nyaris menabrak anggota polisi di ruas Jalan Raya Nasional Sukabumi-Bogor
Petugas Korps Brimob Polda Jabar, saat mengamankan pengemudi mobil pikap di sekitar Gerbang Tol Parungkuda | Foto : Capture video