Rayakan Ultah ke-25, Ini Sejarah Berdirinya Google

Kamis 28 September 2023, 01:39 WIB
Gedung kantor Google | Foto : Ist

Gedung kantor Google | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Google merayakan ulang tahunnya yang ke-25 tepat di Hari ini 27 September 2023 . Perayaan ultah perak ini ditandai dengan Google Doodle yang semarak dengan angka 25. Namun tahukah kalian bagaimana sejarah berdirinya Google?

25 tahun bukan waktu yang singkat bagi Google. Mereka membesarkan bisnis mereka hingga kini menelurkan banyak anak perusahaan, seperti Youtube, Nest Labs, FitBit, Motorola Mobility hingga Android.

Setidaknya Google kini memiliki 5 kompetitor yang menjadi pesaing kerasnya, yaitu mesin pencari Yahoo!, Bing, Baidu, Yandex dan Duck Duck Go.

Baca Juga: Anies-Cak Imin Bertemu HRS di Petamburan, Ini Kata PKB dan NasDem

Selain itu, Google juga harus jeli melihat persaingan yang muncul bukan dari sesama mesin pencari.

Media sosial yang menawarkan informasi lengkap dengan gambar yang mumpuni seperti Instagram juga kini menjadi kompetitor yang patut diperhitungkan.

Sejarah Berdirinya Google

Merangkum laman resminya, jika Google didirikan oleh dua sahabat Sergey Brin dan Larry Page pada 27 September 1998. Mereka adalah mahasiswa doktoral Ilmu Komputer di Universitas Stanford.

Rupanya bukan hanya latar pendidikan yang membuat mereka melek komputer. Ayah Larry, seorang profesor ilmu komputer sepertinya menurunkan banyak rasa penasaran pada anaknya, terutama yang berkaitan dengan dunia komputer. Rasa penasaran itu dijawab Larry dengan membaca buku koleksi ayahnya sejak ia berusia 6 tahun.

Baca Juga: Ini Daftar Ongkos Demokrasi Setiap Musim, Naik Fantastis Anggaran Pemilu 2024

Dua bersahabat itu memiliki misi membuat wadah bagi berbagai informasi dunia agar bisa memberi manfaat bagi banyak orang. Visi mereka adalah menciptakan mesin pencarian yang lebih mumpuni.

Usaha Google untuk menjadi perusahaan besar seperti sekarang ini tak mudah. Bisnis mereka mendapat suntikan dana sekitar Rp 1,5 miliar dari Co-founder Sun Andy Bechtolsheim.

Kantor pertama Google juga bukan di sebuah gedung keren, melainkan hanya garasi milik CEO Youtube, Susan Wojcicki.

Usaha keduanya membuahkan hasil hingga pada 2006 mereka berhasil menempati kantor yang lebih layak di Mountain View, California.

Baca Juga: Ini Daftar Ongkos Demokrasi Setiap Musim, Naik Fantastis Anggaran Pemilu 2024

Kontribusi Google untuk perkembangan informasi dunia sangat besar. Mesin pencariannya menjadi hal yang paling diandalkan oleh penduduk dunia hingga saat ini.

Menurut majalah Wired, bahkan ada kalangan khusus orang kaya yang terkenal dengan sebutan Google Super User di mana mereka menggunakan Google untuk berbagai hal yang dinilai penting. Mulai update berita hingga untuk mengagumi diri sendiri.

Melansir dari wikipedia, Google LLC sebagai sebuah perusahaan multinasional yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.

Baca Juga: Entrepreneurship Mahasiswa: Pengusaha Sukabumi Gelontorkan Stimulan Rp 40 Juta

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial.

Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook.

Kini, Google diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Mudah Stres, Salah Satunya Sulit Fokus

Fakta menarik Google yang pertama tentu pada pemilihan namanya. Di mana, sebelum menggunakan nama Google, Larry Page dan Sergey Brin sebagai pendiri melakukan brainstorming dalam menentukan nama search engine ciptaan mereka, lalu terpilih nama BackRub. Walaupun BackRub menjadi salah satu nama teknik memijat, namun tidak ada kaitannya sama sekali tentang hal tersebut karena BackRub sendiri adalah nama proyek penelitian mereka ketika berkuliah di Universitas Stanford pada tahun 1996.

Pemilihan nama Google sendiri terinspirasi oleh istilah Matematika yaitu googol yang berarti 1 diikuti 100 angka 0. Lalu berubah karena salah satu kolega Larry Page dan Sergey Brin melakukan typo atau kesalahan mengetik saat memeriksa ketersediaan domain googol menjadi google.

Baca Juga: Nama Jalan Pondok Halimun Bakal Diubah Jadi Nama Tokoh Sukabumi Ini

Mengutip dari erasspace.com, sebelum menggunakan nama Google, Larry Page dan Sergey Brin sebagai pendiri melakukan brainstorming dalam menentukan nama search engine ciptaan mereka, lalu terpilih nama BackRub. Walaupun BackRub menjadi salah satu nama teknik memijat, namun tidak ada kaitannya sama sekali tentang hal tersebut karena BackRub sendiri adalah nama proyek penelitian mereka ketika berkuliah di Universitas Stanford pada tahun 1996.

Kemudian, dipilihlah nama Google, nama ini terinspirasi oleh istilah Matematika yaitu googol yang berarti 1 diikuti 100 angka 0. Lalu berubah karena salah satu kolega Larry Page dan Sergey Brin melakukan typo atau kesalahan mengetik saat memeriksa ketersediaan domain googol menjadi google.

Sumber : Berbagai sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).
Life18 April 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Qunut Subuh: Arab, Latin, Terjemahan dan Ketentuannya

Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari
Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari | Sumber: Freepik (rawpixel.com).
Sukabumi18 April 2024, 17:35 WIB

Kabar Baik untuk Ato di Cikangkung Sukabumi, Rumah Reyotnya Dibangun Swadaya

Kabar baik untuk Ato (51 tahun) datang dari Pemerintah Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.
Pemdes dan Warga Cikangkung akan bantu perbaikan gubuk miring Ato (Sumber: istimewa)