Menag Cek Fasilitas Jemaah Haji di Arafah dari Tenda, Dapur, Toilet dan Mobil Golf

Rabu 21 Juni 2023, 15:00 WIB
Menag Cek Fasilitas Jemaah Haji di Arafah dari Tenda, Dapur, Toilet dan Mobil Golf. | (Sumber : kemenag.go.id/Rikie Andriyawan.)

Menag Cek Fasilitas Jemaah Haji di Arafah dari Tenda, Dapur, Toilet dan Mobil Golf. | (Sumber : kemenag.go.id/Rikie Andriyawan.)

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meninjau fasilitas jemaah haji Indonesia di Arafah mulai dari tenda, dapur, toilet dan mencoba mobil golf. Hal Menag lakukan untuk melihat persiapan layanan dari pihak Masyariq dan Muassasah.

Menag mencoba mobil golf yang telah disiapkan gun membantu proses mobilitas dan evakuasi jemaah haji Indonesia.

Dalam kesempatan itu Kemenag didampingi oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Irjen Kemenag Faesal AH, Ketua Dewan Direksi Perusahaan Masyariq Dzahabiyah M Amin Indragiri beserta jajarannya, para Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama, Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam, serta jajaran Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M.

Baca Juga: Cara Daftar Ulang PPDB Jabar 2023 Tahap I Jenjang SMA/SMK, Simak Disini Jadwalnya

Sebagai informasi, Masyariq adalah perusahaan yang menyediakan layanan di Masya’ir (Arafah, Muzdalifah, dan Mina) untuk jamaah haji. Masyariq merupakan bentuk pengembangan dari muassasah.

Sebelumnya pada 2022, penyedia layanan untuk jemaah haji Indonesia di Masya’ir adalah Muassasah Asia Tenggara (Muassasah Janub Syarq Asia).

Kala itu penyedia layanan sangat terbatas untuk negara-negara Asia Tenggara. Setelah perusahaan, berubah namanya menjadi Masyariq dan layanannya kini menjadi luas dan tak terbatas. Bisa untuk negara Asia Tenggara maupun bagi kawasan lainnya.

Baca Juga: Ini Alasan PPIH Ganti Sarapan Pagi Jemaah Haji yang Awalnya Roti Jadi Nasi

“Hari ini, saya mengecek persiapan di Arafah yang dilakukan Masyariq. Saya kira sejauh ini bagus. Ada beberapa yang belum selesai dan mereka menjanjikan dua hari selesai,” terang Menag di Arafah, Selasa (20/6/2023), dikutip via laman resmi Kemenag.

“Saya juga melihat toilet, dan ini yang paling krusial. Saya melihat, janji tahun lalu ditepati untuk penambahan toilet. Alhamdulillah, mudah-mudahan tahun depan ditambah lagi toiletnya karena masih banyak lahan yang kosong bisa dipakai untuk menambah toilet,” sambungnya.

Menag menyampaikan, penambahan fasilitas toilet itu sangat penting. Pasalnya, jemaah haji Indonesia kebanyakan adalah kaum perempuan. Secara umum kaum hawa memerlukan waktu yang lebih lama saat berada di toilet, daripada laki-laki.

Baca Juga: 5 Bacaan Doa Agar Kamu Segera Dapat Pekerjaan dan Terbebas dari Pengangguran

“Ini baguslah, lebih luas, lebih bersih dibanding sebelumnya. Alhamdulillah, mudah-mudahan jemaah kita bisa beribadah dengan baik. Toilet juga disiapkan untuk difabel,” jelas Gus Men, panggilan akrabnya.

Menga tiba di Arafah sekitar pukul 17:30 WAS, ia lalu lebih dulu meninjau kesiapan tenda jemaah haji Indonesia. Menag melihat tenda jemaah haji sudah digelar karpet merah dan dilengkapi fasilitas kasur busa.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beserta jajarannya saat mencoba fasilitas mobil golf. |  kemenag.go.id/Rikie AndriyawanMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beserta jajarannya saat mencoba fasilitas mobil golf. | kemenag.go.id/Rikie Andriyawan.

Menag juga mencoba duduk di atas kasur dan mengetes kualitas kasur alas tidur yang sudah disiapkan. Layanan kasur tersebut diberikan kali pertama oleh pihak Masyariq pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M.

