Sambut Ramadan, Ini Ucapan Donald Trump Hingga Justin Trudeau

Kamis 17 Mei 2018, 03:34 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kamis 17 Mei 2018 masyarakat muslim mulai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Beberapa negara pun memiliki standar waktu sendiri untuk memulai ibadah suci tiap tahun ini. Ucapan menjalankan puasa mulai bermunculan, baik dari sesama teman, kolega kantor, keluarga, artis bahkan para pemimpin atau tokoh politik dunia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut telah TEMPO.CO rangkum tiga tokoh dunia yang memberikan pernyataan atau ucapan terkait ibadah puasa di bulan suci Ramadan umat muslim.

Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengeluarkan pernyataan resmi melalui www.whitehouse.gov dalam rangka menyambut bulan Ramadan. Dalam pernyataannya tersebut, Trump berharap umat Islam secara global diberkati selama Ramadan. Ia juga menuturkan harapan terbaik kepada umat Islam di seluruh dunia. "Mereka yang menjalani Ramadan dapat memperkuat komunitas kami, membantu yang membutuhkan, dan menjadi contoh yang baik untuk bagaimana menjalani kehidupan suci,” bunyi sepenggal ucapan itu.

Penyataan resmi Gedung Putih itu juga menyebutkan bahwa konstitusi Amerika Serikat memastikan umat Islam dapat mengikuti ibadah di bulan Ramadan sesuai dengan perintah hati nurani dan tanpa hambatan oleh pemerintah. Sayang pernyataan resmi Gedung Putih itu tetap saja membuat netizen memberi kritik. Netizen menilai ucapannya ini sangat berbeda dengan pernah yang pernah disampaikan Trump saat masa kampanyenya. Saat kampanye, Trump dinilai sangat bertentangan dan tidak mendukung umat Muslim.

Cyril Ramaphosa
Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, mendoakan keberkahan kepada masyarakat Muslim Afrika Selatan, khususnya selama bulan suci Ramadhan yang dimulai pekan ini. “Pentingnya dan manfaat dari puasa di Bulan Suci ini, adalah kesalehan dan amal yang didapatkan umat Islam, karena berkontribusi pada kesejahteraan spiritual dan sosial dari semua orang di Afrika Selatan,” kata Ramaphosa pada Ahad lalu, seperti dilansir dari Journal de Cameroun.  

 Dalam kesempatan tersebut, Ramaphosa juga menyatakan rasa duka terhadap kejadian di sebuah masjid yang terjadi beberapa waktu lalu pada komunitas Muslim Verulam di Provinsi KwaZulu-Natal. Peristiwa tersebut merupakan sebuah penyerangan oleh tiga orang tak dikenal yang memasuki sebuah masjid dan kemudia menyerang jamaah yang ada di dalam masjid dengan pisau. Ramaphosa berharap para pelaku akan mendapat hukuman dan balasan yang setimpal. Dan juga untuk komunitas Muslim Verulam tidak merasa takut, serta akan mendapatkan kedamaian di bulan suci Ramadan.

Justin Trudeau
Perdana Menteri Kanada ini mengunggah video ucapan menjalankan ibadah puasa di channel youtube resminya. Dalam video berdurasi 55 detik tersebut, Trudeau mengawali video dengan mengucapkan salam Muslim, Assalamualaikum. Ia mengungkapkan bahwa bulan Ramadan menjadi momen untuk merenungkan nilai-nilai yang menjadi ‘jantung’ Ramadan, seperti kasih sayang, rasa syukur dan juga kemurahan hati. Baca: 

“Ramadan mengingatkan kita semua bahwa kita dapat berbuat lebih banyak untuk menerapkan nilai-nilai itu, menghargai banyak berkah, dan memenuhi kebutuhan orang lain di hadapan kita sendiri,” ucapnya dalam video tersebut. Trudeau juga menyampaikan bahwa atas nama dirinya dan juga Sophie (istrinya) berharap semua yang merayakan Ramadan akan diberkati dan dalam damai. “Ramadan Mubarak!,” Serunya menutup video tersebut.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)