Rayakan Ultah ke-25, Ini Sejarah Berdirinya Google

Kamis 28 September 2023, 01:39 WIB
Gedung kantor Google | Foto : Ist

Gedung kantor Google | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Google merayakan ulang tahunnya yang ke-25 tepat di Hari ini 27 September 2023 . Perayaan ultah perak ini ditandai dengan Google Doodle yang semarak dengan angka 25. Namun tahukah kalian bagaimana sejarah berdirinya Google?

25 tahun bukan waktu yang singkat bagi Google. Mereka membesarkan bisnis mereka hingga kini menelurkan banyak anak perusahaan, seperti Youtube, Nest Labs, FitBit, Motorola Mobility hingga Android.

Setidaknya Google kini memiliki 5 kompetitor yang menjadi pesaing kerasnya, yaitu mesin pencari Yahoo!, Bing, Baidu, Yandex dan Duck Duck Go.

Baca Juga: Anies-Cak Imin Bertemu HRS di Petamburan, Ini Kata PKB dan NasDem

Selain itu, Google juga harus jeli melihat persaingan yang muncul bukan dari sesama mesin pencari.

Media sosial yang menawarkan informasi lengkap dengan gambar yang mumpuni seperti Instagram juga kini menjadi kompetitor yang patut diperhitungkan.

Sejarah Berdirinya Google

Merangkum laman resminya, jika Google didirikan oleh dua sahabat Sergey Brin dan Larry Page pada 27 September 1998. Mereka adalah mahasiswa doktoral Ilmu Komputer di Universitas Stanford.

Rupanya bukan hanya latar pendidikan yang membuat mereka melek komputer. Ayah Larry, seorang profesor ilmu komputer sepertinya menurunkan banyak rasa penasaran pada anaknya, terutama yang berkaitan dengan dunia komputer. Rasa penasaran itu dijawab Larry dengan membaca buku koleksi ayahnya sejak ia berusia 6 tahun.

Baca Juga: Ini Daftar Ongkos Demokrasi Setiap Musim, Naik Fantastis Anggaran Pemilu 2024

Dua bersahabat itu memiliki misi membuat wadah bagi berbagai informasi dunia agar bisa memberi manfaat bagi banyak orang. Visi mereka adalah menciptakan mesin pencarian yang lebih mumpuni.

Usaha Google untuk menjadi perusahaan besar seperti sekarang ini tak mudah. Bisnis mereka mendapat suntikan dana sekitar Rp 1,5 miliar dari Co-founder Sun Andy Bechtolsheim.

Kantor pertama Google juga bukan di sebuah gedung keren, melainkan hanya garasi milik CEO Youtube, Susan Wojcicki.

Usaha keduanya membuahkan hasil hingga pada 2006 mereka berhasil menempati kantor yang lebih layak di Mountain View, California.

Baca Juga: Ini Daftar Ongkos Demokrasi Setiap Musim, Naik Fantastis Anggaran Pemilu 2024

Kontribusi Google untuk perkembangan informasi dunia sangat besar. Mesin pencariannya menjadi hal yang paling diandalkan oleh penduduk dunia hingga saat ini.

Menurut majalah Wired, bahkan ada kalangan khusus orang kaya yang terkenal dengan sebutan Google Super User di mana mereka menggunakan Google untuk berbagai hal yang dinilai penting. Mulai update berita hingga untuk mengagumi diri sendiri.

Melansir dari wikipedia, Google LLC sebagai sebuah perusahaan multinasional yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.

Baca Juga: Entrepreneurship Mahasiswa: Pengusaha Sukabumi Gelontorkan Stimulan Rp 40 Juta

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial.

Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook.

Kini, Google diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Mudah Stres, Salah Satunya Sulit Fokus

Fakta menarik Google yang pertama tentu pada pemilihan namanya. Di mana, sebelum menggunakan nama Google, Larry Page dan Sergey Brin sebagai pendiri melakukan brainstorming dalam menentukan nama search engine ciptaan mereka, lalu terpilih nama BackRub. Walaupun BackRub menjadi salah satu nama teknik memijat, namun tidak ada kaitannya sama sekali tentang hal tersebut karena BackRub sendiri adalah nama proyek penelitian mereka ketika berkuliah di Universitas Stanford pada tahun 1996.

Pemilihan nama Google sendiri terinspirasi oleh istilah Matematika yaitu googol yang berarti 1 diikuti 100 angka 0. Lalu berubah karena salah satu kolega Larry Page dan Sergey Brin melakukan typo atau kesalahan mengetik saat memeriksa ketersediaan domain googol menjadi google.

Baca Juga: Nama Jalan Pondok Halimun Bakal Diubah Jadi Nama Tokoh Sukabumi Ini

Mengutip dari erasspace.com, sebelum menggunakan nama Google, Larry Page dan Sergey Brin sebagai pendiri melakukan brainstorming dalam menentukan nama search engine ciptaan mereka, lalu terpilih nama BackRub. Walaupun BackRub menjadi salah satu nama teknik memijat, namun tidak ada kaitannya sama sekali tentang hal tersebut karena BackRub sendiri adalah nama proyek penelitian mereka ketika berkuliah di Universitas Stanford pada tahun 1996.

Kemudian, dipilihlah nama Google, nama ini terinspirasi oleh istilah Matematika yaitu googol yang berarti 1 diikuti 100 angka 0. Lalu berubah karena salah satu kolega Larry Page dan Sergey Brin melakukan typo atau kesalahan mengetik saat memeriksa ketersediaan domain googol menjadi google.

Sumber : Berbagai sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)