Baca Juga: Baca Doa Ini Agar Lolos PPDB dan Diterima di Sekolah yang Diinginkan

“Fasilitas tenda yang jelas AC nya lebih dingin. Ada penambahan AC di tenda. Sehingga lebih dingin. H-2 sebelum wukuf di Arafah, insya Allah semua sudah siap selesai. Tidak ada kekhawatiran. Nanti H-2 kita cek lagi. Mudah-mudahan apa yang disampaikan oleh pihak Masyariq benar-benar diwujudkan,” sebutnya.

Selain tenda dan toilet, Menag tak lupa melihat persiapan dapur Arafah. Menag meninjau makanan bagi jemaah yang telah dimasak di dapur-dapur yang disiapkan.

“Saya tadi juga melihat dapur. Dapurnya juga bersih bagus dan layak dibanding saya dulu saat menjadi jemaah haji reguler tahun 2004. Ini sudah sangat jauh berbeda. Alhamdulillah, mudah-mudahan jemaah haji kita bisa terlayani dengan baik,” harapnya.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Menag beserta jajarannya kemudian mencoba fasilitas mobil golf. Sarana transportasi ini digunakan guna membantu mobilitas jemaah haji.

“Tahun ini Masyariq menyiapkan mobil golf juga di Arafah. Mobil ini untuk melakukan patroli kalau ada jemaah membutuhkan pertolongan. Sehingga, mobil ini diharapkan bisa mempercepat akses untuk menolong jemaah kita,” kata Gus Men.

Menurutnya, ada sekitar 65 mobil golf yang telah disiapkan Masyariq. Selain di Arafah, mobil golf tersebut disediakan juga di Mina guna mengantar jemaah haji pada titik terdekat dengan jamarat.

Baca Juga: Link Nonton Film Evil Dead Rise Full Movie, Teror Iblis yang Sadis dan Brutal

Sebab, tidak mungkin sampai ke jamarat, setidaknya mobil golf akan mengantar jemaah sampai titik terdekat jamarat, khususnya bagi jemaah lansia.

“Saya kira peningkatan-peningkatan layanan yang dilakukan Masyariq dan Pemerintah Saudi sudah sangat baik. Ini sesuai dengan kesepakatan yang tahun lalu kita bicarakan,” terang Gus Men.

“Nanti setelah penyelenggaraan ibadah haji selesai, kita akan segera lakukan evaluasi lagi dan saya akan bicara dengan Kementerian Haji terkait dengan perbaikan-perbaikan pelaksanaan di tahun depan,” tandasnya.

Sumber: Kemenag

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 April 2024, 07:00 WIB

7 Kategori Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan tinggi serat secara teratur dapat membantu mengatur kadar gula darah, mencegah lonjakan gula darah yang tajam setelah makan, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
Ilustrasi. Mencuci Buah. Contoh Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik)
Food & Travel29 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Hanya 5 Langkah!

Jus jambu biji segar ini dapat menjadi tambahan yang menyegarkan dan sehat dalam diet untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : pexels/quangnguyenvinh)
Science29 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 29 April 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Awal Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Life28 April 2024, 23:24 WIB

7 Trik Jitu Move On dari Mantan Pacar, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Putus cinta adalah salah satu momen paling sulit dalam kehidupan, terutama ketika harus melepaskan mantan pacar yang pernah kita cintai dengan sepenuh hati.
Ilustrasi putus cinta. | Sumber Foto: pixabay/oppy77
Life28 April 2024, 23:17 WIB

6 Cara Memiliki Mental Kuat agar Tahan Banting dan Tidak Direndahkan Orang Lain

Memiliki mental kuat sangat dibutuhkan dalam hidup supaya tahan banting dan tidak mudah direndahkan oleh orang lain.
Ilustrasi. Cara memiliki mental kuat. | Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
DPRD Kab. Sukabumi28 April 2024, 23:12 WIB

Soroti Isu Pungli di PT GSI Sukabumi, DPRD Kritik Program Disnakertrans Tak Efektif

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar angkat bicara terkait isu pungli di GSI Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 April 2024, 22:12 WIB

Ini 5 Sikap Sabar yang Membuat Anda Hidup Damai Setiap Hari

Sikap sabar akan membantu setiap orang lebih merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya.
Ilustrasi. Sikap sabar yang membuat damai. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi28 April 2024, 22:07 WIB

Dihuni Nenek dan Cucu, Rutilahu di Surade Sukabumi Nyaris Roboh Akibat Gempa Garut

Rutilahu yang dihuni nenek dan cucu di Surade Sukabumi nyaris roboh akibat gempa Garut M6,2.
Kondisi rutilahu yang nyaris roboh akibat diguncang gempa laut Garut. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)