TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Warga Sukabumi Rasakan Gempa Lagi, Kini Titiknya di Lereng Gunung Salak

BMKG mencatat terjadi gempa darat dengan titik di 15 km Barat Daya Kota Bogor Jawa Barat.

Penulis
Rabu 23 Nov 2022, 19:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Getaran gempa kembali dirasakan warga Sukabumi Jawa Barat, Rabu (23/11/2022) sekitar pukul 17:54 WIB. BMKG mencatat terjadi gempa darat dengan titik di 15 km Barat Daya Kota Bogor Jawa Barat.

BMKG melalui Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang merilis info kejadian dan parameter Gempabumi: Rabu, 23 November 2022 pukul 17:54:08 WIB, terjadi gempabumi berkekuatan M3,1, dengan episenter 6.69 LS dan 106.7 BT, atau tepatnya di darat berjarak 15 km barat daya Kota Bogor Jawa Barat dengan kedalaman 18 km.

 “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Citarik,” jelas Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto ST, MM dalam rilis yang diterima sukabumiupdate.com. 

Dampak gempa bumi dalam peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Sukabumi dan Kabupaten Bogor dengan Skala Intensitas II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. “Hingga pukul 18:15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan,” lanjut Hartanto. 

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya dalam rilis tersebut.

Info parameter gempa BMKG, Rabu (23/11/2022) pukul 17:54:08 WIB
Info parameter gempa BMKG, Rabu (23/11/2022) pukul 17:54:08 WIB

Hiposenter gempa bumi ini jika dilihat menggunakan aplikasi google maps, berada di lereng gunung salak, wilayah gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sejumlah warga kota Sukabumi melaporkan merasakan getaran dari gempa ini. “Gempa deui nya?,” tanya Galih di grup warga Taman Asri Kota Sukabumi yang langsung dijawab oleh warga lainnya,Ridla, “Muhun pa.”

#SHOWRELATEBERITA


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x