Rayakan Ultah ke-25, Ini Sejarah Berdirinya Google

Kamis 28 September 2023, 01:39 WIB
Gedung kantor Google | Foto : Ist

Gedung kantor Google | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Google merayakan ulang tahunnya yang ke-25 tepat di Hari ini 27 September 2023 . Perayaan ultah perak ini ditandai dengan Google Doodle yang semarak dengan angka 25. Namun tahukah kalian bagaimana sejarah berdirinya Google?

25 tahun bukan waktu yang singkat bagi Google. Mereka membesarkan bisnis mereka hingga kini menelurkan banyak anak perusahaan, seperti Youtube, Nest Labs, FitBit, Motorola Mobility hingga Android.

Setidaknya Google kini memiliki 5 kompetitor yang menjadi pesaing kerasnya, yaitu mesin pencari Yahoo!, Bing, Baidu, Yandex dan Duck Duck Go.

Baca Juga: Anies-Cak Imin Bertemu HRS di Petamburan, Ini Kata PKB dan NasDem

Selain itu, Google juga harus jeli melihat persaingan yang muncul bukan dari sesama mesin pencari.

Media sosial yang menawarkan informasi lengkap dengan gambar yang mumpuni seperti Instagram juga kini menjadi kompetitor yang patut diperhitungkan.

Sejarah Berdirinya Google

Merangkum laman resminya, jika Google didirikan oleh dua sahabat Sergey Brin dan Larry Page pada 27 September 1998. Mereka adalah mahasiswa doktoral Ilmu Komputer di Universitas Stanford.

Rupanya bukan hanya latar pendidikan yang membuat mereka melek komputer. Ayah Larry, seorang profesor ilmu komputer sepertinya menurunkan banyak rasa penasaran pada anaknya, terutama yang berkaitan dengan dunia komputer. Rasa penasaran itu dijawab Larry dengan membaca buku koleksi ayahnya sejak ia berusia 6 tahun.

Baca Juga: Ini Daftar Ongkos Demokrasi Setiap Musim, Naik Fantastis Anggaran Pemilu 2024

Dua bersahabat itu memiliki misi membuat wadah bagi berbagai informasi dunia agar bisa memberi manfaat bagi banyak orang. Visi mereka adalah menciptakan mesin pencarian yang lebih mumpuni.

Usaha Google untuk menjadi perusahaan besar seperti sekarang ini tak mudah. Bisnis mereka mendapat suntikan dana sekitar Rp 1,5 miliar dari Co-founder Sun Andy Bechtolsheim.

Kantor pertama Google juga bukan di sebuah gedung keren, melainkan hanya garasi milik CEO Youtube, Susan Wojcicki.

Usaha keduanya membuahkan hasil hingga pada 2006 mereka berhasil menempati kantor yang lebih layak di Mountain View, California.

Baca Juga: Ini Daftar Ongkos Demokrasi Setiap Musim, Naik Fantastis Anggaran Pemilu 2024

Kontribusi Google untuk perkembangan informasi dunia sangat besar. Mesin pencariannya menjadi hal yang paling diandalkan oleh penduduk dunia hingga saat ini.

Menurut majalah Wired, bahkan ada kalangan khusus orang kaya yang terkenal dengan sebutan Google Super User di mana mereka menggunakan Google untuk berbagai hal yang dinilai penting. Mulai update berita hingga untuk mengagumi diri sendiri.

Melansir dari wikipedia, Google LLC sebagai sebuah perusahaan multinasional yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.

Baca Juga: Entrepreneurship Mahasiswa: Pengusaha Sukabumi Gelontorkan Stimulan Rp 40 Juta

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial.

Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook.

Kini, Google diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Mudah Stres, Salah Satunya Sulit Fokus

Fakta menarik Google yang pertama tentu pada pemilihan namanya. Di mana, sebelum menggunakan nama Google, Larry Page dan Sergey Brin sebagai pendiri melakukan brainstorming dalam menentukan nama search engine ciptaan mereka, lalu terpilih nama BackRub. Walaupun BackRub menjadi salah satu nama teknik memijat, namun tidak ada kaitannya sama sekali tentang hal tersebut karena BackRub sendiri adalah nama proyek penelitian mereka ketika berkuliah di Universitas Stanford pada tahun 1996.

Pemilihan nama Google sendiri terinspirasi oleh istilah Matematika yaitu googol yang berarti 1 diikuti 100 angka 0. Lalu berubah karena salah satu kolega Larry Page dan Sergey Brin melakukan typo atau kesalahan mengetik saat memeriksa ketersediaan domain googol menjadi google.

Baca Juga: Nama Jalan Pondok Halimun Bakal Diubah Jadi Nama Tokoh Sukabumi Ini

Mengutip dari erasspace.com, sebelum menggunakan nama Google, Larry Page dan Sergey Brin sebagai pendiri melakukan brainstorming dalam menentukan nama search engine ciptaan mereka, lalu terpilih nama BackRub. Walaupun BackRub menjadi salah satu nama teknik memijat, namun tidak ada kaitannya sama sekali tentang hal tersebut karena BackRub sendiri adalah nama proyek penelitian mereka ketika berkuliah di Universitas Stanford pada tahun 1996.

Kemudian, dipilihlah nama Google, nama ini terinspirasi oleh istilah Matematika yaitu googol yang berarti 1 diikuti 100 angka 0. Lalu berubah karena salah satu kolega Larry Page dan Sergey Brin melakukan typo atau kesalahan mengetik saat memeriksa ketersediaan domain googol menjadi google.

Sumber : Berbagai sumber

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay