Wakil Menteri Iran Tunjukkan Gejala Virus Corona Saat Konpers

Rabu 26 Februari 2020, 12:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Menteri Kesehatan Iran, Iraj Harirchi, pertama kali menunjukkan gejala virus Corona atau COVID-19 ketika konferensi pers yang disiarkan langsung televisi pemerintah pada Senin.

Juru bicara kementerian kesehatan Iran dikonfirmasi dalam sebuah wawancara dengan televisi pemerintah bahwa Wakil Menteri Iraj Harirchi telah terinfeksi dan sekarang dikarantina, dikutip dari Express.co.uk, 26 Februari 2020.

Selama konferensi pers, dia mengatakan dua belas orang telah meninggal dan 61 orang telah terinfeksi virus Corona di Iran. Sebagian besar kasus di Iran terjadi di Qom, kota suci Muslim Syiah 120 km selatan ibu kota Teheran.

Iraj Harirchi terlihat batuk sesekali dan tampak berkeringat saat konferensi pers di Teheran pada Senin dengan juru bicara pemerintah Ali Rabiei.

Dalam sebuah video yang disiarkan di televisi pemerintah, wakil menteri memasang wajah berani ketika dia mengakui dirinya terinfeksi.

"Saya juga telah terinfeksi virus Corona," kata Harirchi dalam video yang tampaknya diambil sendiri, yang tersebar di Twitter, menurut laporan Al Jazeera. "Saya mengalami demam tadi malam dan tes pendahuluan saya positif sekitar tengah malam," katanya. 

Abas Aslani, jurnalis dan periset senior dari Center for Middle East Strategic Studies (CMESS), membagikan video Harirchi d Twitter-nya.

"Saya sudah mengisolasi diri di suatu tempat sejak itu. Beberapa menit yang lalu, saya diberitahu bahwa tes akhirku sudah final, dan sekarang saya mulai minum obat," kata Harirchi dalam video.

Seorang anggota parlemen Iran yang mewakili Teheran juga dinyatakan positif.

"Tes virus Corona saya positif...Saya tidak memiliki banyak harapan untuk melanjutkan kehidupan di dunia ini," tulis Mahmoud Sadeghi di Twitter, menurut laporan Reuters.

Dalam pesan yang sama, ia meminta kepala peradilan Iran untuk membebaskan tahanan politik untuk mencegah mereka dari infeksi virus Corona dan untuk memungkinkan mereka menghabiskan waktu bersama keluarga mereka.

Iran mengatakan pada hari Senin ada 900 kasus suspek virus Corona, menampik klaim anggota parlemen dari Qom yang mengatakan 50 orang telah meninggal di Qom, kota suci yang menjadi pusat penyebaran wabah virus Corona di Iran.

Para pejabat menolak klaim bahwa korban tewas jauh lebih tinggi dari yang dilaporkan dan berusaha mengecilkan bahaya wabah. Sampai hari Selasa, para pejabat Iran mengatakan ada 95 kasus yang dikonfirmasi dan 15 kematian akibat virus Corona.

Sumber : Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).