Elon Musk Dan Zuckerberg Memanas, Twitter Ancam Perkarakan Threads

Jumat 07 Juli 2023, 14:15 WIB
Twitter ancam perkarakan Threads akibat aplikasi tersebut dinilai mirip dengan media sosial milik Elon Musk tersebut | Foto: Istimewa

Twitter ancam perkarakan Threads akibat aplikasi tersebut dinilai mirip dengan media sosial milik Elon Musk tersebut | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hubungan Elon Musk dan Mark Zuckerberg kembali memanas setelah Meta secara resmi meluncurkan Threads.

Kemunculan aplikasi Threads langsung viral di dunia maya dan dinilai jika media sosial itu mirip dengan Twitter. Dalam beberapa jam sejak perilisan aplikasi itu telah mendapatkan jutaan pengguna baru.

Mengenai hal itu Twitter mengancam akan menuntut Meta atas platform Threads barunya. Ancaman itu ditulis dalam sebuah surat yang dikirim ke CEO induk Facebook itu, Mark Zuckerberg oleh pengacara Twitter Alex Spiro.

Melansir dari Tempo.co, Meta, yang meluncurkan Threads pada Rabu, 5 Juli 2023, dan telah mencatat lebih dari 30 juta pendaftar, berupaya mengambil alih kejayaan Twitter milik Elon Musk dengan memanfaatkan miliaran pengguna Instagram.

Baca Juga: Cara Daftar Threads Instagram, Media Sosial yang Mirip Twitter

Spiro, dalam suratnya, menuduh Meta mempekerjakan mantan karyawan Twitter yang "telah dan terus memiliki akses ke rahasia dagang Twitter dan informasi rahasia lainnya," demikian dilaporkan situs berita Semafor, Kamis.

"Twitter bermaksud untuk secara ketat menegakkan hak kekayaan intelektualnya, dan menuntut agar Meta mengambil langkah segera untuk berhenti menggunakan rahasia dagang Twitter atau informasi yang sangat rahasia lainnya," tulis Spiro dalam surat tersebut.

Sumber Reuters yang mengetahui surat itu, mengkonfirmasi isinya. Spiro belum memberikan komentar.

"Tidak seorang pun di tim teknik Threads adalah mantan karyawan Twitter," kata juru bicara Meta Andy Stone dalam posting Threads.

Seorang mantan karyawan senior Twitter mengatakan kepada Reuters bahwa mereka tidak mengetahui adanya mantan staf yang bekerja di Threads, atau personel senior yang mendarat di Meta.

Baca Juga: Rincian Fitur di Aplikasi Threads, Pesaing Twitter yang Dikembangkan Instagram

Sementara itu, pemilik Twitter Musk mengatakan, "Persaingan itu baik-baik saja, curang tidak," menanggapi tweet yang mengutip berita tersebut.

Meta memiliki Instagram dan juga Facebook.

Sejak Musk mengambil alih platform media sosial itu Oktober lalu, Twitter telah menerima persaingan antara lain dari Mastodon dan Bluesky. Antarmuka pengguna Threads, bagaimanapun, menyerupai platform microblogging tersebut.

Namun, Threads tidak mendukung pencarian kata kunci atau pesan langsung.

Untuk membuktikan klaim pencurian rahasia dagang terhadap Meta, Twitter akan membutuhkan lebih banyak detail daripada apa yang ada di surat itu, kata pakar hukum kekayaan intelektual, profesor hukum Stanford Mark Lemley.

"Semata-mata mempekerjakan mantan karyawan Twitter (yang diberhentikan atau diusir oleh Twitter sendiri) dan fakta bahwa Facebook membuat situs yang agak mirip tidak mungkin mendukung klaim rahasia dagang," katanya.

Baca Juga: Elon Musk Akan Terapkan Artikel Berbayar di Twitter Pada Mei 2023

Jeanne Fromer, seorang profesor di Universitas New York, mengatakan perusahaan yang menuduh pencurian rahasia dagang harus menunjukkan bahwa mereka melakukan upaya yang wajar untuk melindungi rahasia perusahaan mereka.

Tantangan terbaru untuk Twitter adalah mengikuti serangkaian keputusan kacau yang mengasingkan pengguna dan pengiklan, termasuk langkah terbaru Musk untuk membatasi jumlah tweet yang dapat dibaca pengguna per hari.

Sumber: Tempo.co (Reuters)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life17 Juli 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Mohon Perlindungan dari Segala Hal Buruk dan Gangguan Orang Jahat

Dengan membaca doa ini , Insya Allah kita akan selalu terhindar dari segala keburukan dan gangguan orang jahat.
Ilustrasi - Dengan membaca doa ini , Insya Allah kita akan selalu terhindar dari segala keburukan dan gangguan orang jahat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi17 Juli 2024, 17:50 WIB

Finalis Putri Nelayan Palabuhanratu Korban Pelecehan Seksual Didampingi Psikolog

Alami trauma, finalis Putri Nelayan Palabuhanratu 2024 korban pelecehan seksual dipastikan dapat pendampingan psikolog.
Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat17 Juli 2024, 17:30 WIB

7 Minuman Detoks Terbaik yang Bisa Anda Coba Sendiri Dirumah

Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.
Ilustrasi - Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Keuangan17 Juli 2024, 17:20 WIB

Untuk Seluruh Kendaraan! Mulai 2025, Motor dan Mobil di Indonesia Wajib Asuransi

Untuk menguatkan sektor keuangan, pemerintah berencana mewajibkan asuransi bagi seluruh kendaraan.
Ilustrasi. OJK tengah menyusun skema kebijakan kendaraan wajib asuransi pada 2024 (Sumber: istimewa)
Musik17 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos

Lagu Sayangnya dipopulerkan oleh Juicy Luicy dan sempat viral di media sosial Instagram hingga YouTube.
Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:49 WIB

Tindakan Puskesmas usai Warga Temukan Limbah Medis Berceceran di Parungkuda Sukabumi

Puskesmas buka suara terkait penemuan tabung sampel darah dan jarum suntik bekas yang berceceran di jalanan Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:42 WIB

Buru-buru Nyari Ojek, Wanita Gendong Anak Ini Embat Duit Warung di Sukabumi

Awalnya, tidak ada yang sadar dengan aksi pencurian ini. Namun saat pemilik warung hendak berbelanja stok barang, ia baru sadar uang Rp3 juta di meja kasir hilang.
Wanita terduga pelaku pencurian uang di warung terekam CCTV (Sumber: CCTV)
Film17 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai

Longlegs merupakan salah satu film horor thriller terbaru serta terbaik di tahun ini yang telah tayang pada Kamis, 17 Juli 2024 di seluruh bioskop di Tanah Air.
Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai (Sumber : Instagram/@neonrated)
Life17 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Karakter Berkelas Meski Tampilannya Sederhana

Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi.
Ilustrasi - Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi. (Sumber : pexels.com/@Sơn Ngọc).
Sukabumi17 Juli 2024, 15:54 WIB

Bupati Ikut Bersuara, Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Marwan menunggu mekanisme hukum yang sedang berjalan di kepolisian.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika dimintai komentar soal kasus dugaan pelecehan seksual salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi